Minggu, Juni 23, 2024

Korea Selatan Siap Luncurkan Jaringan 6G pada Tahun 2028

Techbiz.id – Korean Ministry of Science and ICT (Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi Korea Selatan) mengumumkan bahwa Korea Selatan akan meluncurkan jaringan 6G pada tahun 2028.

Mengutip laman GSMArena, jaringan 6G di Korea Selatan menggunakan teknologi kelas dunia dan jaringan seluler generasi berikutnya yang canggih berbasis software, serta dengan memperkuat rantai pasokan jaringannya.

Pemerintah Korea Selatan akan memberikan insentif bagi perusahaan lokal untuk memproduksi bahan, komponen, peralatan, serta infrastruktur untuk pengembangan internet cepat seluler generasi keenam mereka. Mereka juga berencana untuk memperkuat rantai pasokan mereka untuk mendukung jaringan tersebut.

Studi kelayakan yang sedang meneliti teknologi inti 6G sudah berlangsung di Korea Selatan. Proyek ini bernilai 625,3 miliar won (USD 482,1 juta / Rp 7,3 triliun).

Melalui gagasan tersebut, Korea Selatan ingin menjadi negara pertama yang meluncurkan jaringan 6G pada tahun 2028 mendatang. Selain itu, Korea Selatan berambisi untuk mengalahkan negara lain dengan meluncurkan teknologi 6G tercanggih di dunia.

Pada tahun 2022 lalu, Korea Selatan berkontribusi sebesar 25,9% dalam paten 5G. Sementara pada tahun 2023 ini, Pemerintah Korea Selatan optimis dapat melampaui 30% atau lebih dalam paten 6G di antara negara pesaing lainnya.

Sementara itu, Zhang Yongtao, Deputy General Manager, Departemen Teknologi Ericsson China menyebutkan bahwa jaringan 6G akan menyatukan dunia virtual dengan dunia nyata.

Dia menyarankan bahwa 6G akan menghadirkan teknologi holographic communication seperti yang ada di film-film bergenre fiksi ilmiah (Science Fiction / Sci-Fi).

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...