Thursday, April 22, 2021
Home Devices Perbandingan Spesifikasi realme C15 Holiday Edition VS Samsung Galaxy A12

Perbandingan Spesifikasi realme C15 Holiday Edition VS Samsung Galaxy A12

Must Read

Solusi Mencuci Pintar dengan Samsung Smart EcoBubble Washer

Techbiz.id - Samsung Electronics Indonesia menghadirkan solusi mencuci pakaian yang bersih sekaligus juga hemat daya dengan meluncurkan mesin cuci Samsung...

LinkAja Syariah Gelar Program Festival Ramadan 2021

Techbiz.id - Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, Layanan Syariah LinkAja memiliki program Festival Ramadan 2021 yang diharapkan dapat...

Gelar Ramadan Big Sale, realme Beri Diskon 50%

Techbiz.id - Bulan Ramadan realme mengadakan Ramadan Big Sale sebagai berkah tambahan untuk seluruh anak muda di Indonesia. Program...

vivo Kuasai Penjualan Ponsel Pintar di Pasar Tiongkok

Techbiz.id - Dilansir dari laporan penelitian yang dilakukan oleh Counterpoint, vivo untuk pertama kalinya memimpin pasar ponsel pintar dengan...

WhatsApp Ingatkan Pengguna yang Tak Setuju Kebijakan Baru, Ini Akibatnya

Techbiz.id - Aplikasi perpesanan populer, WhatsApp kembali mengingatkan bahwa waktu yang digunakan untuk menerapkan kebijakan baru dalam menggunakan layanan...

Techbiz.id – Persaingan di segmen smartphone kelas entry level tidak pernah membosankan. Meski memiliki jagoan dengan fitur dan spesifikasi terkini serta inovasi yang luar biasa, namun para pemain dunia smartphone tidak bisa melupakan kelas entry yang umumnya memberikan sumbangan terbesar dalam pemasukan dari penjualan.

Itulah sebabnya meski brand sebesar Samsung yang selalu berhasil menggegerkan dunia dengan inovasi teknologi setiap tahun, mereka masih sering meluncurkan smartphone entry yang diharapkan bisa memikat hati para pengguna di kelas tersebut.

- Advertisement -

Namun seiring berjalannya waktu, bermunculan para pemain baru yang memiliki senjata tidak kalah kuat dalam menyerang para pemain lama. realme salah satunya, brand yang berani melawan para kompetitornya yang terlebih dahulu mengisi hati para pengguna smartphone di Indonesia. Brand yang satu ini kerap melontarkan model smartphone terbaru secara periodik, atau meningkatkan versi yang sudah ada agar bisa tampil lebih menarik dari sebelumnya.

Baca juga: realme C15 Holiday Edition Pakai Prosesor Snapdragon

Seru rasanya jika kita membandingkan dua smartphone dari dua brand tersebut untuk sekadar mencari tahu siapa yang bisa lebih “murah hati” memanjakan konsumen di kelas entry. Kali ini mari kita bandingkan spesifikasi smartphone realme C15 Holiday Edition dengan smartphone Samsung Galaxy A12.

Mengapa dua smartphone ini? Sebab menurut kami dua smartphone tersebut bisa dikatakan menawarkan fitur dan spesifikasi yang menarik dengan harga jual yang diberikan. Berikut hasil komparasi spesifikasi keduanya.

Bicara komparasi tentu tidak bisa lepas dengan membahas dapur pacu. Meski keduanya mengisi pasar kelas entry bukan berarti prosesor yang ada seadanya. Memang chipset yang digunakan keduanya bukanlah chipset favorit agar mampu berikan performa yang luar biasa.

Namun Qualcomm Snapdragon 460 yang ada di realme C15 dan MediaTek P35 yang terbenam di Galaxy A12 seharusnya cukup mumpuni dalam menjalankan sejumlah aplikasi terkini. Hanya saja menurut kami realme C15 Holiday Edition sedikit lebih menarik karena penggunaan chipset dari produsen yang lebih berpengalaman di bidangnya.

