Kamis, September 23, 2021
Beranda Review Gadget Terbaru Review realme Smart TV: Jadi Obat Kangen ke Bioskop

Review realme Smart TV: Jadi Obat Kangen ke Bioskop

Must Read

Huawei Buka Pusat Inovasi 5G di London

Techbiz.id - Huawei mengumumkan diluncurkannya 5G Innovation and Experience Centre di London untuk makin mempererat jalinan kolaborasi antara bisnis dengan inovator...

XL Edukasi Nelayan Subang Manfaatkan Teknologi Digital

Techbiz.id - Agar bisa lebih produktif, baik dalam tangkapan ikan di laut, maupun melalui usaha lain, XL Axiata melakukan...

Mengintip Spesifikasi Redmi Note 10 5G yang Tiba Pekan Ini

Techbiz.id - Xiaomi memastikan Redmi Note 10 5G akan meluncur pada 22 Juli mendatang. Lantas bagaimana spesifikasi Redmi Note...

15 Ribu Redmi 9T Habis pada Penjualan Perdana

Techbiz.id - Xiaomi mengumumkan hasil penjualan perdana Redmi 9T pada 24 Februari di JD.ID dan mi.com yang menjual habis...

Samsung Galaxy Z Fold2 Resmi Meluncur di Pasar Global

Techbiz.id - Smartphone lipat generasi berikutnya, Samsung Galaxy Z Fold2 resmi diluncurkan secara global yang membawa sejumlah peningkatan. Dikemas dengan...

123 Fintech Lending Ditemukan Ilegal

TechBiz - Satgas Waspada Investasi dalam penindakannya kembali menemukan 123 fintech lending ilegal dan 30 usaha gadai yang tidak terdaftar di...

Techbiz.id – Menonton film melalui layanan video streaming menjadi aktivitas yang sering dilakukan masyarakat untuk mencari hiburan selama pandemi. Kebetulan, pada artikel kali ini redaksi akan melakukan review realme Smart TV 4K 50 inci.

TV layar lebar dengan kualitas gambar 4K tentunya akan dapat menunjang aktivitas menikmati hiburan seperti menonton film untuk menggantikan kebiasaan menonton film di bioskop yang sampai saat ini belum dibuka kembali akibat pandemi Covid-19.

Meskipun sensasi dan kesenangannya tidak bisa 100 persen tergantikan, setidaknya menikmati layanan video streaming secara online dengan menggunakan perangkat hiburan yang tepat seperti dapat mengobati kerinduan menonton film-film favorit.

Maka tak salah sepertinya jika realme menawarkan Smart TV Android terbarunya yakni realme Smart TV 4K 50 inci yang mengusung slogan Cinema Experience from Home berbarengan dengan produk AIoT lainnya yang baru saja dihadirkan realme untuk para penggunanya di Indonesia.

Penasaran bagaimana kualitas tayangan yang mampu dihadirkan oleh TV Android terbaru realme ini? Langsung saja kita review realme Smart TV 4K 50 inci ini.

Review realme Smart TV

Review Desain & Layar realme Smart TV

Begitu dibuka dari kardusnya, ukuran TV 50 inci ini sepertinya memang yang dibutuhkan oleh penikmat film untuk bisa mendapatkan hiburan di rumah. Apalagi realme Smart TV 4K ini memiliki desain bezzel-less premium. Menurut realme bezel TV ini memiliki ukuran setipis 2,6 mm yang pastinya hampir tidak terlihat.

Karena bezel yang tipis ini, realme Smart TV 4K memiliki rasio layar sebesar 97,2% sehingga mampu memberikan bidang pandang yang luas untuk menikmati konten video. Dan pastinya dengan kualitas gambar 4K, TV ini dapat memberikan pengalaman menonton yang lebih imersif.

Keseluruhan badan televisi ini memiliki warna hitam solid termasuk dua kaki untuk menopangnya. Kedua kaki TV ini menurut berada pada posisi yang proporsional, tidak terlalu menjorok kedalam sehingga dapat menopang perangkat dengan baik. Meskipun kedua kakinya terlihat sangat ramping tapi saya yakin pabrikan sudah memperhitungkan dengan bobot TV yang ditopangnya sebesar 9,2kg.

