Minggu, Mei 19, 2024

Ngeri! 8,4 Miliar Password Bocor di Forum Hacker

Techbiz.id – Kebocoran data menjadi masalah yang sangat krusial di era digital. Kini, laporan terbaru bahkan menemukan sebanyak 8,4 miliar password bocor dalam forum hacker.

Sebuah file berupa dokumen teks TXT itu berukuran fantastis, yakni mencapai 100 GB. Password yang berhasil diretas ini didapat dari berbagai akses, diantaranya login Gmail, Facebook, Apple, dan PayPal.

Dilansir dari media keamanan siber CyberNews, Kamis (10/6) aksi pembocoran ini dinamakan ‘RockYou2021’. RockYou merupakan insiden kebocoran data tahun 2009 silam yang menyangkut 32 juta password dibocorkan di forum online.

Di samping itu, pengunggah dalam forum hacker mengklaim bahwa file tersebut berisikan 82 miliar kata kunci. Namun, menurut penelusuran tim CyberNews, hanya ditemukan sebanyak sepersepuluhnya, yakni 8.459.060.239.

Adapun keseluruhan kata sandi yang termasuk dalam kebocoran memiliki panjang 6-20 karakter, dengan karakter non-ASCII dan spasi dihapus. Menariknya, tim keamanan itu juga membandingkan data bocor ini ke Compilation of Many Breaches (COMB). Alhasil, sebanyak 3,2 miliar data password yang bocor ternyata cocok dengan data tersebut.

Lebih lanjut, lantaran jumlah keseluruhan data yang terungkap hampir mencapai 2 kali lipat dari pengguna internet dunia, para pengguna diminta untuk mengecek password masing-masing apakah dirinya termasuk dalam salah satu yang diretas.

Baca juga: Perbarui Kebijakan, TikTok Bakal Kumpulkan Data Biometrik

Pengguna dapat memakai sejumlah layanan online yang tersedia, seperti HaveIBeenPwned. CyberNews juga menyediakan ‘alat’ tersendiri untuk mengecek apakah sebuah password pernah dibocorkan dalam laman resmi mereka.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...