Kamis, Mei 2, 2024

Deretan Fitur Baru di iOS 15: Dari FaceTime Hingga Maps

Techbiz.id – Apple baru saja memperkenalkan sistem operasi (OS) terbaru, iOS 15 melalui ajang developer tahunan Worldwide Developer Conference (WWDC) 2021, Senin (7/6). iOS 15 pun membawa sejumlah pembaruan pada fitur Apple.

Salah satunya adalah fitur FaceTime. Tak hanya itu, Apple juga turut menghadirkan pembaruan lainnya. Lantas apa saja pembaruan fitur tersebut?

Untuk mengetahui lebih lanjut fitur terbaru di iOS 15, mari kita simak ulasannya berikut ini

Fitur Baru iOS 15

FaceTime

Jika sebelumnya aplikasi FaceTime tersedia secara eksklusif untuk pengguna iOS, kini berkat update OS, maka pengguna non-iOS juga bisa ikut bergabung dalam panggilan.

Pengguna non-iOS dapat bergabung dengan mengakses tautan ‘ruangan’ yang dibagikan oleh salah satu pengguna iOS. Nantinya, pengguna cukup mengetuk tautan tersebut yang akan menuju web.

Selain itu, FaceTime juga dibekali dengan sejumlah fitur lainnya, yakni dukungan spatial audio yang menjanjikan suara berkualitas. Apple juga menghadirkan fitur SharePlay yang memungkinkan pengguna mendengarkan atau menonton beragam konten melalui berbagai aplikasi pihak ketiga, seperti Disney+, Hulu, HBO Max, TikTok, NBA, Twitch, secara langsung dari FaceTime.

Photos

Apple juga turut memperbarui aplikasi Photos mereka. Perusahaan pemilik iPhone itu kini menambahkan dukungan untuk memindai teks dengan kamera, layaknya milik Google Lens.

Selain itu, Photos juga memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah video highlight yang terdiri dari beberapa gambar.

Message

Menyadari aplikasi perpesanan miliknya tak kalah penting, di iOS 15 Apple membawa fitur baru, yakni Shared Stacks. Ini akan mempermudah pengguna dalam berbagi konten ke pengguna lainnya, seperti News hingga Photos.

Baca juga: Apple Garap Fitur Wireless Charging untuk iPad Pro

Notifikasi

Sistem notifikasi kini lebih nyaman bagi pengguna. Pasalnya, pengguna iOS 15 kapan pun bisa menerima rangkuman notifikasi yang masuk.

Selain itu, Apple juga akan menyematkan status khusus pada Message ketika pengguna mengaktifkan mode Do Not Distrub. Terdapat juga mode fokus, yang bisa digunakan ketika tengah beraktivitas.

Dengan fitur itu, Apple akan menyesuaikan tampilan notifikasi sesuai dengan aktivitas yang tengah dilakukan.

Weather

Fitur weather dalam iOS 15 kini tampil lebih menarik. Adapun berkat pembaruan yang dihadirkan Apple, fitur itu akan tampil menyesuaikan dengan cuaca pengguna.

Wallet

Apple juga turut menambah dukungan terbaru dalam aplikasi Wallet mereka. Kini, layaknya dompet sungguhan, aplikasi ini bisa menyimpan kartu tertentu. Seperti halnya kunci rumah hingga kartu akses masuk kantor.

Fitur ini dikenal sebagai Identify cards yang mampu memindai berbagai kartu identitas. Apple mengatakan bahwa fitur tersebut juga akan dibekali dengan sistem enkripsi yang aman.

Maps

Apple Maps kini memiliki tata letak yang lebih baru. Petunjuk arah milik Apple kini akan menampilkan navigasi dengan lebih detil di kota-kota tertentu. Navigasi diklaim akan lebih mulus dengan konten 3D dan pengalaman yang solid.

Hadir pula fitur Neaby Transit yang memungkinkan pengguna iOS 15 bernavigasi dengan mudah menggunakan kendaraan umum.

Adapun keseluruhan fitur ini nantinya bisa dinikmati oleh pengguna iPhone 6s ke atas. Dilansir dari Apple.com (8/6), kabarnya preview dari iOS 15 untuk para pengembang sudah mulai tersedia. Namun, khusus untuk iOS 15 versi public beta baru bisa dicicipi oleh pengguna umum mulai bulan depan.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...