Jumat, Oktober 7, 2022

Review realme 9 4G: Terjangkau dengan Peningkatan Kamera

Techbiz.id – Kali ini redaksi Techbiz Indonesia kembali melakukan review smartphone terbaru dari realme yakni realme 9 4G.

Sesuai namanya, smartphone terbaru realme ini masih menusung teknologi jaringan 4G. Berbeda dengan seri realme 9 lainnya yang sudah lebih dulu dihadirkan di Tanah Air dengan mengadopsi teknologi 5G.

Meski menjadi varian terendah, smartphone ini masih mengusung beberapa fitur yang terdapat di seri realme 9 lainnya.

Seperti apa hasil review realme 9 4G ini kami tuangkan di dalam artikel ini:

Review realme 9 4G

Desain dan Layar

Perangkat ini mempunyai desain yang cukup compact dengan bobot ringan hanya seberat 178g saja serta memiliki ketebalan hanya 7.99mm.

realme 9 juga dibekali dengan bentang layar berukuran 6,4 inci yang membuatnya ramping dan lumayan nyaman ketika digenggam.

Tubuh bagian belakang smartphone ini memiliki tekstur yang menurut realme terinspirasi oleh cahaya dari gurun. Jadi ketika pantulan cahaya matahari menyinari bodi belakang, maka warna realme 9 akan berubah. Bias cahaya dan bayangan di tangan, mampu menampilkan efek ombak pada bodi smartphone ini berkat dynamic 3D ripple texture yang diciptakan melalui proses Plasma Atom-coating dan UV-Nano Imprinting.

realme 9 dibekali layar Super AMOLED dengan refresh rate 90Hz. Kombinasi tersebut membuat pengalaman menonton video dan bermain game semakin memuaskan. Selain itu, 360Hz touch sample rate membuat sentuhan dan pergeseran di layar semakin halus.

Layar realme 9 4G ini juga dilengkapi teknologi 10240-level brightness auto adjustment yang dapat menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan kondisi pencahayaan di sekitar. Sehingga pengguna dapat menatap layar dengan lebih nyaman, meski dalam waktu lama.

Review Kamera realme 9 4G

Sektor kamera menjadi salah satu fitur unggulan yang ditawarkan realme bagi pengguna setianya.

realme 9 menghadirkan fitur 108MP Triple Camera yang terdiri dari kamera utama 108MP dengan dukungan sensor Samsung ISOCELL HM6, lensa super-wide, dan lensa makro.

Baca Juga: Review realme 9i: Android Rp 2 jutaan dengan 33W DartCharge dan Baterai Efisien

Sensor pada kamera utama realme 9 4G ini menggunakan teknologi baru 9 in 1 yang diberinama Nonapixel Plus. Tidak seperti teknologi 3-average tradisional HM2, teknologi ini benar-benar menggabungkan 9 piksel menjadi satu.

Dengan begitu, mampu menghasilkan sensitivitas cahaya low-dark light dan fitur noise control capability telah ditingkatkan sehingga menciptakan performa maksimal untuk pemotretan malam hari. Berkat dukungan smart ISO, kecerahan maksimum sensor HM6 meningkat 1,6 kali dalam kondisi minim cahaya.

Kameranya juga dilengkapi dengan PDAF, yang memiliki tingkat akurasi focus 9 kali lebih tinggi dari HM2. Dengan fitur tersebut, mampu membuat fokus lebih cepat dan mempermudah pengambilan foto untuk hasil yang lebih jelas dan detail.

realme 9 menggunakan teknologi ultra-zoom dalam sensor sensor HM6 untuk mengambil foto setara dengan foto yang diambil dengan 3X optical zoom. Dengan penggabungan algoritma mampu membuat hasil foto yang jika diperbesar masih terlihat lebih jelas dan detail.

realme juga masih menghadirkan fitur street photography Mode 2.0 di perangkat ini yang diklaim merupakan fitur favorit realme Fans. Fitur Street Photography Mode 2.0 ini mendapat pembaruan seperti filter Peak & Zoom dan Pop 90-an.

Performa

Untuk urusan performa, dapur pacu realme 9 ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 680 dengan proses fabrikasi 6nm yang tercanggih di kelasnya. Dengan chip Qualcomm 4G baru, sanggup meningkatkan performa smartphone ketika bermain game dan kegiatan lainnya.

Prosesor Snapdragon 680 ini menawarkan peningkatan kinerja CPU sebesar 25% dan peningkatan kinerja GPU sebesar 10%. Kinerja AI juga berhasil ditingkatkan sebanyak 25%.

Skor AnTuTu yang berhasil didapat realme 9 4G ini mencapai skor sebesar 285.893

Sebagai sumber energinya, realme 9 ditunjang baterai besar berkapasitas 5000mAh yang mampu memenuhi aktivitas harian. Dengan baterai besar berkapasitas 5000mAh ditambah fitur 33W Dart Charge, daya smartphone dapat terisi penuh 50% hanya dalam waktu 31 menit.

Berkat kapasitas baterai besar 5000mAh, realme 9 bisa dipakai dalam mode standby selama kurang lebih 48 hari. Ketika digunakan untuk melakukan panggilan telpon, realme 9 sanggup bertahan hingga 48 jam dan 18 jam untuk video.

Untuk pengoperasiannya, perangkat ini menggunakan sistem operasi realme UI 3.0 berbasis Android 12 dengan tampilan baru yang menyegarkan dengan desain Fluid Space dan Sketchpad AOD.

Sistem operasi ini juga mengusung sederet fitur baru untuk membantu melindungi privasi penggunanya, dan peningkatan di seluruh sistem untuk membuat smartphone jadi lebih cepat dan lebih lancar dari sebelumnya.

Fitur lain

realme 9 dilengkapi dengan In-display fingerprint (Sensor sidik jari di dalam layar) yang mampu membuka kunci smartphone dengan sangat cepat. Saat ini ada delapan jenis animasi pembuka kunci smartphone, yang akan terus ditambahkan selanjutnya.

Sensor sidik jari dalam layar pada realme 9 juga terintegrasi dengan deteksi detak jantung yang 98% hasilnya akurat. Namun dengan catatan, bahwa deteksi detak jantung ini bukanlah alat medis yang dapat mendiagnosa lebih lanjut namun hanya sebagai referensi.

Terkait

Artikel Terkait

BAKTI Targetkan Bangun 7.000 BTS 4G Hingga 2024

Techbiz.id - Meskipun memiliki tantangan yang cukup berat, hingga tahun 2024 mendatang Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Indonesia (BAKTI) Kominfo optimis...