Jumat, Oktober 7, 2022

Review Realme X3 SuperZoom: Performa Bintang

Techbiz.id – Realme X3 SuperZoom resmi menyapa Indonesia. Kehadiran perangkat ‘Super’ itu turut melengkapi jajaran Flagship Realme di Tanah Air. Beruntungnya, Techbiz.id berkesempatan untuk melakukan review Realme X3 SuperZoom.

Sebelum itu, perlu dicatat bahwa Realme X3 SuperZoom menjadi smartphone pertama yang mengemas kemampuan hingga 60 kali SuperZoom pada segmen harga di bawah Rp10 juta. Penasaran dengan seberapa baiknya performa Realme X3 SuperZoom?

Yuk simak ulasannya berikut ini

Review Realme X3 SuperZoom

Paket Penjualan

Sebagai permulaan, lebih baik kita lihat dari sisi packaging lebih dulu. Realme X3 SuperZoom dikemas seperti perangkat terdahulu. Didalam satu box penjualan, berisi pengisian daya cepat 30W, jelly case, kabel USB Type-C, SIM Ejector dan manual book serta garansi resmi dari Realme Indonesia.

Desain

Secara fisik, pantulan holografik dari Realme X3 SuperZoom menimbulkan kesan ‘Flagship’dari smartphone. Perpaduan warna putih solid dengan sedikit aksen kehijauan diibaratkan realme bagai sebuah salju berselimut es. Realme X3 SuperZoom juga sudah dilapisi tiga lapisan waterproof untuk menjamin kualitas dari dalam ke luar.

Lebih lanjut, bagian bodi belakang dihuni oleh empat kamera. Tampaknya, realme masih nyaman dengan desain ‘khas’ realme pada kamera X3 SuperZoom yang tak mengikuti tren saat ini yang sudah berbentuk kotak.

Sementara, sisi kanan hanya dihuni oleh pemindai sidik jari bersamaan dengan tombol daya dan tombol suara up and down pada sisi kiri. Sedangkan, sisi bawah dipenuhi oleh slot SIM Card, lubang pengisian daya, lubang speaker dan Microphone tanpa lubang audio Jack.

Ketika digenggam, X3 SuperZoom terbilang cukup ergonomis. Desainnya yang kotak tak menjadi masalah jika hanya menggunakan satu tangan saja.

Layar

Realme X3 SuperZoom, Review Realme X3 SuperZoom

Bentang layar seluas 6,6 inci cukup besar untuk menonton film. Terlebih X3 SuperZoom sudah mendukung tampilan 120Hz Ultra Smooth Display, yang semakin memanjakan mata dengan visual yang halus dan mulus tanpa ‘lag’.

Tersedia juga tampilan 60Hz yang lebih menghemat daya perangkat, tetapi tetap menyajikan visual yang baik. Di samping itu, keberadaan Dual In display Camera pada layar, tak berpengaruh terhadap tampilan. Ini karena screen to body ratio sudah ditingkatkan mencapai 90%.

Dual In Display Selfie Camera justru menambah unsur estetika, karena dapat secara otomatis memberikan efek lampu menyala saat mengaktifkan system keamanan Face Unlock.

Dalam penggunaannya, kita juga tak perlu khawatir dengan ketahanan layar, pasalnya X3 SuperZoom sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 5 beserta anti gores yang cukup tebal.

Performa

Bertenaga Snapdragon 855 Plus, performa dari realme X3 SuperZoom tidak perlu diragukan lagi. Qualcomm Snapdragon 855 Plus 7nm mengintegrasikan CPU Kyro delapan-inti dan GPU Adreno 640 yang dikenal sebagai ‘Platform elite gaming’. Dengan begitu, performa X3 SuperZoom sudah terbukti. Sangat nyaman ketika dijajal menggunakan gim atau aplikasi berat sekalipun. Terlebih kapasitas memori yang ditawarkan juga cukup besar, yaitu 12GB/256GB.

Menariknya, tak butuh waktu lama untuk mengisi perangkat. Hanya sekitar 50 menit saja, baterai berkapasitas 4200mAh sudah terisi penuh berkat teknologi 30W Dart Charge. Ini sangat mempercepat waktu, terutama ketika ingin melanjutkan bermain game lagi.

Kamera

Realme X3 SuperZoom, Review Realme X3 SuperZoom

Mendapat julukan ‘SuperZoom’, X3 SuperZoom tiba dengan konfigurasi Quad Camera berkekuatan 8MP 5x periscope telephoto lens, 2MP macro lens, 64MP main camera, dan 8MP 119° ultra wide-angle.  Dengan lensa utama 64MP, hasil foto tampak tajam dan detil.

