Tuesday, June 22, 2021
Home Business Update Kuartal Pertama 2021 Xiaomi Raup Pendapatan RMB 76,9 Miliar

Kuartal Pertama 2021 Xiaomi Raup Pendapatan RMB 76,9 Miliar

Must Read

Review realme Watch 2 Series: Smartwatch yang Dibutuhkan Anak Muda

Techbiz.id - Di artikel review kali ini redaksi Techbiz Indonesia akan mengulas smartwatch terbaru yaitu realme Watch 2 Series...

Xiaomi Mi 11 Ultra dan Mi 11 Lite Tiba di Indonesia, Ini Harganya

Techbiz.id - Xiaomi kembali meluncurkan smartphone andalannya, yakni Mi 11 Ultra dan Mi 11 Lite secara daring di Indonesia,...

Pasar Smartphone Diprediksi Tumbuh 12 Persen di 2021

Techbiz.id - Pandemi Covid-19 memberikan dampak tersendiri bagi industri smartphone, bahkan belakangan ini sejumlah proses produksi terganggu lantaran adanya...

Telkomcel Tambah Layanan Pesan Antar Makanan di MyTimor

Techbiz.id - Perusahaan telekomunikasi di Timor-Leste, Telkomcel menghadirkan MyFood, aplikasi yang memfasilitasi restoran-restoran kecil dan menengah di Dili untuk...

Rilis Besok, Ini Bocoran Spesifikasi Realme 8 5G Indonesia

Techbiz.id - Realme memastikan akan merilis smartphone 5G di Indonesia pada esok hari (16/6). Namun, sebelum itu kita bisa...

Techbiz.id – Berdasarkan laporan hasil konsolidasi yang tidak diaudit untuk periode tiga bulan yang berakhir pada tanggal 31 Maret 2021, selama kuartal pertama tahun 2021 total pendapatan Xiaomi tercatat 76,9 miliar renminbi atau naik 54,7% year-over-year sedangkan laba bersih yang sudah disesuaikan pada periode ini mencapai 6,1 miliar renminbi atau naik 163,8% YoY.

Juru bicara Xiaomi menyatakan bahwa pertumbuhan dalam pengiriman smartphone selama kuartal pertama mendorong perluasan jumlah pengguna di dunia dan secara paralel juga diikuti oleh ekspansi dari platform AIoT.

- Advertisement -

Selain pertumbuhan yang solid pada lini bisnis yang sudah ada, Xiaomi terus menjelajahi kemungkinan baru. Pada bulan Maret lalu, Xiaomi mengumumkan identitas branding yang baru sekaligus mengumumkan inisiatif untuk terjun ke bisnis kendaraan listrik pintar demi memastikan masa depan yang cerah bagi perusahaan hingga dekade mendatang.

Bisnis smartphone Xiaomi menunjukkan pertumbuhan yang signifikan pada kuartal pertama tahun 2021 yang ditunjukkan oleh pendapatan dari penjualan yang naik 69,8% dibandingkan tahun lalu menjadi 51,5 miliar renminbi.

Baca juga: Xiaomi Dihapus dari Blacklist Pemerintah AS

Pengapalan smartphone global dalam periode ini mencapai 49,4 juta unit. Perusahaan riset Canalys menyebutkan Xiaomi mempertahankan posisi tiga besar dunia dalam hal pengapalan dengan menguasai 14,1% pangsa pasar.

Portofolio produk premium juga memastikan pertumbuhan pesat Xiaomi di segmen premium. Dalam kuartal pertama 2021, pengapalan smartphone dengan harga jual diatas 3.000 renminbi di China atau setara 300 euro di pasar internasional telah mencapai 4 juta unit.

Sebagai tambahan, berdasarkan data dari pihak ketiga, pangsa pasar Xiaomi untuk smartphone dengan harga di antara 4.000 – 6.000 renminbi di China naik menjadi 16,1% dibandingkan 5,5% pada kuartal pertama tahun 2020.

Strategi “Smartphone X AIoT”

Dalam laporan kinerja perusahaan selama kuartal pertama tahun 2021, strategi “Smartphone X AIoT” yang diusung Xiaomi disebutkan mampu mendongkrak seluruh lini bisnis serta mempertahankan peringkat global.

Pendapatan dari segmen produk IoT dan gaya hidup menunjukkan performa yang menggembirakan pada Q1 2021 dengan pendapatan yang naik sebesar 40,5% YoY menjadi 18,2 miliar renminbi.

Pengapalan TV pintar dari Xiaomi ke pasar global mencapai 2,6 juta unit. All View Cloud (AVC) menyebut pengapalan TV menempati peringkat pertama di China untuk sembilan kuartal berturut-turut dan bertahan di posisi lima besar global.

Informasi menarik yang patut disebutkan, produk TV dengan layar besar juga makin diterima oleh pasar. Menurut AVC, TV pintar dengan ukuran layar 70 inchi keatas dari Xiaomi menguasai pasar China dengan pangsa pasar 29% sementara volume penjualan meningkat 160% YoY.

Produk IoT dan gaya hidup juga makin diminati oleh pasar internasional dengan pendapatan dari pasar internasional yang tumbuh sebesar 81,1% YoY berkat sejumlah produk seperti skuter elektrik, penjernih udara, Mi Box, dan produk lainnya.

Terhitung sejak tanggal 31 Maret 2021, jumlah perangkat IoT yang terhubung ke platform AIoT milik Xiaomi (kecuali smartphone da laptop) mencapai 351,1 juta unit

Jumlah pengguna yang menghubungkan lima atau lebih perangkat sekaligus ke platform AIoT (kecuali smartphone dan laptop) mencapai 6,8 juta pengguna atau tumbuh 48,9% YoY.

Pendapatan iklan Xiaomi kuartal pertama 2021

Lini bisnis layanan internet menunjukkan pertumbuhan yang mapan dengan pendapatan sebesar 6,6 miliar renminbi atau naik 11,4% YoY. Pendapatan dari iklan mencatatkan prestasi dengan pertumbuhan 46,3% YoY menjadi 3,9 miliar renminbi.

Pengguna global dari layanan Xiaomi terus bertambah. Pada bulan Maret 2021, pengguna aktif bulanan (MAU) dari MIUI meningkat 26,8% YoY menjadi 425,3 juta sementara MAU dari China naik menjadi 118,6 juta atau naik 6,4% YoY.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

5 Cara Menghindari Investasi Kripto Bodong

Techbiz.id - Investasi aset kripto tengah menjadi perbincangan warganet yang memunculkan animo tinggi. Namun sayangnya tida sedikit masyarakat yang...

Artikel Terkait