Kamis, Mei 2, 2024

9 dari 10 Pengguna Internet di Indonesia Menonton Youtube

Techbiz.id — Platform video streaming Youtube meraih pertumbuhan yang pesat di Indonesia. Tercatat 9 dari 10 orang pengguna internet di Indonesia menonton Youtube setiap harinya.

Head of Large Customer Marketing Google Indonesia, Muriel Makarim menyampaikan, berdasarkan data dari ComScore VMX, per bulan ada sebanyak 93 juta masyarakat Indonesia yang berusia di atas 18 tahun menonton Youtube selama setahun terakhir.

“Ini artinya 9 dari 10 orang yang memakai internet di indonesia menonton Youtub setiap hari,” ungkap Muriel dalam Brandcast Press Briefing.

Baca juga: Cara Menyimpan Video Youtube Tanpa Aplikasi

Angka 93 juta ini disampaikan Muriel meningkat signifikan jika dibandingkan dengan pencapaian Youtube pada periode yang sama di tahun lalu yang hanya mencapai angka 79 Juta saja.

YouTube juga menyampaikan bahwa mereka telah meraih pencapaian kreator baru. Jika tahun lalu hanya ada dua kreator yang mendapat diamond button, tahun ini ada 10 lebih kreator yang mendapatkannya.

Selain itu, jika tahun lalu hanya ada 300 kreator yang memiliki gold button, menurut Muriel kini ada 600 channel di Indonesia yang berhasil memperoleh lebih dari 1 juta subscriber.

Pertumbuhan Youtube

“Setiap channel yang memiliki lebih dari satu juta subscriber kami sebut sebagai channel Gold button,” jelas Muriel.

Pertumbuhan channel Youtube ini menurut Muriel tidak mungkin terjadi tanpa konten yang kaya dan beragam dari para kreator, yang berasal dari seluruh penjuru negeri, bukan hanya kota-kota besar.

Di Indonesia, waktu tonton untuk video tentang sains, humaniora, bisnis, dan hukum dalam rentang 12 bulan hingga Juni 2020, tumbuh lebih dari 80% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Penelusuran untuk “drama Korea”, “korea drama”, dan “drakor” juga naik 130% dalam 12 bulan hingga Juni 2020 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...