Akibat Covid-19 Harga Smartphone Naik

Techbiz.id – Pandemi covid-19 terus merebak di Indonesia yang membuat roda perekonomian turut terpengaruh termasuk pasar ponsel tanah air.

Menanggapi himbauan social distancing yang membatasi masyarakat melakukan aktivitas luar ruang, beberapa pusat penjualan ponsel pun membatasi jam operasionalnya.

Pusat penjualan ponsel di ITC Roxy Mas Jakarta Pusat misalnya, sejak tiga hari ini, jam buka gedung
pukul 11.00 Wib dan tutup gedung pukul 20:00 Wib. Sebelumnya jam buka gedung pukul 9:30 Wib dan tutup gedung jam 21:30 Wib.

“Tapi meskipun gedung buka, banyak toko yang tutup, dan memilih untuk menjual secara online, sejauh ini ketersediaan barang lancar,” ujar Simon, Pemilik toko ponsel Chans.

Sementara itu, Krisva Agnieszca, PR Manager Realme Indonesia mengaku permintaan smartphone realme untuk saat ini masih stabil seperti waktu biasanya.

Hal senada juga disampaikan Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia. Menurutnya permintaan terhadap smartphone Oppo masih cukup baik bahkan cenderung naik.

“Demand naik, bahkan Reno3 penjualannya lebih bagus sekitar 20% lebih banyak pre-ordernya dari Reno2 series,” ungkap Aryo.

Harga naik

Melemahnya perekonomian global akibat pandemi covid-19 ini juga turut melemahkan nilai tukar mata uang rupiah. Tembus hingga Rp16 ribu lebih, pelemahan mata uang ini turut berdampak pada naiknya harga jual smartphone di Indonesia.

“Kalo harga memang kita ada kenaikan, karna kita harus menyesuaikan dengan kondisi sekitar. Karena dampak dari kondisi global yang tidak stabil baru-baru ini, biaya bahan baku, rantai pasokan, logistik dan biaya lainnya telah mengalami kenaikan, sementara nilai tukar USD-IDR juga mencapai rekor terendahnya.” ungkap Krisva.

Meskipun menaikkan harga beberapa produknya, realme meyakinkan harga baru yang ditetapkan masih jauh lebih rendah dari harga peluncuran resmi produk-produk tersebut. realme akan selalu berusaha dalam menyediakan produk dengan harga yang paling kompetitif di setiap segmen harga untuk pelanggan.

Hal serupa juga terjadi pada produk Oppo. Aryo tidak menampik kalau harga beberapa perangkat Oppo mengalami kenaikan harga terkait pelemahan rupiah ini.

Terkait

Terkait

Latest posts

Telkom Donasikan Robot Disinfeksi untuk Tangani Covid-19

Techbiz.id - Telkom menyerahkan bantuan Robot Disinfeksi atau Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR) kepada Kepala Staf Kepresidenan untuk selanjutnya diserahkan kepada Ketua...

Masa Lebaran 2020 Trafik Data XL Axiata Naik 25 Persen

Techbiz.id - Dalam periode 18-26 Mei 2020, Customer Experience & Service Operation Center XL Axiata mencatat kenaikan trafik pada layanan data sebesar...

Rekomendasi 3 Smartphone Vivo untuk Beraktivitas Setelah Lebaran

Techbiz.id - Kembali bekerja, belajar, hingga beragam kegiatan lainnya dari rumah setelah merayakan Idul Fitri akan semakin produktif jika memiliki perangkat smartphone yang didukung...

Want to stay up to date with the latest news?

We would love to hear from you! Please fill in your details and we will stay in touch. It's that simple!