Permukaan TV ini sangat minimalis hanya menampilkan bantalan yang berada di bawah layar untuk menampung lampu indikator. Di bagian belakang terdapat tombol power yang berdampingan dengan tombol Bluetooth.

Ke bagian tengah belakang perangkat terdapat beberapa port yang disematkan oleh realme. realme Smart TV 4K dilengkapi dengan beberapa antarmuka dan port. Terdapat tiga buah port HDMI, dua port USB, dua port AV, port tuner, ANT dan LAN serta port untuk output audio. Kabel power berada di sisi satunya berlawanan dengan kompartemen port.

realme Smart TV 4K ini dilengkapi dengan layar LED dengan resolusi yang ditawarkan sebesar 3840 x 2160 untuk kedua sisi yang termasuk dalam kategori resolusi 4K. Dengan kepadatan pixelnya, gambar yang dihasilkannya sangat jernih.

realme Smart TV 4K ini menurut spesifikasi yang diterima, menawarkan 1,07 miliar warna dan memiliki gamut warna ultra lebar yang belum pernah ada sebelumnya, hingga 83% NTSC dan 90% DCI-P3. Memberikan gambar dengan lebih banyak warna dan lebih detail untuk pengguna.

Terdapat juga tujuh mode tampilan layar, yaitu; Vivid, Sport, Movie, Game, Energy Saving, User. Mode ini dapat disesuaikan dengan situasi penggunaan yang berbeda dan jenis program TV yang berbeda. Dengan sudut pandang hingga 178°, menonton televisi dari sisi manapun masih dapat terlihat dengan jelas dan kualitas warna serta gambar tidak akan terpengaruh. Jadi TV ini sangat cocok untuk menonton TV bersama.

Audio

Secara spesifikasi, TV Android terbaru realme ini dilengkapi dengan dua set speaker yang terletak di bagian bawah. Setiap set terdiri dari satu speaker full-range dan satu tweeter. Total daya keempat speaker ini adalah 24W, yang jelas lebih bertenaga dibandingkan kompetitor lainnya.

Speaker full-range menggunakan tepi karet dengan bahan komposit, desain struktur speaker dinamis yang dapat sepenuhnya memperluas frekuensi bass, dan memperjelas vokal alami.

Sementara itu, Tweeter pada speaker ini menggunakan film sutra dan desain struktur speaker penggerak piezoelektrik yang dapat sepenuhnya memperluas lebar frekuensi tinggi dengan menggunakan desain two-tone sound box untuk lebih meningkatkan potensi frekuensi rendah.

Kedua set speaker yang ditempatkan secara simetris ini membuat transisi suara terdengar jelas sehingga menjadi lebih realistis.

Berkat tweeter independen dan speaker full range canggih, realme Smart TV dapat mereproduksi suara dengan tepat dari 148Hz hingga 20.000 Hz, yang mana hampir mencakup semua frekuensi yang dapat didengar manusia.

Sebaliknya, pesaing hanya dapat menghasilkan suara yang sangat terbatas dari 228.1Hz hingga 11292.1 Hz. realme Smart TV 4K memiliki rentang respons frekuensi yang lebih luas dan memiliki keunggulan mutlak pada pita frekuensi rendah dan tinggi.

Untuk kualitas audionya realme memberikan peningkatan dari seri sebelumnya, TV ini dilengkapi dengan teknologi Dolby Atmos yang mampu memperluas sistem suara surround yang ada dengan menambahkan saluran ketinggian, memungkinkan suara ditafsirkan sebagai objek tiga dimensi. Selain itu terdapat juga DTS Sound System yang merupakan format audio home theater popular.

Dengan adanya speaker full range dan tweeter serta teknologi suara yang disematkan realme, suara yang dihasilkan realme Smart TV 4K ini menurut saya cukup bagus, suara dentuman layaknya di bioskop masih bisa dinikmati dengan nyaman.

Ketika volume suaranya dinaikkan hingga ke batas maksimum, suara yang dihasilkan tidak mengganngu telinga dan tidak pecah dengan suara bass yang cukup.

