Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaReview Gadget TerbaruReview realme 9i: Android Rp 2 jutaan dengan 33W DartCharge dan Baterai...

Review realme 9i: Android Rp 2 jutaan dengan 33W DartCharge dan Baterai Efisien

realme 9i memberikan performa dan durabilitas yang pas untuk pengguna padat aktivitas. Adanya kecepatan pengisian 33W dan dukungan baterai 5000mAh.

Must Read

Techbiz.id – realme kembali menghadirkan smartphone terbarunya di kisaran harga Rp2 jutaan dengan menawarkan realme 9i. Perangkat dari number series milik realme ini menawarkan daya yang powerful.

Bermain di kelas hp 2 jutaan, realme 9i ini membawa sejumlah spesifikasi yang pertama di kelasnya.

Beberapa keunggulan seperti baterai besar dengan pengisian daya 33W Dart Charge, kamera Nightscape 50MP, serta Adaptive Ultra-Smooth 90Hz Display dan dual stereo speaker ditawarkan realme pada perangkatnya ini.

Bagaimana dengan spesifikasi dan keunggulan lain yang ditawarkan, simak ulasan review realme 9i berikut ini:

Review realme 9i

Desain & Layar

realme 9i review

Tren desain menarik dan stylish masih dilanjutkan realme pada perangkat realme 9i dengan menghadirkan Stereo Prism Design pertama.

Desain ini memberikan efek dinamis dari transformasi cahaya dan bayangan tiga dimensi. Terdapat dua pilihan warna yang ditawarkan yakni Prism Blue dan Prism Black.

Dalam memproduksi bodi perangkatnya ini realme menyebutkan menggunakan mengadopsi pemesinan presisi CNC 5-axis, dan setiap pemesinan membutuhkan waktu 96 jam, desain unik dari desain pemrosesan tepi dan sudut yang tidak sama.

Walhasil, cetakan tekstur memiliki lebih dari 3000 kombinasi garis seperti prisma. Sudut dan kedalaman setiap garis pun berbeda.

Tekstur prismatik dalam cahaya menunjukkan ritme seperti warna dan menawarkan nuansa visual “cahaya dalam gerakan”. Namun sayang, desain bodi belakangnya mudah meninggalkan jejak sidik jari.

Untuk dimensi perangkatnya, smartphone realme 9i ini lebih tipis dan lebih ringan dari seri angka sebelumnya. Bobot yang ditawarkan hanya 190 gram saja dengan tingkat ketebalan hanya 8.4mm.

Penempatan tombol fungsionalnya masih sama dengan adanya tombol power yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari di sisi kanan smartphone. Sementara di sisi kiri terdapat tombol volume rocker. Slot SIM Card dan penyimpanan eksternal berada di sisi yang sama.

Di bagian bawahnya terdapat port USB Type-C dan lubang mikro untuk speaker. realme jug masih menyertakan lubang audio jack 3,5mm.

Untuk layarnya realme 9i mengusung layar FHD+ berukuran 6.6 inci dengan rasio 90,8% screen-to-body yang membuatnya mampu memberikan tampilan maksimal.

realme juga menyematkan teknologi lima tingkat refresh rate dengan maksimal refresh rate 90Hz untuk pengalaman yang mulus dan juga hemat daya.

Layar realme 9i dapat berubah dari 480 nits menjadi 1 nit. Meski di malam hari, mata pun bisa tetap nyaman saat menggunakan ponsel.

Kamera realme 9i

kamera realme 9i

Meskipun mengunggulkan daya baterainya, kualitas kamera realme 9i cukup saya sukai hasil gambarnya.

Smartphone dengan harga terjangkau dan tersedia di hampir seluruh realme Official Stores online ini rupanya dapat menghasilkan hasil jepretan yang layak untuk diacungi jempol.

Konfigurasi kameranya terdiri dari kamera utama ultra HD 50MP, lensa potret 2MP serta lensa makro ultra-close 4CM untuk menjelajahi dunia mikroskopis.

realme 9i dapat menghasilkan gambar yang jernih dan detail yang pas ketika mengambil gambar dalam kondisi cahaya yang cukup.

Efek blur yang dihasilkan pun tidak terlalu berlebihan pada mode potret, detail yang cukup baik, dynamic range yang bagus serta saturasi yang tidak norak.

Namun demikian pada mode malam, menurut saya kemampuan kameranya harus ditingkatkan lagi.

Untuk urusan foto selfie, kamera depan beresolusi 16MP dengan sensor Sony IMX 471 mampu bekerja dengan sangat baik.

Hasil fotonya bisa dilihat di sini ya:

Review Performa realme 9i

Untuk mendukung performa perangkatnya, realme 9i menggunakan prosesor Snapdragon 680 mengadopsi proses produksi 6nm yang canggih.

Penggunaan prosesor Snapdragon 680 ini menjadikan realme 9i sebagai smartphone pertama di segmennya yang menggunakan prosesor tersebut.

