Monday, January 25, 2021
Home News 5 Cara Bikin Konten Foto Kuliner yang Bikin Laper

5 Cara Bikin Konten Foto Kuliner yang Bikin Laper

Must Read

AIA Gunakan Sign with SingPass Milik Kofax

Techbiz.id - Perusahaan asuransi AIA merupakan perusahaan asuransi pertama yang menyediakan fitur Sign with SingPass yang merupakan proyek uji coba bersama...

Serius, Sharp Garap Smartphone Gaming Aquos Sense4 Plus

Techbiz.id - Menyatakan diri makin serius dalam menghadirkan produk smartphone, Sharp merilis perangkat baru bernama AQUOS Sense4 Plus untuk...

Tri Beri Tambahan 5GB Setiap Isi Ulang Kuota

Techbiz.id - Sebagai bentuk dukungan dalam membantu produktivitas para pelanggan di tengah perpanjangan PPKM, Tri Indonesia menawarkan promo tambahan kuota...

Samsung Fasilitasi Pelatihan Teknologi Ribuan Warga Biak

Techbiz.id - Samsung memfasilitasi pelatihan teknologi untuk 3700 masyarakat Biak terdiri dari anak-anak, orang tua, guru, komunitas, hingga aparat...

realme Konfirmasi Kehadiran Watch S Pro

Techbiz.id - realme memulai strategi Leap to 2021 untuk menjadi No. 1 AIoT Choice di dunia dan Indonesia dengan...

Techbiz.id – Fotografi dan bisnis kuliner merupakan hal yang berjalan secara beriringan. Dengan kemampuan mengambil gambar yang baik dengan smartphone yang dimilikinya, pengguna dapat memberikan added value pada bisnis kuliner yang dijalankan.

Dengan menggunakan teknik fotografi yang tepat dan dukungan perangkat yang mumpuni, konten yang berkualitas pun dapat dihasilkan.

- Advertisement -

Untuk membuat konten food photography yang bagus pengguna smartphone yang ingin berbisnis kuliner bisa memanfaatkan Galaxy A21s terbaru yang hadir dengan memori 6/128GB yang dapat ditambah hingga 512GB dan quad camera dengan 48MP kamera utama, 8MP ultra wide, 2MP makro, 2MP depth.

Baca juga: Galaxy A21s Ada Varian baru, Cocok untuk Bikin Konten

“Samsung memperkenalkan varian terbaru Galaxy A21s yang hadir dengan warna baru, memori lebih besar, dan dukungan teknologi quad camera guna mendukung aktivitas pengguna, khususnya para pebisnis online untuk menghasilkan konten yang Awesome,” jelas Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia. 

Founder Jasafotojakarta, Berry Phan memberikan 5 easy hacks cara untuk membuat konten yang menarik terutama bagi Galaxy users yang bergerak di bisnis kuliner.  

cara membuat konten kuliner

5 Cara Membuat Konten Kuliner

1.     Perhatikan Sumber Cahaya  

Cahaya merupakan salah satu aspek terpenting di dalam fotografi. Pantulan cahaya yang kita terima dapat memberikan berbagai bentuk, tekstur dan karakter pada sebuah foto. Dalam pengambilan foto makanan, perlu diperhatikan berbagai sumber cahaya dan letak dimana cahaya itu berada.

Gunakan teknik Back Lighting (Sumber cahaya dari belakang) dan Side Lighting (Sumber Cahaya dari Samping) yang akan memberikan cahaya dan bayangan yang lebih berkarakter sehingga menghasilkan konten yang lebih menarik.

Dengan Pro-Mode dari Samsung Galaxy A21s, pengguna bisa dengan mudah mengatur manual ISO, White Balance dan Exposure sehingga bisa lebih mengontrol cahaya yang di inginkan. 

2.     Mengatur Kualitas Cahaya Sesuai Kebutuhan  

Dalam menghasilkan kualitas foto makanan yang menggiurkan, sangat penting untuk mengetahui karakter pencahayaan yang digunakan. Selain sumber cahaya, kualitas cahaya juga menjadi peranan penting yang harus diperhatikan.

Kualitas cahaya yang terlalu keras (Hard Light) akan menambah tingkat kontras yang lebih tinggi, sehingga hasil foto terlihat lebih berbayang dan detil menjadi lebih sulit untuk memperlihatkan detil makanan pada foto.

Dengan cahaya yang lebih lembut (Soft Light), foto akan memberikan gradasi warna yang lebih merata. Dalam menghasilkan Soft Light tersebut, dapat menggunakan Reflector atau kain semi transparan yang ada di rumah seperti gorden guna menyaring kualitas cahaya yang terlalu besar dan tajam.  

3.     Maksimalkan Penggunaan Smartphone 

Menampilkan visual menarik tentunya membutuhkan dukungan pada perangkat yang dipakai. Teknologi Quad Camera pada new Galaxy A21s memberikan berbagai pilihan lensa yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Manfaatkan lensa utama 48MP F2.0 untuk menghasilkan konten makanan yang tajam dan jelas, serta lensa Ultra-Wide 8MP F2.2 untuk menunjukkan ambience di sekitar makanan. Selain itu, manfaatkan lensa Macro 2MP F2.4 untuk memperlihatkan detail terkecil pada makanan dan lensa Depth 2MP F2.4 untuk menambah fokus pada makanan dan memberikan kesan bokeh yang dramatis.

Intinya, jelajahi berbagai lensa pada teknologi quad camera new Galaxy A21s yang dapat menghasilkan berbagai konten yang Awesome, cocok untuk para pelaku bisnis yang ingin pamer produk nya di platform digital!  

4.     Sediakan Properti Tambahan.  

Elemen yang tidak kalah penting dalam pengambilan Food Photography adalah properti pendukung yang memadai. Dengan memilih warna properti yang senada dengan warna background, buatfoto makanan kamu jadi lebih stand out. Untuk memberikan efek porsi makanan yang lebih banyak, gunakan piring yang sesuai dengan ukuran makan tersebut. Pemilihan properti yang lebih mimalis akan menciptakan foto makanan lebih jelas dan lebih menonjol, less is more!  

5.     Negative Space, apakah itu?  

Membuat konten yang harmonis dan seimbang dengan memberikan ruang kosong didalam foto. Negative Space dalam sebuah foto merupakan ruang disekeliling fokus utama pada foto. Ruang kosong ( Negative Space ) memberikan komposisi yang lebih seimbang sehingga memberikan ruang pada objek utama untuk bercerita. Jadi kamu bisa lebih fokus liat makanan pada foto, dan dijamin bikin laper!  

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Tri Beri Tambahan 5GB Setiap Isi Ulang Kuota

Techbiz.id - Sebagai bentuk dukungan dalam membantu produktivitas para pelanggan di tengah perpanjangan PPKM, Tri Indonesia menawarkan promo tambahan kuota...

Artikel Terkait