Warna yang dihasilkan juga lebih kuat berkat fitur Chroma Boost. Sedangkan, lensa ultra-wide memungkinkan memotret objek lebih luas, cocok untuk foto keluarga.

Khusus, lensa periskop sebesar 8 Megapiksel bisa mendukung smooth zoom dari 0.5X ke 60X hybrid zoom. Dengan begitu, dapat secara mudah memotret objek dari jarak yang cukup jauh.

Baca juga: Realme Narzo Resmi Hadir di Indonesia, Harga Rp2 Jutaan

Tak lupa juga, ada ditur Ultra Night Mode yang bisa memaksimalkan foto malam hari. Fitur itu membantu memaksimalkan cahaya pada saat malam hari, dimana situasi minim cahaya. Sehingga, foto tampak lebih bercahaya.

Sementara, di bagian depan tertanam Dual In Display kamera, terdiri dari 32MP dan 8MP ultra-wide. Keduanya memungkinkan potret ‘Wefie’ dengan lebih luas tanpa mengurangi keindahan objek.

Realme juga secara khusus menyematkan fitur Starry Mode. Fitur ini diklaim dapat menangkap indahnya bintang malam. Sayangnya, selama beberapa hari terakhir cuaca tidak mendukung. Terpaksa, kami belum bisa menampilkan hasilnya. Namun, penggunaan Starry Mode cukup mudah. Kami akan coba ulas pada tahap selanjutnya. Berikut beberapa hasil foto dari kamera Realme X3 SuperZoom:

Starry Mode

Starry Mode hadir secara eksklusif di flagship realme X3 SuperZoom. fitur ini mengandalkan algoritma AI bersama dengan ultra-long exposure and multi-frame synthesis untuk secara cerdas meningkatkan ketajaman dan kecerahan bintang.

Didalamnya, ada 4 unsur yang menjadi focus utama, yaitu waktu rana, senstivitas ISO, jarak fokus, white balance. Disusul dengan keberadaan lensa utama 64 Megapiksel serta lensa periskop 5x 8 Megapiksel.

Dalam penggunaanya, disarankan menggunakan alat bantu berupa tripod. Hal ini karena Starry Mode memerlukan waktu selama 4 menit 30 detik untuk memotret bintang malam. Selain lebih memudahkan, tripod juga membantu kamera tetap stabil tanpa guncangan.

Realme UI

System operasi X3 SuperZoom sudah mengandalkan Realme UI yang berbasis pada Android 10. Dengan begitu, pengalaman visual lebih baik sudah tersaji di dalamnya, terlihat lebih fresh dan penuh warna, sesuai dengan target yang menyasar kalangan muda.

Kesan menyenangkan hadir di dalamnya. Terlebih, Realme UI sudah mendukung fitur kekinian seperti dark mode yang sudah wajib ada dalam perangkat masa kini.

Fitur pendukung

Review Realme X3 SuperZoom

Layaknya smartphone Flagship, Realme X3 SuperZoom sudah dibekali dengan teknologi NFC. Sehingga, mempermudah dalam bertransaksi secara digital, walau hanya sekedar mengisi saldo kartu uang elektronik.

Selain itu, Realme X3 SuperZoom juga menghadirkan kualitas suara yang menjanjikan. Ini terjadi karena tersemat speaker super linier dengan 12mm yang didukung Dolby Atmos dan Hi-Res Sound Quality.

Tersedia juga fitur Liquid Cooling System yang sudah ditingkatkan. Dengan begitu, mampu menurunkan suhu inti perangkat agar kinerja dan kecepatan tetap stabil.

Kesimpulan

Dengan sederet fitur dan spesifikasi yang sudah dipaparkan melalui review di atas, Realme X3 SuperZoom cocok bagi Kalian yang ingin memiliki perangkat dengan performa bintang di kelasnya.

Realme X3 SuperZoom berhasil menjadi ‘Bintang’, terutama dengan banderol harga di bawa Rp10 juta. Di Indonesia, Kalian bisa mendapatkan Realme X3 SuperZoom dengan harga Rp7.999 juta saja.

Terkait

Artikel Terkait

BAKTI Targetkan Bangun 7.000 BTS 4G Hingga 2024

Techbiz.id - Meskipun memiliki tantangan yang cukup berat, hingga tahun 2024 mendatang Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Indonesia (BAKTI) Kominfo optimis...