Sabtu, Juni 22, 2024

Review ColorOS 12.1: Tampilan Penuh Warna, Mudah Dikustomisasi

Techbiz.idOPPO terus mengembangkan teknologinya demi menawarkan kemudahan untuk pengguna terutama dalam sistem antar-muka. ColorOS 12.1 yang berbasis Android 12 membawa berbagai fitur baru yang siap memanjakan mata.

Sebagai informasi, fitur-fitur baru yang ada di ColorOS 12.1 saat ini baru tersedia untuk perangkat Reno8 Series. Saya berkesempatan untuk mencicipi antar-muka yang intuitif ini melalui perangkat Reno8 4G.

Pada saat memasuki home screen, ColorOS 12.1 sudah menyambut dengan berbagai warna adem dan nyaman di mata. Tampilan ikon 3D baru ini menggabungkan elemen cahaya dan bayangan yang elegan serta tatanan yang rapih sehingga tidak terlihat berantakan.

Transisi animasinya juga terlihat halus, apalagi Reno8 4G sudah dibekali dengan refresh rate 90Hz sehingga dapat memaksimalkan pengalaman pengguna.

Itu semua berkat teknologi Quantum Animation Engine 3.0 yang memberikan respons halus untuk disentuh, dengan scroll dan interaksi layar yang lancar secara virtual.

ColorOS 12.1 juga menawarkan navigasi yang mudah melalui berbagai panel. Seperti panel app drawer dan smart sidebar. Khusus untuk smart-sidebar pengguna diharuskan untuk mengaktifkannya secara manual melalui menu pengaturan.

Cara untuk mengaksesnya juga cukup mudah, slide tombol transparan yang terletak dipinggir layar pada home screen. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat memilih aplikasi mana saja yang ditampilkan pada smart-sidebar tersebut.

Antar-muka sejatinya hanya dapat dipersonalisasi pada bagian temanya saja, ini berbeda dengan yang dihadirkan OPPO. Pada ColorOS 12.1, pengguna bisa sesuka hati untuk mengkustom tampilannya sendiri.

Hadirnya fitur kustomisasi dapat menyalurkan kreativitas melalui Always-on Display. Disini, kita dapat membuat desain sendiri seperti pola kostum, Omoji, teks dan gambar, serta siluet potret berdasarkan foto sendiri.

Fitur lainnya yang tidak kalah menarik adalah Omoji. Ini merupakan terobosan dari ColorOS 12.1 yang memungkinkan pengguna untuk membuat emojinya sendiri.

Selain menyuguhkan tampilan desain yang menawan, ColorOS 12.1 juga menawarkan kemudahan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Seperti aplikasi pembaca teks yang memudahkan pengguna untuk melakukan banyak tugas.

Tidak hanya itu, hadir juga PC Connect yang bisa dimanfaatkan untuk screen share antar perangkat. Pengguna juga bisa melakukan edit mau pun bertukar file hanya dengan satu kali klik.

Dan terakhir yang tak kalah penting ialah performa. ColorOS besutan OPPO dibekali oleh AI System Booster. Teknologi ini memastikan responsivitas maksimum setiap saat dengan memfokuskan CPU pada aplikasi yang sedang digunakan.

Baca Juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...