Minggu, Juni 26, 2022
BerandaDevicesWah! Samsung Pamer Hasil Kamera dengan Resolusi 200 MP

Wah! Samsung Pamer Hasil Kamera dengan Resolusi 200 MP

Must Read

Techbiz.id – Sensor kamera 200 MP Samsung memang telah diperkenalkan sejak tahun 2021 lalu. Namun kini, perusahaan baru saja memamerkan hasil kamera dengan resolusi tinggi tersebut.

Tim solusi sensor perusahaan bekerja keras untuk mengembangkan sensor 200MP, dimana saat ini masih dalam tahap pengembangan. Meski demikian, pihaknya berusaha untuk menunjukkan bagaimana sensor ISOCELL 200 MP bekerja dalam memotret dengan hasil yang detail dan tajam.

Dalam video demonstrasinya, Samsung kali ini memilih kucing sebagai subjek foto. Mereka menilai ini menjadi tantangan tersendiri karena kucing-kucing itu tidak bisa hanya diam saja.

Tantangan selanjutnya adalah, foto yang sudah diambil nantinya akan dicetak dengan ukuran mencapai 28 meter x 22 meter atau setara dengan 1,5 kali ukuran lapangan basket.

“Saya selalu membayangkan seberapa besar Anda bisa mencetak gambar 200 MP,” kata engineer dari tim System LSI Business Samsung Lee Minhyuk, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Jumat (27/5/2022).

Sebagai permulaan, Samsung belum memasangkan sensor tersebut ke dalam ponsel. Adapun penggantinya, Samsung membuat rig khusus yang terdiri dari layar eksternal dan test board untuk menanam sensor kamera 200 MP.

Pertama-tama, fotografer memeriksa layar dan menyesuaikan komposisinya. Kemudian, para teknisi memodifikasi pengaturan untuk mengoptimalkan eksposur dan fokus.

“Setelah mengamati gerakan kucing, kru film kemudian menggunakan metode yang berbeda untuk mengambil serangkaian gambar,” lanjut Samsung saat menjelaskan proses pengambilan foto.

Tim Samsung kemudian mencetak foto seluas 616 meter persegi itu di atas 12 potong kain sepanjang 2,3 meter untuk kemudian dijahit menjadi satu. Hasilnya bisa dilihat melalui video di bawah ini.

Baca juga: Samsung Tawarkan Galaxy A03 Varian Baru, Memori Lebih Besar

“Manfaat utama dari sensor gambar 200MP adalah memungkinkan pengguna untuk menangkap gambar yang dapat diperbesar dan dipotong tanpa mengurangi kualitas gambar,” kata Kaeul Lee dan Minhyuk Lee dari tim solusi sensor Samsung.

Ia menambahkan, sensor gambar 200MP akan segera menjadi solusi optimal untuk perekaman video 8K.

Sebagai informasi, Sensor Samsung ISOCELL HP1 dengan resolusi 200 MP akan menggunakan teknologi pixel binning ChameleonCell yang bisa menyatukan empat atau 16 pixel menjadi satu pixel berukuran besar.

Konfigurasi itu bisa menghasilkan foto 12,5 MP dengan 2,56μm, 50 MP (1,28μm) atau 200 MP (0,64μm). Kabarnya sensor ini akan debut di ponsel Motorola Frontier pada bulan Juli mendatang.

Terkait

Artikel Terkait

Tombol Caption Twitter Kini Hadir di Android dan iOS

Techbiz.id - Twitter telah mengumumkan bahwa tombol 'Closed Caption' (CC) untuk menampilkan teks dalam video kini tersedia untuk semua...