Tuesday, June 22, 2021
Home Tips Cara Bikin Podcast Keren Pakai Smartphone

Cara Bikin Podcast Keren Pakai Smartphone

Must Read

Kompetisi Coding Codegoda Berhadiah Rp140 Juta

Techbiz.id - Kompetisi pemrograman global bernama Codegoda digelar Agoda dengan mengundang para pengembang software dan engineer di dunia untuk...

Samsung Galaxy M32 Tiba dengan Chipset Helio G80 dan Baterai 6000mAh

Techbiz.id - Samsung kembali menambah perangkat baru dari jajaran seri M kali ini. Bukan di Indonesia, Samsung Galaxy M32...

Infinix NOTE 10 Series Diluncurkan, Simak Harga dan Spesifikasinya

Techbiz.id - Smartphone di lini NOTE 10 Series resmi dihadirkan Infinix untuk para penggunanya di Indonesia. Seri NOTE 10...

Samsung Tegaskan Galaxy S21 FE Belum Ditangguhkan

Techbiz.id - Samsung sempat dikabarkan bakal menunda proses produksi dari Galaxy S21 FE. Hal ini terjadi lantaran adanya kekurangan...

Review realme Watch 2 Series: Smartwatch yang Dibutuhkan Anak Muda

Techbiz.id - Di artikel review kali ini redaksi Techbiz Indonesia akan mengulas smartwatch terbaru yaitu realme Watch 2 Series...

Techbiz.id – Saat ini, konten podcast semakin banyak diminati oleh masyarakat. Kategori konten dan creator-nya pun semakin beragam. Menurut riset Edison Research and Triton Digital, saat ini ada lebih dari 800.000 podcast aktif dan 54 juta episode di seluruh dunia. 

Jumlah pendengar podcast di Indonesia didominasi oleh anak muda, yaitu 22,1% pendengar podcast berusia 15-19 tahun, dan sebanyak 22,2% pendengar podcast lainnya berusia 20-24 tahun.

- Advertisement -

Selain itu, berdasarkan sebuah survey JakPat Mobile Survey Platform terhadap 2.023 pengguna smartphone, 80,82% responden mendengarkan konten podcast dalam enam bulan terakhir.

Dengan tingginya minat akan produksi konten podcast, mulai banyak orang tertarik untuk mencoba membuat konten podcast, termasuk YouTuber dan Influencer.

Baca juga: Samsung Tawarkan Galaxy A12, Harga Rp2 Jutaan

Dengan memanfaatkan smartphone Samsung Galaxy A12 seharga dua jutaan, pengguna dapat membuat kreasi konten podcast-nya sendiri di rumah.

Smartphone ini hadir dengan piliihan RAM 4GB dan 6GB serta memori internal 128 GB, dan baterai besar 5.000 mAh untuk mendukung penggunanya dalam berkreasi konten di media sosial, salah satunya podcast.

“Sejalan dengan semakin tingginya minat masyarakat menikmati konten-konten podcast, Samsung mendorong siapa pun yang passionate dalam hal kreasi konten untuk turut ambil bagian supaya semakin banyak lagi konten-konten berfaedah,” ujar Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Selain memanfaatkan fitur yang ada dari Samsung Galaxy A12, simak tips Bikin Podcast Pakai Smartphone berikut supaya konten podcast yang dibuat bisa lebih maksimal.

Bikin Podcast Pakai Smartphone

Atur jarak mic dengan sumber suara

Konten podcast adalah soal kejernihan suara. Saat merekam konten podcast, perhatikan jarak antara microphone dengan mulut atau sumber suara. Kenali juga posisi yang paling menghasilkan suara terbaik dari segi volume dan daya tangkap. Posisi ideal microphone adalah yang tidak horizontal dengan mulut, tetapi sedikit di bawah mulut.

Dengan demikian microphone tidak akan terganggu oleh suara hembusan angin atau suara lainnya yang tidak nyaman didengar. Jarak paling ideal antara microphone dengan sumber suara adalah lima hingga tujuh jari. Aspek ini juga bertujuan agar suara kalian tidak terdistorsi jika jaraknya terlalu dekat.

Matikan notifikasi saat merekam

Tentunya kamu perlu konsentrasi penuh saat membuat konten podcast, apalagi jika harus ngobrol dengan orang lain. Sebaiknya, kamu mematikan terlebih dulu notifikasi di smartphone-mu agar kamu tidak terganggu. Lebih baik lagi jika kamu menyalakan fitur airplane mode. Selain tidak terganggu notifikasi, kamu juga dapat menghemat baterai dengan lebih baik.

Setelah merekam, kamu dapat menyimpan file rekamanmu dengan memanfaatkan fitur KNOX Security yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A12. Samsung Galaxy A12 ini menarik karena termasuk dalam jajaran perangkat baru yang mengusung antarmuka pengguna atau sistem operasi modifikasi One UI Core. 

KNOX Security berfungsi untuk menjaga data-data penting kamu serta mengamankan perangkat dari serangan siber dan virus yang berpotensi merugikan pengguna.

Kenyamanan dalam mendengarkan konten

Jika sudah selesai merekam kontenmu, kamu harus memposisikan diri sebagai pendengar dari kontenmu. Dengarkan kontenmu dari awal sampai selesai. Apakah kamu sudah cukup nyaman mendengarkannya? Atau masih ada suara-suara yang mengganggu?

Nah, jika dirasa sudah cukup nyaman untuk didengar, kamu bisa lanjut ke proses editing! Terdapat beberapa aplikasi editing yang cukup baik untuk mengedit konten podcast, seperti Wave Editor, Dolby-On, dan N Track.

Melalui aplikasi-aplikasi ini, kamu dapat mengedit dengan lebih leluasa seperti melakukan trimming dan menambahkan efek-efek tertentu. Samsung A12 juga sudah dilengkapi dengan teknologi Dolby Atmos yang mampu menghasilkan kualitas suara lebih baik dengan 1 speaker yang terletak di bagian bawah ponsel.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Realme Tetapkan Peluncuran Perangkat Dizo pada Juli 2021

Techbiz.id - Realme kini bersiap untuk merilis perangkat pertamanya di bawah sub-brand Dizo, dimana semuanya termasuk ke dalam ekosistem...

Artikel Terkait