Kamis, Desember 8, 2022

Internet di HP Lemot? Lakukan Trik Ini

Techbiz.id – Di artikel tips kali ini redaksi Techbiz Indonesia akan membagikan trik mengatasi internet lemot di HP.

Internet lemot memang bisa bikin jengkel dan hambat aktivitas sehari-hari mengingat beberapa kegiatan kita belakangan ini pada bergantung internet di smartphone.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan kecepatan internet, bahkan bikin smartphone kamu terasa seperti baru.

Simak trik mengatasi internet lemot dan cara memaksimalkan kecepatan internet dan performa smartphone kalian:

Trik mengatasi internet lemot di HP

Restart berkala

Tiap harinya, kita bisa menggunakan smartphone berjam-jam. Ada kalanya smartphone yang dipakai terus menerus jadi overheat, yang bikin smartphone jadi lemot dan koneksi internetnya pun jadi lemah.

Maka dari itu, me-restart smartphone secara berkala jadi penting dilakukan supaya kinerja smartphone terjaga dalam jangka panjang.

Koneksi internet di smartphone bisa melambat disebabkan juga oleh hal-hal yang tidak kamu ketahui. Di saat-saat seperti itu, restart smartphone juga dapat menjadi solusi karena sistem bisa kembali bekerja dalam kondisi “bersih” dan kembali pulih dengan fungsi yang normal seperti sediakala.

Baca juga: Samsung Tawarkan Galaxy A03 Varian Baru, Memori Lebih Besar

Selain restart saat terjadi kendala, kita juga bisa mematikan smartphone saat sedang dicas agar sistem benar-benar istirahat, sekaligus menghindari perangkat menjadi panas akibat dicas sambil digunakan.

Tutup, nonaktifkan, atau hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan

Semakin sering kita pakai smartphone untuk buka berbagai aplikasi, maka smartphone bisa mengalami hang dan bikin internetnya juga ikut lemot. Selain me-restart smartphone secara berkala untuk menjaga agar selalu responsif, kita juga bisa meningkatkan kenyamanan berinternet pakai smartphone dengan memerhatikan kebiasaan dalam menggunakan aplikasi.

Misalnya, sering kali kita hanya menekan tombol back atau home setelah menggunakan aplikasi. Hal tersebut ada baiknya dihindari karena aplikasi tersebut sejatinya tidak sepenuhnya tertutup dan masih berjalan “secara diam-diam” sehingga tetap memakan RAM, bahkan ikut mengonsumsi kuota data yang bikin koneksi internet jadi lebih lambat.

Kebiasaan lain yang perlu dihindari adalah mengunduh dan menyimpan banyak aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan yang pada akhirnya memakan terlalu banyak memori.

Dengan menutup aplikasi secara utuh dan menonaktifkan, atau bahkan menghapus aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan, hal tersebut bukan hanya mengoptimalkan konektivitas internet, tapi juga akan memaksimalkan kinerja smartphone.

Pasalnya, hal tersebut akan membuat RAM dan ruang penyimpanan menjadi lebih lega, sehingga smartphone punya lebih banyak memori untuk menjalankan berbagai aplikasi dengan lebih lancar.

Blokir iklan saat browsing

Browsing jadi salah satu hal yang paling sering dilakukan dengan smartphone. Namun, jika kita browsing terus menerus, apalagi saat membuka situs-situs dengan banyak banner iklan, hal ini bisa bikin smartphone jadi lemot dan memperlambat koneksi internet.

Untuk browsing yang lebih nyaman dan lancar, ada baiknya kamu menggunakan fungsi blokir iklan yang bisa ditemukan di aplikasi browser seperti Google Chrome dan Samsung Internet.

Trik jitu mengatasi internet lemot ini bisa diterapkan di smartphone harga sejutaan sekalipun, seperti Galaxy A03 Series.

Dengan layar, memori, dan baterai yang besar serta jaringan 4G, sensasimu berselancar di internet pakai smartphone terjangkau jadi lebih lancar.

Simak artikel menarik lainnya:

Terkait

Artikel Terkait

Saham GoTo Anjlok Terus, Telkom Tidak Fokus Capital Gain

Techbiz.id - Menanggapi terus menurinnya harga saham GoTo, Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah ikut menanggapi mengenai nasib investasi Telkomsel...