Selasa, September 27, 2022

Facebook Gulirkan Satu Set Fitur untuk Perangi Hoaks

Techbiz.id – Platform media sosial memang kerap kali menjadi salah satu wadah tersebarnya misinformasi alias hoaks. Hingga akhirnya, Facebook kembali mengambil langkah khusus untuk memerangi hoaks dari platform miliknya dengan meluncurkan fitur baru.

Facebook mengumumkan bahwa mereka telah mencoba mencegah penyebaran informasi yang salah dengan meluncurkan seperangkat fitur baru untuk admin grup.

Fitur baru ini tidak hanya dimaksudkan untuk mengidentifikasi hoaks, tetapi juga akan membantu mengurangi beban kerja admin Facebook, sehingga, membuatnya lebih efisien saat mengelola grup.

Fitur hoaks Facebook

Adapun fitur pertama dan terpenting yang diperkenalkan minggu ini adalah kemampuan melalui Admin Assist untuk secara otomatis menolak posting masuk yang berisi informasi palsu.

Kedua, fungsi “mute” telah lebih ditingkatkan dan diganti namanya menjadi “suspend”, sehingga admin dan moderator kini dapat menangguhkan sementara anggota grup.

Misalnya, menangguhkan mereka dari memposting, berkomentar, bereaksi, berpartisipasi dalam obrolan grup, dan membuat atau memasuki Ruang dalam grup, bukan hanya sekedar membisukan seperti biasanya.

Lalu, untuk membantu admin mengelola grup mereka dengan lebih mudah, Facebook menambahkan fitur baru yang memungkinkan mereka untuk secara otomatis menyetujui atau menolak permintaan anggota, berdasarkan kriteria tertentu.

Selain itu, desain ‘Beranda’ admin telah diperbarui dengan halaman baru di desktop, tata letak baru, dan ringkasan wawasan di seluler.

Baca juga: Rusia Kini Blokir Facebook dan Twitter

Selanjutnya, Facebook mengumumkan telah menambahkan dukungan kode QR, yang memungkinkan admin mengunduh atau menyalin dari menu Bagikan dan mengiklankan grup mereka.

Saat dipindai, nantinya orang akan diarahkan ke permainan Tentang grup tempat mereka dapat bergabung atau meminta untuk bergabung.

Akan ada juga, opsi baru bagi admin untuk mengirim undangan melalui email, dimana bisa mengundang orang untuk bergabung dengan grup mereka, seperti dilansir dari Phone Arena, Kamis (10/2/2022).

Terkait

Artikel Terkait

Gigabyte Tawarkan Kartu Grafis AORUS Berbasis GeForce RTX 40 Series

Techbiz.id - Gigabyte meluncurkan kartu grafis AORUS lini teratasnya dengan desain yang di tingkatkan dan fitur yang semakin baik,...