Rabu, Desember 8, 2021
BerandaDevicesChipset Pentonic 2000, Berikan Performa Mumpuni TV Pintar 8K

Chipset Pentonic 2000, Berikan Performa Mumpuni TV Pintar 8K

Must Read

Techbiz.id – Chipset TV pintar (Smart TV) Pentonic 2000 dihadirkan MediaTek melengkapi jajaran seri keluarga TV pintar Pentonic yang diyakini akan memberi daya pada TV 8K kelas flagship generasi berikutnya.

Chipset seri TV pintar MediaTek Pentonic ini dibangun di atas inovasi teknologi yaitu layar, audio, AI, penyiaran, dan konektivitas. Saat ini MediaTek mendukung lebih dari dua miliar TV di pasar global.

Menurut Corporate Vice President dan General Manager Divisi Smart Home Business Group di MediaTek, Mike Chang, pengenalan merek Pentonic ini melanjutkan warisan kami dalam hal terus mendorong Batasan-batasan inovasi di pasar TV pintar. Disampaikan Mike, MediaTek sendiri telah membangun keahlian multimedianya selama dua dekade terakhir dan sekarang menjadi penyedia chipset No. 1 untuk TV pintar.

“Chip Pentonic 2000 baru dirancang dengan semua fitur unggulan yang dinginkan konsumen – mulai dari tampilan dan teknologi audio terbaru hingga kecepatan refresh super cepat, kemampuan AI yang kuat, fitur picture-in-picture streaming, dan masih banyak lagi,” ujarnya.

Baca juga: Mengenal MediaTek Dimensity 920 yang Tersemat di Redmi Note 11 Series

Pentonic 2000 adalah chip TV komersial pertama di dunia yang diproduksi menggunakan proses N7 (kelas 7nm) TSMC, memberikan kinerja dan efisiensi daya yang tak tertandingi. Chip all-in-one ini mendukung tampilan 8K 120Hz, dan bahkan dapat mendukung 144Hz untuk perangkat keras PC gaming dan konsol generasi kesembilan.

Chip dengan performa tinggi MediaTek APU (prosesor AI) mendukung teknologi 8K AI-Super Resolution baru dari MediaTek yang secara cerdas meningkatkan konten beresolusi lebih rendah ke resolusi asli layar, sekaligus melakukan peningkatan kualitas gambar secara real-time.

Dengan teknologi Intelligent View produksi MediaTek, chip ini mendukung fitur picture-in-picture (PiP) atau picture-by-picture (PbP) memungkinkan layar resolusi 8K yang besar menampilkan dinding layar dari sumber media berbeda dalam satu panel. Ini berarti bahwa konsumen dapat membuka beberapa aplikasi dan streaming dari sumber yang berbeda secara bersamaan.

Selain itu, teknologi Intelligent View tidak hanya memastikan video di setiap jendela selalu ditampilkan dengan mulus – bahkan ketika ukuran jendela atau tata letak tampilan berubah – tetapi juga memberikan tingkat kualitas gambar yang sama di setiap jendela untuk memastikan pengalaman menonton terbaik.

Di dalam chip tersebut terdapat CPU dan GPU tercepat di industri TV, yang didukung oleh memory bus yang sangat lebar dan penyimpanan UFS 3.1 yang sangat cepat. MediaTek Wi-Fi 6E atau bahkan modem seluler 5G dapat ditambahkan oleh produsen perangkat untuk menyediakan konektivitas internet nirkabel tercepat untuk media streaming 8K, atau hingga beberapa sumber streaming yang ditampilkan sekaligus.

Baca juga:

Pentonic 2000 adalah chip TV 8K komersial pertama dengan dukungan media Versatile Video Coding (VVC) H.266, yang menawarkan peningkatan efisiensi kompresi – sesuatu yang penting untuk era streaming saat ini.

Pentonic 2000 mendukung teknologi pencitraan dan audio terbaru dari Dolby untuk memberikan sinematik terbaik pengalaman dalam Dolby Vision dan Dolby Atmos. Selain itu, chip ini mendukung AV1 untuk layanan streaming dan semua standar siaran TV global termasuk ATSC 3.0 terbaru.

Chipset ini akan memberi daya pada TV 8K kelas unggulan generasi berikutnya yang diperkirakan akan diluncurkan di pasar global pada tahun 2022.

Terkait

Artikel Terkait

Daftar Paket Internet Indosat Terbaru, Masih Murah!

Techbiz.id - Seperti biasanya, Redaksi Techbiz kembali membagikan daftar paket internet Indosat terbaru. Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, harga paket...