Thursday, April 22, 2021
Home Devices iPhone 13 Ditopang Modem Snapdragon X60, Gimana Performanya?

iPhone 13 Ditopang Modem Snapdragon X60, Gimana Performanya?

Must Read

Dijual Perdana, POCO X3 Pro Tawarkan Harga Spesial

Techbiz.id - Usai dirilis pada Selasa (20/4) lalu, POCO X3 Pro mulai dijual perdana pada hari ini (22/4) dengan...

Sampoerna Telekomunikasi Tunggak BHP Frekuensi

Techbiz.id - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia menunggak pembayaran Biaya Hak Penggunaan Spektrum...

iPhone 12 dan iPhone 12 Mini Tampil dengan Warna Baru

Techbiz.id - Bersamaan dengan merilis iPad Pro, iMac serta Airtag, Apple juga menghadirkan varian warna baru iPhone 12 dan...

Xiaomi Sediakan Panduan Belanja Selama Ramadan

Techbiz.id - Xiaomi meluncurkan panduan belanja produk smartphone dan AIoT yang menemani setiap momen bulan Ramadan berisi rekomendasi produk...

vivo X60 Series Mulai Dijual di Pasar Indonesia

Techbiz.id - vivo Indonesia mengumumkan penjualan perdana smartphone terbarunya dalam program Super Selling Day vivo X60 Series 5G Co-engineered with ZEISS...

Techbiz.id – Laporan terbaru menyebut iPhone 13 mendatang bakal ditopang oleh baseband 5G Qualcomm, modem Snapdragon X60.

Snapdragon X60 sendiri menggunakan proses manufaktur 5nm terbaru. Sementara, iPhone 12 sebelumnya menggunakan modem Snapdragon X55 yang menggunakan proses manufaktur 7nm.

- Advertisement -

Secara komparatif, Snapdragon X60 akan berukuran lebih kecil dan mengonsumsi lebih sedikit daya. Ini akan membantu menghemat masa pakai baterai.

Dengan baseband X60, seri iPhone 13 juga dapat mendukung mmWave (gelombang milimeter) dan Sub-6Ghz (sinyal 5G di bawah pita frekuensi 6Ghz) untuk mencapai sinyal jaringan berkecepatan tinggi dan latensi rendah. Ini juga akan membawa kinerja jaringan 5G ke level yang baru.

Ada dua jenis jaringan 5G: teknologi mmWave dan sub-6GHz. Dilansir dari Gizchina, MmWave adalah apa yang kebanyakan orang bicarakan dengan kecepatan 5G yang lebih cepat dan lebih tinggi. Karakteristik teknisnya adalah jarak pendek dan ultra cepat, yang paling cocok untuk daerah perkotaan yang padat penduduk.

Sementara, teknologi sub-6GHz umumnya dikenal sebagai nirkabel di bawah pita frekuensi 6GHz. Teknologi ini berbiaya lebih rendah, tetapi sinyalnya menyebar lebih jauh dan dapat melayani daerah pinggiran kota dan pedesaan dengan lebih baik.

Model iPhone 12 saat ini tidak mendukung mmWave di luar Amerika Serikat. Artinya, kecepatan jaringan 5G super cepat tidak akan tersedia untuk pengguna seri iPhone 12 di luar AS. Namun, ada spekulasi bahwa model iPhone 13 akan mendukung  mmWave (gelombang milimeter) di negara lain.

Rumor Spesifikasi iPhone 13

Belakangan ini, rumor mengenai iPhone 13 terus beredar. Informasi terbaru menyebut iPhone 13 akan hadir dalam empat model.

Keempat penerus iPhone 12 itu disinyalir bakal menggunakan lensa kamera sudut ultra lebar yang ditingkatkan dengan aperture variabel. Bukaannya bisa sampai  ƒ / 1.8, sedangkan model iPhone 12 adalah ƒ / 2.4 .

Prediksi ini disampaikan oleh analis Barclays, Blayne Curtis dan Thomas O’Malley. Memperkuat hal ini, Analis Apple , Ming-Chi Kuo, juga mengklaim bahwa lensa sudut ultra lebar akan ditingkatkan ke bukaan ƒ / 1.8.

Sayangnya tak disebutkan iPhone 13 varian apa yang akan mengadopsi lensa tersebut. Namun, diprediksi bahwa seri iPhone andalan pada tahun 2022 akan tetap mempertahankan lensa ultra wide-angle ini.

Baca juga: Mirip iPhone, Inikah Wujud Oppo Find X3?

Selain itu, Apple diperkirakan bakal memiliki ukuran layar dan pengaturan kamera yang sama di lini produk iPhone tersebut. Ini berarti akan memiliki model 5,4 inci dan 6,1 inci dengan kamera lensa ganda, dan 6,1 inci dan 6,7 inci dengan model kamera tiga lensa. Fungsi kamera lain yang dirumorkan termasuk perluasan pemindai LiDAR dan stabilisasi gambar sensor seluler ke lebih banyak model.

Spekulasi lebih lanjut menunjukkan bahwa seri iPhone 13 akan mengurangi ukuran notch. Faktanya, ada satu laporan yang mengklaim bahwa itu tidak akan menggunakan Notch sama sekali, seperti dikutip dari Gizchina, Kamis (4/2/2021). Meski demikian, Apple masih belum mengkonfirmasi apapun terkait spesifikasi dari penerus iPhone 12.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Wujud Asli iPhone 13 Mini Terkuak, Ini Detilnya

Techbiz.id - Rumor mengenai iPhone 13 terus bergulir. Kali ini giliran wujud asli dari iPhone 13 Mini yang terungkap...

Artikel Terkait