Selasa, April 23, 2024

Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi

Techbiz.id – WhatsApp saat ini merupakan aplikasi yang sangat lekat dengan aktivitas sehari-hari. Bahkan, aplikasi perpesanan milik Facebook ini sudah menjadi hal wajib bagi setiap smartphone.

Hal itu tentunya tak terlepas dari fitur-fitur yang ada di dalam WhatsApp. Dengan ini, pengguna bisa saling berkirim pesan, gambar, video hingga dokumen-dokumen penting.

Bahkan, kini WhatsApp juga menghadirkan fitur penghapus pesan. Apabila pengguna merasa salah kirim pesan kepada pengguna lain, atau salah mengetik, maka bisa memanfaatkan fitur tersebut.

Namun, sisi lainnya, sang penerima pesan sering kali penasaran dengan pesan yang sudah dihapus tersebut. Tahukah kamu ada cara untuk melihat pesan Whatsapp yang sudah dihapus ini?

Menariknya, langkah tersebut bisa kamu lakukan tanpa aplikasi lain. Ya, hanya dengan memanfaatkan fitur yang sudah ada di dalam WhatsApp untuk memulihkan obrolan tersebut. Penasaran? Simak selengkapnya disini

Cara melihat pesan Whatsapp yang sudah dihapus tanpa aplikasi

  1. Cadangkan Pesan

WhatsApp memiliki fitur cadangkan pesan yang bisa kamu manfaatkan untuk melihat isi pesan yang telah dihapus.

Fitur ini dapat ditemukan pada menu Settings> chat> cadangan chat, lalu tentukan waktu yang ingin kamu pilih untuk mencadangkan pesan.

Baca juga: Cara Memindahkan WhatsApp dari Perangkat iOS ke Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3

Jika kamu memilih opsi Hanya saat mengetuk ‘Cadangkan’ saja, berarti kamu akan menggunakan fitur ini secara manual. Pencadangan pesan bisa dipilih dengan atau tanpa media, seperti foto, video atau file dokumen lainnya.

Namun, disarankan untuk melakukan pencadangan obrolan hanya ketika tersambung dengan WiFi, tentunya demi menghemat kuota internet kamu.

  1. Ekspor Chat

Selain mencadangkan pesan, kamu juga bisa memanfaatkan fitur WhatsApp lainnya, seperti Ekspor Chat.

Namun, kamu harus melakukannya beberapa kali, karena fitur ekspor chat hanya bisa dilakukan untuk satu riwayat chat pengguna.

Perlu diketahui juga, pesan yang nantinya diekspor akan tampil dalam bentuk format.txt. Cara kerjanya, silahkan buka menu Settings pada WhatsApp.

Baca juga: Cara Kirim Foto dan Video Sekali Lihat di WhatsApp

Kemudian ketuk Chat> Riwayat Chat, lalu pilih Ekspor Chat dan ketuk kontak yang ingin dicadangkan pesannya.

Kamu juga dapat memilih untuk menyertakan Media atau tidak. Jika sudah, WhatsApp akan memberikan opsi penyimpanan pada Google Drive atau email untuk nantinya mengirim hasil ekspor pesan kamu.

  1. Uninstall lalu Install kembali

Langkah terakhir yang terbilang agak ekstrim kali ini adalah dengan cara menghapus aplikasi WhatsApp.

Berbeda dengan menghapus akun, kamu perlu menghapus aplikasi alias uninstall aplikasi dari perangkat kamu.

Caranya hanya tinggal mengetuk dan menahan aplikasi WhatsApp hingga muncul pop-up ‘hapus instalasi’, lalu opsi tersebut.

Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp Web di Android

Tak berhenti disitu, kamu harus mengunduh kembali aplikasi WhatsApp dan silahkan login kembali. Sebelum itu, saat login kamu bisa mengetuk opsi ‘restore’ untuk mengembalikan semua obrolan WhatsApp kamu.

Pastikan, kamu login pada perangkat yang sama dengan sebelumnya, sehingga data-data kamu akan tetap ada.

Itulah tadi cara kamu untuk memulihkan kembali pesan yang sudah dihapus. Mudah bukan? Selamat mencoba.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...