Kamis, Desember 8, 2022

5 Hal Tentang Rumor iPhone 14 yang Perlu Kamu Tahu, Lebih Keren dan Gahar!

Techbiz.id – iPhone 14 telah dirumorkan pada 18 April 2022 lalu, di mana cetakan iPhone 14 pertama kali tersebar di media sosial dengan menunjukan ukuran casing dan ukuran bump kamera.

Seiring berjalannya waktu, bocoran iPhone 14 kembali terkuak. Melalui situs media sosial Weibo, panel iPhone 14 Pro Max dan iPhone 14 Pro memiliki pil untuk sensor FaceID, menurut laporan 9to5Mac melalui kanal Twitter.

Apple selama ini menggunakan takik (notch) untuk produk terbarunya pada tahun 2017 hingga sekarang. iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max dikabarkan bakal menghilangkan takik tersebut, dan menggantinya dengan beberapa kombinasi lubang yang menyerupai bentuk pil.

Sayangnya model desain tersebut rupanya hanya akan hadir pada varian tertingginya saja. iPhone 14 dengan banderol terjangkau sepertinya akan terus membawa takik untuk menampung sensor FaceID.

Dilansir dari Macrumors, inilah deretan rumor iPhone 14 yang akan segera hadir.

Rumor iPhone 14

Tanpa Takik dengan Desain Perangkat Keras FaceID Baru (Khusus Pro)

Apple dalam hal ini berupaya menghilangkan takik yang menampung perangkat keras FaceID. Pengguna iPhone semenjak 2017 ternyata mengeluhkan keberadaan takik.

Analis Apple Ming-Chi Kuo mengatakan pada Maret 2021 bahwa model iPhone di tahun 2022 tidak akan memiliki lekukan. Sebaliknya, perusahaan akan mengadopsi gaya desain punch-hole yang telah populer di banyak ponsel Android.

Meskipun model Pro akan mendapatkan pengaturan kamera menghadap ke depan yang berbeda, model standar iPhone 14 akan menampilkan takik biasa dan akan terlihat mirip dengan model iPhone 13.

Desain Rancangan Bodi

Dugaan gambar render yang menggambarkan model iPhone 14 muncul di internet pada bulan Maret lalu. Gambar tersebut memperlihatkan bahwa model terbaru di lini iPhone ini masih terlihat mirip dengan pendahulunya.

Desain cetakan bodi iPhone 14 kembali terkuak melalui sebuah foto yang menggambarkan iPhone 14 series. Foto tersebut menunjukan deretan perangkat terbaru Apple yang akan diproduksi.

Tidak ada iPhone 14 mini, dengan Apple menawarkan dua iPhone 6,1 inci dan dua iPhone 6,7 inci. Seperti yang dikabarkan, tonjolan kamera sekitar lima persen lebih besar, dan kasing yang dirancang untuk model iPhone 13 tidak mungkin cocok dengan model iPhone 14 karena ukurannya yang bertambah.

Teknologi Kamera iPhone 14

Bukan rahasia umum lagi jika racikan kamera pada perangkat iPhone menawarkan hasil jepretan dan perekaman gambar yang bagus.

Semua iPhone 2022 dapat melihat peningkatan pada kamera Ultra Wide , dan model Pro akan melihat peningkatan signifikan pada kamera sudut lebar dan pembaruan pada lensa telefoto. 

Analis Apple Ming-Chi Kuo percaya bahwa model iPhone 2022 Pro akan menampilkan kamera Wide 48 megapiksel , yang akan menjadi peningkatan besar dibandingkan kamera 12 megapiksel saat ini, dan kemampuan merekam video 8K.

Tersemat fitur Pixel Binning yang akan menggabungkan data dari beberapa piksel lebih kecil pada sensor dan menjadi satu untuk meningkatkan sensitivitas cahaya rendah.

