Thursday, June 17, 2021
Home DigiBiz Lebih Canggih, Android 12 Dukung Fitur Auto-Rotate dengan Face ID

Lebih Canggih, Android 12 Dukung Fitur Auto-Rotate dengan Face ID

Must Read

BukuWarung Dapat Pendanaan Rp870 miliar

Techbiz.id - BukuWarung meraih pendanaan Series A senilai USD60 juta atau setara Rp870 miliar. Seri pendanaan ini dipimpin oleh...

Gelar Super Service Day, OPPO Tawarkan Banyak Diskon

Techbiz.id - Tidak hanya menghadirkan perangkat dengan desain dan fitur yang diinginkan oleh konsumen Indonesia, OPPO juga mengedepankan layanan...

Review Honor Band 6: Smartband Sekelas Smartwatch

Techbiz.id - Honor kembali menghadirkan smartband terbarunya, HONOR Band 6, dengan layar besar dan cerah layaknya smartwatch, namun...

Razer dan Ubisoft Tawarkan Headset BlackShark V2 Pro

Techbiz.id - Razer berkolaborasi dengan Ubisoft menghadirkan BlackShark V2 Pro - Six Siege Special Edition, headset esport resmi untuk...

11 Ponsel yang Bisa Terkoneksi dengan Jaringan 5G Indosat

Techbiz.id - Menyusul konfirmasi jaringan 5G Indosat, terdapat sejumlah ponsel pintar di Indonesia yang sudah mendukung konektivitas tersebut. Menurut penelusuran...

Techbiz.id – Rumor mengenai fitur-fitur yang akan hadir di Android 12 terus bergulir. Kali ini, penerus Android 11 itu disebut akan mendukung fitur Auto-Rotate yang lebih canggih.

Fitur putar otomatis itu akan mengandalkan sistem Face ID. Dengan begitu, fitur auto-rotate akan memutar layar secara otomatis jika wajah pengguna terdeteksi sedang berbaring.

- Advertisement -

Misalnya, jika Anda menggunakan ponsel cerdas sambil berbaring, kemudian dengan fungsi putar otomatis diaktifkan, gambar mungkin mengambil orientasi lanskap. Tentu saja, Anda selalu dapat mematikan fitur putar otomatis, tetapi Android 12 akan memiliki fitur putar otomatis yang ditingkatkan berdasarkan posisi wajah pengguna, seperti dilansir dari Gizchina (16/2/2021).

Ponsel cerdas akan menggunakan kamera depan untuk memeriksa apakah pengguna melihat ke layar, dan jika demikian, ke arah mana kepalanya menoleh. Kendati begitu Android diklaim tetap menjamin privasi pengguna. Pasalnya, pemeriksaan kamera ini akan dilakukan sepenuhnya di perangkat dan tidak akan menyimpan atau mengirim foto Anda ke mana pun.

Lebih lanjut, sumber juga menunjukkan bahwa semua smartphone Android 12 pada akhirnya akan menerima fitur ini, tetapi Google mungkin pada awalnya akan membuat fitur ini eksklusif untuk smartphone Pixel mereka.

Baru-baru ini, detail baru tentang Android 12 telah muncul. Melalui gambar yang beredar, terlihat bahwa user interface (UI) Android 12 tampil lebih sederhana dengan perpaduan warna solid.

Terlihat widget yang menampilkan isi obrolan dan notifikasi lain dari lawan bicara di aplikasi perpesanan. Widget baru ini tak hanya hadir di menu pull-down notifikasi, tetapi juga pada home screen perangkat.

Selain itu, untuk area notifikasi kini punya ciri khas tersendiri, yakni tak lagi transparan. Google tampaknya menambahkan ornamen warna beige solid.

Sementara, di sisi lain, warna status bar yang memuat jam, indikator sinyal, dan baterai tampak lebih sederhana. Letak masing-masing ikon juga diubah, meliputi posisi jam kini berada di sisi pojok kiri atas, bukan di kanan atas seperti sebelumnya.

Baca juga: Tampilan Android 12 Ungkap Desain dan Widget Baru

Kabarnya, Google akan merilis Android 12 tahap awal versi beta dan Developer Preview pada akhir bulan ini. Dengan begitu, diharapkan tampilan dan fitur-fitur baru dari OS Google itu bakal diketahui dengan lebih detil dalam waktu dekat.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

11 Ponsel yang Bisa Terkoneksi dengan Jaringan 5G Indosat

Techbiz.id - Menyusul konfirmasi jaringan 5G Indosat, terdapat sejumlah ponsel pintar di Indonesia yang sudah mendukung konektivitas tersebut. Menurut penelusuran...

Artikel Terkait