Jumat, April 26, 2024

Realme Melejit di Pasar Asia Tenggara

Techbiz.id – Tak butuh waktu yang lama bagi Realme untuk mencatatkan rekor sebagai brand smartphone dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara. Penelitian dari Counterpoint melaporkan hasil yang membanggakan bagi perusahaan selama kuartal pertama 2020.

Dalam risetnya, Counterpoint mencatat pertumbuhan Realme di kawasan Asia Tenggara mencapai 173% YoY. Angka yang cukup fantastis di tengah pandemi Covid-19. Pasalnya, secara global penjualan smartphone justru mengalami penurunan 13%.

Sementara, khusus kawasan Asia Tenggara menurun sebanyak 11% dalam kuartal yang sama.

Rekor Realme ini tak terlepas dari kinerja perusahaan pada awal debutnya di 2018. Counterpoint mengatakan brand smartphone itu terus berkembang sejak saat itu.

Menurut data Counterpoint, Realme memulai debutnya di India sebagai sub-brand Oppo pada awal 2018. Kemudian, pada kuartal terakhir tahun yang sama, Realme mulai memasuki negara-negara Asia Tenggara seperti Thailand, Filipina, Vietnam, dan Indonesia.

Baca juga: Realme X3 SuperZoom Dikonfirmasi Bakal Segera Menyapa Pasar Indonesia

Tahun berikutnya, pada kuartal pertama, Realme berhasil menduduki 10 merek teratas di negara-negara yang disebutkan tadi, kecuali Filipina. Selain itu, brand smartphone ini juga memulai debutnya di Myanmar sekaligus memasuki 10 merek teratas dalam periode yang sama.

Sementara pada Q2 2019, Realme menjadi salah satu dari 5 merek teratas di Vietnam dan Indonesia. Disusul dengan memasuki daftar 10 brand teratas di Filipina pada kuartal ketiga 2019.

Tidak berhenti begitu saja, pertumbuhan Realme terus melejit. Tercatat, di kuartal keempat 2019, Realme memasuki 5 besar di Filipina, Myanmar dan bahkan Kamboja untuk pertama kalinya.

Bahkan, Realme akhirnya masuk sebagai 5 brand teratas di Thailand. Meski, butuh waktu yang lebih lama untuk menduduki posisi tersebut dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...