Selasa, Maret 5, 2024

Alodokter Luncurkan Alni, Asisten Telekonsultasi Berbasis AI untuk Dokter

Techbiz.id – Alodokter kembali menghadirkan inovasi terbaru dengan secara resmi meluncurkan Alni, asisten virtual interaksi percakapan untuk para dokter.

Alni sudah dikembangkan sejak 2018 menggunakan data yang sudah dikumpulkan oleh Alodokter secara kolektif melalui jutaan telekonsultasi pasien yang telah dilakukan melalui platform dan juga saran-saran konstruktif yang konstan yang selalu disampaikan oleh ribuan dokter yang tergabung di dalam platform Alodokter. Alni menggunakan AI percakapan untuk melakukan pre- screen melalui rangkaian pertanyaan dan menghasilkan pre-diagnosis untuk akhirnya menjadi rekomendasi yang bisa digunakan oleh dokter telemedisin dari Alodokter.

“Kami selalu percaya bahwa teknologi AI dan dokter akan bekerja sama dengan sangat baik”, ujar Nathanael Faibis, CEO dari Alodokter. “AI memiliki memori yang tidak terbatas dan kapasitas yang baik untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan kunci kepada pasien dan dokter memiliki kemampuan untuk memastikan akurasi diagnosa dan juga menunjukan empati yang dibutuhkan pasien selama konsultasi berlangsung. Kami berjuang untuk menciptakan hubungan simbiotik antara dokter dan AI untuk memastikan akurasi diagnosis yang maksimal.”

Alodokter menggunakan percakapan sebagai alat utama untuk telemedisin yang mengaktifkan koneksi antara sistem AI dan juga rekam medis elektronik. Kemajuan teknologi AI memberikan dampak positif kepada kemampuan telemedisin yang dewasa ini penggunaanya sudah dilakukan secara masif. Bahkan pada hari ini, lebih dari 80% dokter umum dari Alodokter saat telekonsultasi dengan pasien sudah dibantu dengan teknologi AI. Data menunjukan bahwa AI berhasil meningkatkan efisiensi konsultasi hingga 100% dan juga secara signifikan meningkatkan kepuasan pasien.

Louise Hewitt, Chief Medical Officer dari Alodokter menuturkan, “Alodokter selalu menjadikan kesehatan pasien sebagai fokus utamanya. Kami percaya bahwa peran dokter di masa depan perlu untuk memanfaatkan kekuatan AI untuk meningkatkan hasil perawatan kesehatan.” ujar Louise melalui siaran pers yang diterima Techbiz Indonesia (09/03).

Penerimaan dokter mengenai teknologi terbaru ini juga terbilang sangat baik dengan lebih dari 96% dari mereka yang mengatakan bahwa asisten virtual AI sangat bermanfaat untuk membantu dokter selama periode konsultasi berlangsung. Dokter yang tergabung dalam telemedisin Alodokter juga sangat aktif berkontribusi dalam pengembangan Alni, dengan mengirimkan ribuan saran setiap hari mengenai rekomendasi-rekomendasi kesehatan yang terdapat pada Alni.

Kehadiran fitur Alni dalam layanan Alodokter, memberikan nilai tambah kepada lima fitur utama dari Alodokter dengan kemudahan, kecepatan dan kualitas akses kesehatan, yang dapat dinikmati pengguna. Kelima fitur utama Alodokter yang dapat dinikmati pengguna dalam membuat keputusan terbaik terkait kesehatan, antara lain pengguna diberikan kemudahan dalam telekonsultasi dengan dokter, buat janji dokter bersama dokter atau mencari rumah sakit pilihan, akses untuk artikel-artikel kesehatan terlengkap dan proteksi kesehatan bersama Aloproteksi.

Baca Juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...