Kamis, April 25, 2024

Instagram Kini Punya Fitur ‘Recently Deleted’

Techbiz.id – Instagram baru saja menambahkan fitur baru dalam situs jejaring sosial media mereka. Kabarnya, fitur bernama ‘Recently Deleted’ diklaim mampu melindungi postingan pengguna dari peretas.

Recently Delete sendiri akan menambahkan langkah ekstra sebelum postingan dapat dihapus secara permanen dari akun pengguna. Fitur ini mirip dengan folder baru-baru ini dihapus” di aplikasi Foto di iOS.

Dengan fitur ini, jika pengguna menghapus postingan itu akan muncul di bagian terpisah di profil selama 30 hari. Postingan ini sendiri tidak dapat dilihat orang lain, tetapi akan tetap terlihat oleh pemilik akun, jika berubah pikiran dan ingin memulihkannya.

Fitur Instagram

Menurut Instagram, berkat fitur ini pengguna jadi memiliki perlindungan tambahan terhadap peretas yang sering menargetkan akun mereka. Dilansir dari Engadget, Orang-orang yang akunnya diretas sering kali semua kirimannya dihapus sebelum mereka dapat memperoleh kembali akses. Ini dapat menjadi kerugian besar bagi mereka yang mengandalkan kehadiran Instagram untuk bisnis mereka atau untuk melacak foto keluarga.

Untuk bisa mengakses fitur tersebut, Instagram mengatakan bahwa pengguna harus memverifikasi identitas mereka melalui teks atau email sebelum mereka dapat memulihkan posting atau menghapusnya secara permanen.

Langkah ekstra pada dasarnya adalah bentuk verifikasi dua langkah untuk menghapus postingan dari aplikasi, tetapi, yang terpenting, bukan sebagai pengganti keamanan autentikasi dua faktor.

Baca juga: Kilas Balik Tren Edit Foto di Instagram

Meski demikian, jika akun Instagram terkunci karena peretasan, pengguna tetap tidak dapat langsung mengakses kiriman yang telah dihapus. Namun setidaknya itu akan mempersulit peretas untuk menghapus semua postingan saat Anda masih membuka jalan melalui dukungan Instagram.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...