Dengan fitur ini, model Pro mungkin dapat mengambil foto 48 megapiksel penuh dalam situasi dengan pencahayaan yang baik, tetapi ketika pencahayaannya buruk, ia akan menggunakan proses pixel binning untuk foto 12 megapiksel berkualitas lebih tinggi yang memanfaatkannya. dari lensa 48 megapiksel.

Chipset A16 Terbaru

Biasanya iPhone model terbaru juga membawadengan chip A-series yang diperbarui. Menurut analis Apple Ming-Chi Kuo, hanya model Pro yang akan mendapatkan chip A16 baru dan lebih cepat.

Kuo mengatakan bahwa iPhone 14 standar masih ditenagai chipset A15 Bionic. Ini bertujuan untuk menandai perbedaan antara versi standar dan versi Pro.

Lebih lanjut lagi, Kuo menambahkan bahwa chip A16 mungkin hanya membawa peningkatan kecil dibanding pendahulunya.

Chip tersebut diharapkan akan dibangun pada proses N5P yang sama dengan yang digunakan untuk chip A15, yang membatasi peningkatan.

Proses fabrikasi N3 dan N4P generasi berikutnya tidak akan tersedia untuk produksi massal hingga tahun 2023.

Pemasok chip Apple TSMC telah mengembangkan proses N4 baru, tetapi Kuo mengatakan bahwa proses tersebut tidak memiliki keunggulan berarti dibandingkan N5P, jadi Apple akan tetap menggunakan N5P untuk A16.

Tidak Ada Slot SIM

Sepertinya varian iPhone 14 tidak akan membawa slot SIM fisik. Apple menggantinya dengan eSIM.

Apple diduga menasihati operator utama AS untuk mempersiapkan peluncuran smartphone khusus eSIM pada tahun 2022, yang menunjukkan beberapa model mungkin yang pertama datang tanpa slot SIM.

Dengan iPhone 13, Apple menyediakan beberapa model tanpa nano-SIM di dalam kotak, dengan paket seluler yang dapat diaktifkan menggunakan eSIM. eSIM memungkinkan paket seluler ditambahkan ke perangkat tanpa menggunakan nano-SIM.

Fungsi eSIM tidak tersedia di semua negara, jadi iPhone yang dijual di beberapa wilayah harus terus menawarkan slot nano-SIM.

Di negara-negara di mana iPhone bebas SIM tersedia, ini mungkin opsional, dengan konsumen masih dapat memilih versi dengan SIM. Ada lebih dari 60 negara yang mendukung eSIM, dengan daftar yang tersedia di situs web Apple.

Kapan iPhone 14 Rilis?

iphone 14 pro max

Merujuk pada peluncuran produk iPhone selama ini, Apple kemungkinan akan merilis iPhone 14 pada September 2022 mendatang. Kondisi ini terpenuhi apabila Apple mengikuti jadwal peluncuran iPhone sebelumnya.

Menurut informasi yang di dapatkan, perangkat ini bakalan terlambat kurang lebih tiga minggu karena pandemi di China.

Rumor menunjukkan bahwa Apple sedang mengevaluasi layar OLED pada 20 Juni untuk bersiap-siap untuk produksi massal. Produksi massal komponen akan dimulai antara Juli dan Agustus , dan pengiriman komponen untuk suku cadang lainnya dimulai pada Juni .

Foxconn meningkatkan perekrutan sebagai persiapan untuk produksi perangkat terbaru dari Apple ini, menawarkan bonus kepada pekerja yang bergabung dengan perusahaan dan bertahan setidaknya selama empat bulan.

Baca Juga:

Disclaimer ON! Artikel ini hanya diperuntukan untuk keperluan informasi (sebatas rumor). Apple secara resmi belum mengonfirmasi terkait seluruh bocoran gambar dan spesifikasi yang beredar di internet.

Terkait

Artikel Terkait

Saham GoTo Anjlok Terus, Telkom Tidak Fokus Capital Gain

Techbiz.id - Menanggapi terus menurinnya harga saham GoTo, Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah ikut menanggapi mengenai nasib investasi Telkomsel...