Minggu, Januari 29, 2023

Review OPPO Band 2: Paling Komplit di Rentang Harga Rp1 Jutaan

Techbiz.id – Berbarengan dengan OPPO A77s, OPPO kembali menghadirkan perangkat IoT terbarunya dengan menawarkan OPPO Band 2 untuk para pengguna di Indonesia.

OPPO membawa peningkatan berbagai fitur yang terdapat pada perangkat ini seperti pemantauan tidur, berbagai pilihan latihan, dan fungsi kesehatan yang lebih baik.

Menurut PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto A, OPPO Band 2 dibuat berdasarkan masukan dari pengguna yang menginginkan kehadiran smartband dengan layar yang jauh lebih besar dan kaya akan fitur namun tetap menyajikan daya tahan baterai yang lebih lama, tentunya dengan harga yang lebih terjangkau.

Review OPPO Band 2

Desain & layar

Secara tampilan, OPPO Band 2 ini memilik desain yang sangat stylish, terutama untuk unit yang berwarna biru seperti yang diulas dalam artikel review kali ini. Memiliki bentuk persegi panjang, OPPO Band 2 ini sekilas mirip OPPO Watch Free.

OPPO mendesain perangkat ini dengan sederhana dimana pada sisi-sisi yang berbentuk melengkung tidak terdapat tombol fungsional apapun. Kendali navigasi, pemilihan menu, dan penggunaan aplikasi dapat dilakukan dengan menyentuh layar OPPO Band 2.

Ditujukan untuk pengguna muda, OPPO menyediakan desain tali dua warna pada perangkat OPPO Band 2. Unit yang saya review memiliki warna tali jam biru dan putih. Namun sayang, desain tali jam tidak univesal sehingga sulit untuk gonta-ganti talinya.

Dimensi OPPO Band 2 ini memiliki ukuran 45,3mm x 29,1mm x 10,6mm yang menurut saya ukuran tersebut tidak terlalu besar dan beratnya pun hanya 33 gram sehingga masih terasa nyaman dan ringan ketika dipakai.

Perangkat ini hadir dengan layar berukuran, 1.57 inci, jauh lebih besar dibandingkan dengan layar OPPO Band yang hanya 1,1 inci. Tampilan layar yang 74% lebih besar dihadirkan untuk membuat interaksi konsumen yang lebih nyaman dan lebih mudah dengan perangkat ini.

Ketika berada di bawah sinar matahari yang terik, tampilan layar jam tangan pintar ini masih dapat terlihat cerah dan jelas.

Tersedia lebih dari 150 Watch Face yang bisa diganti-ganti jika pengguna bosan melihat tampilan utama OPPO Band 2. Watch faces tesebut bisa diganti melalui aplikasi HeyTap Helath.

Fitur

Seperti sudah disebutkan di awal, OPPOBand 2 ini membawa fitur yang beragam dan berbagai peningkatan serta mendukung 100 lebih mode latihan dan beberapa fitur untuk olahraga lari yang ditingkatkan.

Tentunya, berbagai fitur kesehatan juga disertakan pada perangkat ini seperti sensor detak jantung, pematauan oksigen dalam darah dan pemantauan kualitas tidur yang akan membantu penggunanya agar hidup lebih sehat.

Pemantauan kualitas tidur dapat langsung otomatis berjalan ketika pengguna tidur menggunakan OPPO Band 2 tanpa harus melakukan pengaturan terlebih dahulu. Perangkat ini akan menampilkan data seberapa lama kita tidur, mulai dari Deep Sleep, Light Sleep, hingga REM.

review oppo band 2

OPPO Band 2 ini juga dilengkapi dengan fitur pengukuran tingkat stress penggunanya. Setelah dilakukan pengukuran, pengguna dapat melihat distribusi dari kategori stress yang dirasakan berdasarkan batas angka, seperti Low dengan rentang 1 hingga 29, None dari 30 hingga 59, Medium dari 60 hingga 79, dan High dari 80 hingga 100.

Informasi di awal yang menyebutkan bahwa OPPO Band 2 ini memiliki banyak fitur ternyata memang bukan hanya omong belaka. Pengguna juga akan diingatkan banyak hal ketika menggunakannya.

Daya

Sama seperti pedahulunya, OPPO Band 2 juga dilengkapi dengan pengisian cepat magnetik dan juga ketahanan baterai yang lebih lama sehingga pengguna tidak perlu khawatir akan rutinitas pengisian daya ulang. 

Berdasarkan pengalaman penggunaan, OPPO Band 2 ini mampu bertahan hingga kurang lebih 10 hari. Tentunya daya tahan baterai ini akansangat bergantung pada pemakaian yang dilakukan penggunanya, mulai dari melihat waktu, menerima notifikasi, mendeteksi SpO2, detak jantung, tingkat stress, hingga melakukan aktivitas olahraga yang menggunakan GPS.

Perangkat ini menggunakan magnetic charging yang ada di bagian belakang. Proses pen gisiannya juga terbilang cepat, saya hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja dari kondisi baterai 20 persen hingga terisi penuh 100 persen. 

Kesimpulan

Berdasarkan hasil review, dengan harga jual Rp1.099.000, OPPO Band 2 ini bisa menjadi alternatif pilihan bagi yang menginginkan smartwatch namun memiliki budget terbatas.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi Temani Anak Beraktivitas

Techbiz.id - Samsung Indonesia melengkapi lini tabletnya dengan memperkenalkan Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi. Varian baru ini hadir dengan...