Jumat, April 26, 2024

Google Batasi Aplikasi yang Mengakses Data Pengguna

Techbiz.id – Google terus memperbaiki platformnya. Kali ini, Google akan membatasi aplikasi di Play Store yang mampu mengakses data aplikasi lain yang sudah terinstall pada perangkat Android pengguna.

Informasi ini pertama kali dilaporkan oleh Ars Technica. Meskipun dianggap tidak berbahaya, data yang menunjukkan aplikasi terinstall di perangkat Android dapat digunakan developer aplikasi untuk mengetahui preferensi pengguna. Misalnya, preferensi kencan dan afiliasi politik.

Adapun aplikasi yang dimaksud adalah yang meminta izin “QUERY_ALL_PACKAGES”. Namun kini melalui kebijakan barunya, Google menganggap informasi tersebut sebagai “data pengguna pribadi dan sensitif,” sehingga perusahaan akan membatasi aplikasi mana yang diizinkan.

Kebijakan tersebut kabarnya mulai berlaku pada 5 Mei mendatang. Dengan demikian, mulai 5 Mei 2021, pengembang aplikasi harus memberikan alasan yang sangat bagus mengapa Google harus mengizinkan untuk mengakses informasi tersebut, seperti dikutip dari The Verge, Senin (5/4).

Nantinya, aplikasi hanya diizinkan jika “fungsi atau tujuan yang dihadapi pengguna inti, memerlukan visibilitas yang luas ke aplikasi yang diinstal di perangkat pengguna”.

Adapun aplikasi yang akan diizinkan untuk terus menggunakan izin ini meliputi pengelola file, browser, dan aplikasi anti virus yang membutuhkan data “untuk tujuan interoperabilitas”. Sementara, aplikasi perbankan, dompet digital, dan aplikasi lain yang melibatkan “fungsi transaksi keuangan” akan mendapatkan izin “untuk tujuan berbasis keamanan.”

Baca juga: Cloudera Data Platform Tersedia di Google Cloud

Khusus untuk aplikasi yang tidak memiliki kasus penggunaan yang dibenarkan akan dihapus dari Google Play Store. Semua developer yang akan mempertahankan izin di aplikasinya diharuskan melengkapi formulir deklarasi yang membenarkan penggunaannya.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...