Snapdragon sudah dikenal memiliki chipset yang mampu memberikan performa seimbang di berbagai skenario penggunaan. Baik gaming, multimedia, hingga urusan manajemen daya serta suhu yang cenderung lebih sejuk dibandingkan chipset MediaTek menjadi faktor yang tidak bisa dikesampingkan.

Sektor kamera juga tidak bisa dimungkiri menjadi sektor pertimbangan apakah smartphone di kelas entry layak dimiliki. Untungnya kedua smartphone menggunakan empat kamera pada bagian belakang atau biasa disebut Quad Camera. Sederhananya dengan adanya empat kamera maka penggunanya bisa secara spesifik menghasilkan foto terbaik sesuai objek atau kondisi pemotretan.

Sebagai gadget yang paling sering dipegang dalam keseharian, tentu baterai juga tidak boleh dilupakan. Daya tahan baterai kini menjadi faktor tidak kalah penting karena jika sebuah smartphone memiliki baterai yang cepat habis, bagaimana smartphone tersebut bisa menyokong beragam aktivitas kita.

Baik realme C15 Holiday Edition dan Galaxy A12 sama-sama membawa kapasitas baterai yang besar. Di mana kapasitas sebesar 6000mAh digunakan di realme C15 Holiday Edition dan kapasitas 5000mAh digunakan di Galaxy A12. Selain lebih besar, nyatanya realme C15 juga membawa teknologi pengisian yang lebih canggih dengan ukuran 18W ketimbang 15W yang ada di Galaxy A12.

Hal yang suka terlewatkan dalam memilih smartphone adalah keberadaan sensor-sensor. Kedua smartphone yang kami bandingkan ini sebenarnya tergolong lengkap dalam menyediakan sensor. Sebut saja keberadaan sensor proximity, sensor akselerometer, sensor sidik jari. Tapi ada sensor yang absen di Galaxy A12, ia adalah sensor kompas.

Baca juga: Samsung Tawarkan Galaxy A12, Harga Rp2 Jutaan

Seperti namanya, kompas dipakai untuk menunjukan arrah, biasanya sensor ini menjadi sensor standar yang ada di smartphone Android sehingga para pengguna bisa dengan cepat mengetahui posisinya saat menggunakan layanan navigasi. Manfaat yang paling terasa dari sensor kompas adalah untuk menentukan arah kiblat dari posisi kita. Sayangnya Samsung enggan memberikannya di Galaxy A12.

Tentu segi desain juga menjadi pertimbangan kami memasukan komparasi smartphone realme C15 Holiday Edition dan Galaxy A12. Secara fisik keduanya memiliki dimensi yang mirip saat digenggam, sebab keduanya memiliki dimensi yang mirip. Penilaian kami di sini terletak pada corak di kedua smartphone, yang menambah kesan estetik.

Galaxy A12 tampil lebih simpel dengan bagian cover belakang yang polos dan terlihat lebih ramping. Di sisi lain realme C15 hadir dengan desain yang lebih dinamis berkat keberadaan motif geometris garis-garis berbentuk diagonal. Ini memberikan kesan trendi yang tidak didapatkan di Galaxy A12.

Setelah membandingkan berdasar spesifikasi kedua smartphone, kami menilai bahwa realme C15 Holiday Edition menjadi pilihan yang lebih baik jika Anda mencari smartphone di kelas entry level sebab mampu berikan keunggulan di beberapa hal yang menurut kami krusial. Alasan lain adalah harga, meski sama-sama dibandol dengan harga dua jutaan, realme C15 Holiday Edition dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau dibanding pesaingnya itu.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Blibli Travel & UMKM Fest Tawarkan Berbagai Promo Wisata Menarik

Techbiz.id - Blibli baru saja meluncurkan program Blibli Travel & UMKM Fest untuk mendukung bangkitnya industri pariwisata dan ekonomi...

Artikel Terkait