Jumat, April 26, 2024

Hindari Polusi, Cek Kualitas Udara Lewat 4 Aplikasi Android Ini

Techbiz.id – Selama masa Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), tingkat polusi udara terutama di kota besar seperti Jakarta, justru meningkat.

Menurut status Baku Mutu Udara Ambient (BMUA) PM 2,5 di stasiun pemantau kualitas udara (SPKU) milik Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dan kantor Kedubes Amerika Serikat (AS), kandungan polusi udara pada Juli lebih tinggi dibandingkan Juni 2021.

Padahal di tengah pandemi seperti saat ini, kualitas udara sangat lah penting. Pasalnya, polusi udara yang buruk dinilai dapat meningkatkan risiko gejala akibat Covid-19. Terutama bagi mereka yang memiliki penyakit kronik.

Namun, tak perlu khawatir karena Kamu dapat cek kualitas udara lewat aplikasi Android berikut ini:

Aplikasi android untuk cek kualitas udara

1. Info BMKG

Aplikasi cek kualitas udara

Aplikasi besutan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ini juga memiliki fitur untuk memantau kualitas udara di sejumlah wilayah.

Info BMKG Menyajikan informasi kualitas udara di beberapa kota di Indonesia, diantaranya konsentrasi Partikulat Matter (PM10) dan Konsentrasi Partikulat Matter (PM2.5).

Tak hanya itu, aplikasi Android ini juga menampilkan informasi lainnya, mencakup laporan cuaca, Iklim, hingga bencana alam seperti gempabumi yang terjadi di Indonesia. Hingga kini Info BMKG telah diunduh lebih dari 5 juta pengguna.

2. Kualitas Udara

Aplikasi cek kualitas udara

Sesuai dengan namanya Kualitas Udara merupakan aplikasi untuk membantu memantau kualitas udara.

Melalui kualitas udara, Anda dapat memantau kualitas udara tempat Anda berada dan memeriksa aktivitas mana yang tidak disarankan jika terjadi polusi.

Anda juga dapat memeriksa kondisi cuaca dengan sangat akurat dan mencari semua lokasi di dunia untuk melihat kualitas udara secara real time. Fitur yang menarik adalah dapat berbagi foto yang disertai dengan data kualitas udara kepada teman atau mengunggahnya di jejaring sosial.

Jumlah sensor polusi yang terdeteksi oleh Kualitas Udara juga telah ditingkatkan serta menambahkan grafik ramalan harian untuk PM10, PM2.5 dan O3. Aplikasi ini sudah tersedia di Play Store dan mendapat unduhan lebih dari 100.000.

Baca juga: Mau Lomba dari rumah? Ini 5 Game Android Bertema HUT RI yang Patut Dicoba

3. Nafas

Aplikasi cek kualitas udara

Nafas merupakan aplikasi yang dibangun oleh warga Jakarta, dimana dirancang untuk membantu kita semua mengambil 3 langkah sederhana untuk mengelola paparan polusi udara.

Itu dimulai dengan memeriksa tingkat polusi udara, memahami resiko kesehatan hingga mengambil aksi untuk melindungi diri dari bahayanya polusi udara.

Tak hanya di Jakarta, Nafas memiliki jaringan sensor kualitas udara terbesar, lebih dari 50 sensor di Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan dan Bogor.

Menariknya, pengguna dapat menambah beberapa lokasi favorit yang mungkin kerap kali dikunjungi, nantinya Nafas akan memberikan notifikasi ketika kualitas udara di lokasi tersebut memburuk.

4. Air Quality

Aplikasi cek kualitas udara

Layaknya aplikasi untuk memantau kualitas udara, Air Quality juga menyajikan data mengenai kualitas udara sesuai dengan lokasi pengguna.

Nantinya, ketika mengakses aplikasi, Air Quality akan meminta izin lokasi pengguna untuk mengetahui bagaimana kualitas udara di wilayah tersebut.

Data yang ditampilkan juga mudah dimengerti, sehingga pengguna dapat langsung memahaminya. Terdapat beberapa tingkat kualitas udara, mulai dari buruk, sedang hingga bagus.

Bersamaan dengan menampilkan kualitas udara, Air Quality juga menyajikan laporan cuaca di lokasi tersebut.

Hingga kini, Air Quality sudah tersedia di Play Store dan telah diunduh sebanyak 5.000.000 kali oleh pengguna Android.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...