Rabu, Mei 1, 2024

Samsung Kenalkan Sensor 200MP dengan Piksel Terkecil

Techbiz.id – Samsung baru saja mengumumkan sensor kamera high end baru untuk smartphone, yakni sensor ISOCELL HP3 200MP. Sensor ini diklaim hadir dengan berbagai peningkatan dan fitur dibandingkan pendahulunya.

Sebagai informasi, sensor HP3 adalah penerus ISOCELL HP1, yang memiliki piksel 0,64μm. Namun kini, raksasa teknologi Korea Selatan tersebut telah mengumumkan sensor gambar HP3 baru, yang memiliki piksel 0,56μm terkecil di industri.

Dengan kata lain, kamera terbaru Samsung ini mengusung sensor resolusi tinggi yang memiliki piksel terkecil. Perusahaan juga membawa teknologi baru, yang disebut Epic Resolution Pro yang menawarkan resolusi tinggi tingkat profesional untuk pengguna smartphone.

Sensor ISOCELL HP3 200MP Samsung baru memiliki ukuran piksel 12 persen lebih kecil dan juga dapat memungkinkan pengurangan sekitar 20 persen pada area permukaan modul kamera.

Khususnya, sensor HP3 juga mendukung perekaman video hingga 8K pada 30 frame per detik dan perekaman 4K pada 120fps. Salah satu yang menarik adalah sensor ini bisa merekam video beresolusi tinggi dengan minim loss di bidang pandang, terutama pada resolusi 8K.

Aspek penting lainnya mengenai sensor baru ini adalah teknologi Tetra 2 piksel. Biasanya, pixel binning, yang memiliki sensor kamera menggabungkan empat piksel (AKA quad binning), membantu menawarkan gambar yang lebih cerah dalam skenario cahaya rendah.

Baca juga:

Tetapi berkat sensor HP3 baru, Samsung menggabungkan 16 piksel yang mengesankan menjadi satu. Secara teori, ini seharusnya memungkinkan kamera untuk menawarkan satu sensor piksel berukuran besar yang akan mampu menangkap lebih banyak cahaya untuk kinerja yang lebih baik dalam pemandangan malam.

Meski demikian, masih belum jelas smartphone mana yang akan menggunakan sensor ini, tetapi kemungkinan dicadangkan untuk model kelas atas seperti seri Galaxy S, sebagaimana dilansir dari Gizmochina, Jumat (24/6/2022).

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...