Sabtu, April 27, 2024

Tampilan Spotify Dekstop Kini Mirip versi Mobile

Techbiz.id – Spotify baru saja menggulirkan pembaruan bagi aplikasi streaming musik versi desktop dan web. Pembaruan ini menghadirkan “tampilan dan nuansa yang lebih baik”.

Desain ulang membawa banyak perubahan, beberapa fitur menemukan tempat baru di dalam aplikasi. Namun, perubahan terbesar yang terlihat adalah kemiripan dengan aplikasi mobile alias seluler.

“(Perubahan) ini memakan waktu berbulan-bulan untuk uji coba dan penelitian, berbicara dengan pegguna, dan mengumpulkan umpan balik. Kini, kami senang memberikan desain yang baru, bersih, kontrol lebih banyak, dan fondasi baru untuk pendengar kami yang menggunakan Spotify di aplikasi desktop dan web player,” ujar Spotify seperti dikutip dari situs resmi mereka, Jumat (26/3).

Adapun pembaruan desain yang dilakukan berfokus pada navigasi dan akses ke kontrol yang lebih banyak serta fitur-fitur baru di playlist, search, radio, queue, library, dan lainnya.

“Kami terus melakukan tes, mengembangkan, dan merilis fitur-fitur baru,” jelas Spotify.

“Dan di tengah proses, kami merasa bahwa pengalaman aplikasi desktop belum sejalan, sehingga ini waktunya untuk perubahan,” sambung pernyataan tersebut.

Salah satunya adalah membuat playlist serta mengubah pengaturan seperti kemampuan menuliskan deskripsi, mengupload image dan melakukan drag and drop lagu di playlist yang sudah ada.

Baca juga: Spotify Lite Ungkap Tren Pengguna Selama Setahun

Lebih lanjut, melalui tampilan terbarunya, bidang Pencarian tidak lagi ada berada pada bilah status, melainkan berada di samping, tepat di antara Beranda dan Perpustakaan Anda.

Terdapat juga penambahan jalan pintas (shortcut) di keyboard. Berkat ini, pengguna Spotify versi Dekstop atau PC bisa menekan Control+?, dan Command+?+Y (pengguna Mac) untuk melihat daftar lengkap perintah yang tersedia.

Fitur lain yang turut bisa dinikmati pengguna adalah kemampuan mendownload track ke komputer dengan aplikasi desktop khusus bagi pengguna premium Spotify.

Kabarnya, desain ulang baru sudah diluncurkan ke semua pengguna secara global, tetapi mungkin butuh waktu berminggu-minggu untuk mencapai semua orang. Pengguna PC dapat mengunduh aplikasi baru dari Microsoft Store atau Epic Games Store, sementara pengguna Mac harus membuka situs web Spotify.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...