Prosesor Snapdragon 680 ini memiliki peningkatan 25% dalam performa CPU sehingga menjalankan aplikasi lebih lancar, membuka aplikasi lebih cepat, dan pemuatan halaman lebih cepat jika dibandingkan dengan prosesor Snapdragon 662 generasi terakhir.

Baca Juga: Review realme C35: Gaya Nggak Perlu Mahal

Performa GPU juga meningkat 10%, serta pengalaman bermain game menjadi lebih lancar, lag lebih sedikit berkat prosesor Snapdragon seri 600 terbaru dari Qualcomm tersebut.

Pengukuran performa menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, realme 9i ini mampu menghasilkan skor 224133.

antutu benchmark realme 9i

realme mengkombinasikan prosesor Snapdragon 680 dengan kapasitas RAM sebesar 4GB dan penyimpanan internal seluas 64GB. Tersedia pilihan RAM 6GB dan ROM 128 GB.

Kapasitas RAM tersebut masih bisa diekspansi dengan teknologi DRE yang disematkan pada realme 9i untuk mengatasi turunnya performa yang disebabkan oleh kurangnya memori pada ponsel.

Teknologi DRE ini mengubah ROM menjadi RAM virtual untuk memperluas RAM hingga 5GB.

Selain mendukung virtual memori, realme 9i juga dapat menyematkan memori tambahan hingga 1TB.

Digunakan untuk bermain (MLBB) settingan grafis terbuka di frame rate tinggi yang cukup stabil dengan grafik ultra.

mobile legends realme 9i

Kinerja perangkatnya didukung baterai sebesar 5000mAh yang disematkan realme pada perangkat realme 9i. Dibandingkan dengan baterai realme 8i berkapasitas 5000mAh yang sama, masa pakai baterai realme 9i meningkat sebesar 46%. Hal ini tentunya berkat prosesor dengan fabrikasi 6nm

Kapasitas baterai yang besar tersebut juga dilengkapi dengan pengisian daya cepat 33W Dart Charge yang mampu mengisi daya ponsel hingga 100% dalam 70 menit.

realme 9i Dart Charge memiliki proteksi pengisian lima inti, termasuk proteksi Overcharge, proteksi Over-voltage, proteksi Over-temperature, dan Extreme case protection, yang dapat secara ketat memantau setiap tahap proses pengisian daya.

Berdasarkan pengukuran, baterai realme 9i mampu bertahan 995 jam pada posisi standby, 48,4 jam panggilan telepon, 20,7 jam Whatsapp, dan 116,3 jam mendengarkan musik.

Fitur lain

Untuk menikmati hiburan baik musik atau video, realme 9i dilengkapi dengan speaker Dual Stereo berdefinisi tinggi.

Speaker stereo tersebut mampu memberikan pengalaman suara berkualitas tinggi yang juga mendukung sertifikasi ganda Hi-Res.

Suara yang dikeluarkan dari perangkat ini cukup nyaring tapi “bulat” sehingga tidak membikin telinga sakit dengan dentuman suara bas yang cukup. 

Kesimpulan Penggunaan

Dengan mengusung slogan Level Up The Power, realme 9i dengan baterai besar ini sangat bisa direkomendasikan menjadi perangkat harian. Terutama untuk pengguna yang aktif dan padat aktivitas.

unboxing realme 9i

Perangkat ini mampu bertahan seharian dengan penggunaan harian normal untuk mengakses aplikasi seperti media sosial, hiburan online maupun mengakses portal berita seperti Techbiz Indonesia.

realme 9i ini pun cukup nyaman digenggam, dan tentunya desain yang bikin pede buat diajak nongkrong. Eksis di media sosial juga menjadi semakin mudah dengan kemampuan kamera yang ditawarkan oleh realme 9i. 

Smartphone perkasa dua jutaan yang meluncur bulan Mei ini tersedia di realme Official Stores di Shopee, Lazada, JD.ID, akulaku dan website realme.com. Nantikan program flash sale pada 28 Mei 2022 untuk mendapatkan harga promo.

Sekian review realme 9i semoga dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk membeli perangkat ini.

OVERVIEW

Desain
Performa
Kamera
Baterai
Kecepatan Charge

KESIMPULAN

realme 9i memberikan performa dan durabilitas yang pas untuk pengguna padat aktivitas. Adanya kecepatan pengisian 33W dan dukungan baterai 5000mAh. Selain itu, realme 9i juga memberikan pengalaman fotografi yang cukup bagus untuk segmen harga Rp 2 jutaan.

Terkait

Artikel Terkait

Cara Bikin NGL Link di Instagram Stories, Wajib Coba!

Techbiz.id - Baru-baru ini warganet ramai dengan tren NGL: anonymous q&a atau biasa disebut NGL Link di Instagram Stories....
Review realme 9i: Android Rp 2 jutaan dengan 33W DartCharge dan Baterai Efisienrealme 9i memberikan performa dan durabilitas yang pas untuk pengguna padat aktivitas. Adanya kecepatan pengisian 33W dan dukungan baterai 5000mAh. Selain itu, realme 9i juga memberikan pengalaman fotografi yang cukup bagus untuk segmen harga Rp 2 jutaan.