Sabtu, April 27, 2024

Xiaomi Kuasai Pangsa Pasar TWS Indonesia

Techbiz.id – Berdasarkan hasil riset dari Canalys yang dirilis tanggal 15 Juli 2020, terungkap bahwa Xiaomi berhasil kuasai pangsa pasar True Wireless System (TWS) paling besar di Indonesia.

Dalam laporan tersebut, Xiaomi berhasil kuasai pangsa pasar TWS di Indonesia hingga 44,2 persen diikuti kompetitor di peringkat berikutnya dengan pangsa pasar 23,9 persen.

Pencapaian ini sepertinya ditopang strategi mesin ganda smartphone+AIoT yang diterapkan Xiaomi sejak tahun 2019. Pada laporan finansial kuartal I 2020, Xiaomi mencatatkan pertumbuhan 13,6 persen YoY pada tiga bulan pertama tahun 2020. Pendapatan dari segmen produk IoT dan gaya hidup tumbuh 7,8 persen di tengah masa sulit selama pandemi.

Jumlah perangkat IoT yang terkoneksi (kecuali ponsel pintar dan laptop) ke platform Xiaomi tumbuh menjadi 252 juta unit per 31 Maret 2020 atau tumbuh 42,6 persen YoY.

Baca juga: Pendapatan Xiaomi Tumbuh 13,6 Persen Selama Q1 2020

Canalys juga menyebutkan, negara-negara di Asia Tenggara menjadi prioritas bagi produsen smartphone karena pertumbuhan produk TWS pada kuartal pertama 2020 melesat dan melampaui kategori lain dari perangkat audio pintar pribadi lainnya seperti headphone nirkabel, earphone nirkabel dan TWS.

xiaomi kuasai pasar tws

Untuk pasar Asia Pasifik, Canalys memperkirakan pengapalan produk audio pintar pribadi tumbuh hingga 61 persen year-on-year atau dibandingkan tahun sebelumnya hingga menyentuh angka 16 juta unit pada kuartal I 2020.

Kawasan Asia Pasifik menyumbang kontribusi sebesar 21,1 persen yang menjadikan kawasan ini menempati peringkat ketiga tiga untuk pasar global setelah Amerika Utara dan China.

Sepanjang tahun 2020 Canalys juga memprediksi bahwa pengapalan perangkat audio pintar pribadi tumbuh hingga 23,6 persen di Asia Pasifik dengan produk TWS sebagai pendorong utama. Dari estimasi 76 juta unit perangkat yang dikapalkan, 44 persen akan disumbang oleh produk TWS.

Saat ini, Xiaomi merupakan brand smartphone terbesar ke-4 di dunia dan telah membangun platform IoT terbesar di dunia, dengan lebih dari 252 juta perangkat pintar yang terhubung ke platformnya, tidak termasuk smartphone dan laptop.

Saat ini, produk-produk Xiaomi hadir di lebih dari 90 negara dan wilayah di seluruh dunia serta telah menjadi pemimpin di berbagai pasar.

Pada Juli 2019, perusahaan mencapai daftar Fortune Global 500 untuk pertama kalinya, dengan peringkat ke-468 di antara perusahaan lainnya. Dan peringkat ke-7 pada kategori Layanan Internet dan Ritel. Pada Mei 2020, Xiaomi kembali masuk dalam daftar Forbes Global 2000, dan posisinya naik ke peringkat 384.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...