Senin, Mei 20, 2024

Sony Perkenalkan Desain Playstation 5

Techbiz.id – Sony akhirnya secara resmi memperkenalkan wujud dari PlayStation 5 (PS 5) melalui siaran live streaming pada Jumat (12/6).

Dengan acara bertajuk ‘The Future of Gaming’, perusahaan merilis dua versi dari PlayStation 5 yaitu, 4K Blu-ray dan Digital Edition.

Digital Edition dirancang khusus tanpa Port Drive. Sehingga, pengguna hanya bisa memainkan game yang sudah diunduh sebelumnya. Di sisi lain, secara fisik PS5 Digital Edition tampak lebih ramping dan juga futuristik.

Warna putih hadir mendominasi perangkat tersebut, berpadu dengan sedikit biru dan hitam. Menariknya, PS5 juga bisa diposisikan secara vertikal, seperti saingannya, yaitu X Box Series.

Baca juga: Sony Hadirkan 2 Kamera Mirrorless Baru Seri Alpha

Posisi berdiri juga membantu perangkat dalam membuang suhu panas. Hal ini lantaran Sony menyematkan ventilasi khusus di bagian atas, bersama dengan port USB A dan USB C.

Soal hardware, PS5 ditenagai oleh CPU AMD Zen 2 core delapan dan GPU AMD RDNA 2. Ini sudah dipaparkan Sony, pada bulan Maret 2020 lalu, dimana mereka akan menyematkan cip AMD khusus dengan daya 10,28 teraflops menggunakan frekuensi variabel pada CPU dan GPU.

Perangkat penerus PS 4 itu juga menggunakan solusi SSD eksklusif untuk meningkatkan waktu pemuatan gim. SSD akan menyediakan penyimpanan 852GB dan kinerja sampai 5,5GB. Dengan teknologi tersebut, Sony mengharuskan semua gim dipasang ke SSD internal agar cepat terbaca langsung oleh sistem.

Sayangnya, Sony tak merilis harga jual yang bakal dibanderol semua varian PS5. Siaran live streaming selama 1 jam itu hanya mengungkap wujud dari PS5.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...