Selasa, April 30, 2024

TikTok Ajak Pengguna Berbagi Kebaikan dan Lawan Perundungan Lewat Animasi

Techbiz.id – TikTok mengajak para pengguna untuk menyuarakan kenyamanan pada lingkungan siber dalam bentuk seri video animasi. Kampanye bertajuk #CiptakanKebaikan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menciptakan kebaikan pada platform daring, dengan melawan perilaku perundungan siber.

Gerakan ‘Ciptakan Kebaikan’ sekaligus menjadi bentuk komitmen nyata dari TikTok dalam menciptakan ruang serta komunitas yang aman dan suportif bagi seluruh penggunanya.

“Perundungan siber adalah perilaku yang harus kita lawan secara serius. Melalui kampanye global #CiptakanKebaikan, TikTok memprioritaskan dan mengajak pengguna untuk sama-sama menciptakan lingkungan yang positif, di mana semua pengguna bisa merasa nyaman saat mengekspresikan dirinya secara terbuka dan kreatif.” ucap Angga Anugrah Putra, Head of Operations TikTok Indonesia.

Berdasarkan riset Polling Indonesia bekerjasama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2019, sekitar 49 persen warganet mengaku pernah menjadi sasaran perundungan atau bullying di media sosial atau platform digital.

Jumlah ini dapat terus meningkat seiring dengan bertumbuhnya jumlah pengguna Internet. Di tengah kemudahan akses media sosial atau platform digital, warganet memiliki keistimewaan untuk bisa berkomentar apa saja, namun seringkali hal ini juga dapat memicu tindakan perundungan siber.

Oleh sebab itu, TikTok berkomitmen untuk mendorong interaksi yang positif pada sesama pengguna. Di kampanye #CiptakanKebaikan, TikTok mengajak enam kreator animasi dari berbagai negara untuk berbagi kisah dan pengalaman nyata yang mereka jalani dalam menghadapi serta melawan perundungan siber.

Melalui video animasi seri, enam kreator berbakat ini menunjukkan berbagai sudut pandang yang berkaitan dengan cara melawan perundungan, dampak dari perundungan, pentingnya pencegahan perundungan, serta cara menciptakan kebaikan di platform digital.

Baca juga: Perbarui Kebijakan, TikTok Bakal Kumpulkan Data Biometrik

Salah satunya, animasi berjudul ‘Block the Bullies’ yang dibuat oleh kreator @milkymicchi. Animasi ini mengungkapkan bagaimana menghadapi ajakan Duet yang tidak pantas. Video animasi #CiptakanKebaikan sendiri telah diterjemahkan ke dalam 22 bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Pengguna TikTok di Indonesia juga dapat berpartisipasi dalam kampanye #CiptakanKebaikan ini. TikTok mengajak pengguna untuk membagikan momen atau komentar yang bisa menginspirasi dan berbagi kasih sayang pada sesama pengguna dalam bentuk video singkat di TikTok.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...