Untuk menambah keseruan suara saat menonton film menggunakan TV Android realme ini kita bisa menyambungkannya dengan Bluetooth speaker yang memiliki karakter suara sesuai dengan yang diinginkan. Cukup menyalakan tombol Bluetooth yang ada di bagian belakang bawah TV untuk menyambungkannya.

Pengoperasian

review realme Smart TV

realme Smart TV 4K ini menggunakan system operasi Android 10. Karena ini merupakan TV Android, maka sebelum digunakan perangkat harus di-setting terlebih dahulu layaknya sebuah smartphone. Caranya juga mirip-mirip Ketika kita menggunakan smartphone baru.

TV ini juga dilengkapi dengan Asisten Google untuk mengontrol Android TV dengan suara pengguna, mengontrol perangkat pintar lainnya yang terkoneksi dengan akun Google, atau mencari berbagai informasi.

realme juga menyematkan Chromecast built-in pada perangkat TV ini yang dapat sinkronisasi program video online dari smartphone pengguna, film, TV, musik, dan konten lainnya untuk ditonton di TV. Pada saat yang sama, pengguna juga dapat berbagi foto dan video yang diambil dar ponsel.

Untuk memudahkan pengoperasian, realme menyediakan remote control yang memiliki desain ergonomis tanpa ada banyak tombol. Remote ini dirancang dengan 4 hotkey untuk mengakses langsung tiga platform berbeda. Ada tiga tombol pintasan yang akan langsung mengarahkan ke Youtube, Netflix dan Prime Video. Sedangkan tombol pintas keempat dapat mengarahkan pengguna ke Google Assistant.

Mengenai kinerja TV ini realme Smart TV 4K dilengkapi prosesor 4K UHD dari MediaTek dengan arsitektur quad-core 64-bit, CPU ARM Cortex A53 1,5GHz, dan GPU Mali G52 baru serta RAM 2GB dengan ROM Flash 16GB. Dengan komposisi dapur pacu tersebut, peralihan dari satu aplikasi ke aplikasi lain dapat berlangsung dengan lancar.

Opini pengguna

Mengutamakan konsep home cinema for family dengan spesifikasi yang diusungnya, berdasarkan hasil review saya, realme Smart TV 4K ini mampu meberikan pengalaman home cinema di rumah dengan suara dan gambar yang culkup berkualitas dan dapat menghibur selama masa pandemi. Dengan harga dan spesifikasi yang ditawarkan, realme Smart TV 4K ini menjadi smart tv paling worthy di kelasnya.

Baca juga: Review realme Watch 2 Series: Smartwatch yang Dibutuhkan Anak Muda

Menikmati hiburan film menggunakan realme Smart TV 4K ini akan semakin lengkap jika ruangan di rumah juga terdapat realme Air Purifier yang mampu membersihkan udara di ruangan. Dilengkapi dengan sensor kualitas udara dengan presisi tinggi, realme Air Purifier secara akurat dapat mendeteksi konsentrasi PM2.5. Terdapat indikator cahaya yang berubah warna tergantung pada kualitas udara, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengawasi bagaimana kondisi udara di ruangan.

Filter H12 HEPA yang dimilikinya mampu mengikat setidaknya 99,5% partikel udara dengan diameter 0,3 mikron. Dengan demikian filter tersebut dapat menghilangkan partikel kecil di udara dengan efektivitas 99,95%, menurut data dari lab realme.

Tidak perlu ke bioskop, cukup di rumah menikmati hiburan melalui realme Smart TV dengan udara ruangan yang bersih berkat realme Air Purifier akan membuat Kesehatan jiwa dan raga kita terjaga.

Dapatkan realme Smart TV 4K 50 inci dan realme Air Purifier di JD.ID selama periode penawaran guna mendapatkan harga miring. Khusus untuk realme Fans yang tergabung dalam realme Community bisa mendapatkan potongan harga Rp 100K dengan kode voucher REALME100.

Terkait

Artikel Terkait

Terbaru

McAfee Tawarkan Zero Trust Network Access Gantikan VPN

Techbiz.id - McAfee Enterprise mengumumkan ketersediaan solusi keamanan siber berbasis Zero Trust Network Access yang mampu menggeser teknologi VPN...