Friday, October 2, 2020
Home Fintech Fintech Lending Dongkrak Pendapatan Industri Kreatif

Fintech Lending Dongkrak Pendapatan Industri Kreatif

Must Read

Peritel BlibliMart Naik 2,5x Lipat di Semester Pertama 2020

Techbiz.id - Akselerasi adopsi teknologi akibat pandemi telah membuat jumlah seller BlibliMart di Jawa Timur naik meningkat sebanyak 2,5...

Good Doctor Sediakan KADO untuk Anak Pejuang Kanker

Techbiz.id - Good Doctor bersama dengan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) hari ini meluncurkan inisiatif program...

Tri Indonesia Luncurkan Platform Ekosistem Gaming

Techbiz.id - Untuk mendorong pertumbuhan industri mobile gaming, Tri Indonesia meluncurkan sebuah platform digital H3RO sebagai sebuah hub atau...

Techbiz.id – Berdasarkan hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), fintech lending telah berkontribusi pada peningkatan pendapatan para pelaku industri kreatif.

Riset ini mengambil sampel dari Borrower dalam ekosistem Investree. Dalam riset ini, LD FEB UI menggunakan metode wawancara tatap muka dengan 261 Borrower yang dipilih secara acak dengan cakupan wilayah Jabodetabek (77%), Jawa Barat (15%), dan Jawa Tengah dan Jawa Timur (8%).

- Advertisement -

Dalam riset tersebut ditemukan banyak peminjam yang bergerak di bidang industri kreatif di mana 24% dari Borrower Investree adalah para pelaku industri kreatif dan 15% diantaranya mengalami peningkatan pendapatan antara 30% – 50% setelah memperoleh pinjaman dari fintech lending di mana dalam riset ini merupakan pinjaman dari Investree.

Baca juga: Investree Bantu UKM Hadapi Fase Transisi Kenormalan Baru

Kemudian, sebesar 52% dari industri kreatif yang meminjam di Investree menggunakan layanan invoice financing dilanjutkan dengan tipe online seller financing (33%), dan working capital term loan (15%).

Wakil Kepala LD FEB UI, I Dewa Gede Karma Wisana, mengatakan bahwa industri kreatif memang sedang menjadi primadona apalagi di kalangan generasi milenial. Tercatat terdapat 16 sub-sektor industri kreatif seperti konsultan atau periklanan, desain komunikasi visual, dan arsitektur yang sedang berkembang saat ini sehingga pinjaman dari sektor tersebut cukup banyak.

Tak hanya industri kreatif yang mengalami peningkatan pendapatan setelah mendapat pinjaman dari fintech lending. Apabila melihat data yang didapat dari Investree, sebanyak 58% Borrower Investree yang bergerak di sektor industri manufaktur mengalami peningkatan pendapatan sebesar 20% – 50%.

Sedangkan 52% Borrower Investree dari sektor jasa serta 51% Borrower Investree dari sektor konstruksi juga mengalami peningkatan pendapatan serupa.

Secara keseluruhan, 56% dari Borrower Investree menyatakan bahwa mereka mengalami peningkatan pendapatan setelah mendapatkan pinjaman dari Investree.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Kartu Perdana Smartfren Erafone Tawarkan Berbagai Keuntungan

Techbiz.id - Smartfren bekerja sama dengan Erajaya Group meluncurkan Kartu Perdana Smartfren Erafone sebagai bagian dari kerja...

Oppo Buka Pendaftaran Reno4 Virtual Run

Techbiz.id - Oppo resmi membuka pendaftaran ajang kompetisi lari virtual yang diberinama Reno4 Virtual Run mulai dari tanggal 1 hingga 11 Oktober...

PHD Integrasikan Data Konsumen Untuk Berkompetisi

Techbiz.id - Untuk mengatasi kompetisi antara restoran cepat saji, Pizza Hut Delivery (PHD) melakukan integrasi data konsumen offline dengan data konsumen online.

5 Fitur Galaxy Watch3 untuk Menjaga Kesehatan

Techbiz.id - Di tengah kesibukan sehari-hari, memantau kesehatan tentu akan lebih mudah dilakukan apabila didukung dengan perangkat teknologi yang tepat. Terlebih di...

Telkom Minta Mitra Teknologi Penuhi TKDN

Techbiz.id - Telkom meminta dukungan serta komitmen dari mitra teknologinya (technology owners), dalam mengimplementasikan strategi serta roadmap peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).
- Advertisement -

Artikel Terkait