Jumat, April 26, 2024

Data LinkedIn Bocor, Dijual Cuma Rp29 Ribu

Techbiz.id – Ratusan data pengguna LinkedIn telah bocor ke publik. Sebanyak 500 juta data pengguna dilelang dalam sebuah forum hacker dengan harga mulai US$2 atau setara Rp29 ribu.

Adapun informasi yang bocor berisikan data yang cukup lengkap termasuk nama, alamat email, nomor telepon, informasi tempat kerja dan hal penting lainnya, seperti dilansir dari Cybernews (11/4). Penjual tersebut mengklaim data yang dikumpulkan murni diambil dari LinkedIn.

Tim investigasi Cybernews juga telah mengonfirmasi hal tersebut berdasarkan dengan sampel yang diberikan di forum peretasan. Namun, tidak jelas bagaimana pelaku mendapat data, termasuk kapan data tersebut berhasil didapat, misalnya baru-baru ini atau pada LinkedIn mengalami kebocoran data.

Sementara itu, pihak LinkedIn sendiri telah menyelidiki dugaan kebocoran data pengguna. Perusahaan mengaku data bukanlah berasal dari platform mereka, melainkan situs lain.

Baca juga: Data Pengguna Facebook di Indonesia Bocor, Apa Akibatnya?

“Kami telah menyelidiki dugaan kumpulan data LinkedIn yang telah diposting untuk dijual. Kami telah memastikan bahwa data itu sebenarnya adalah kumpulan data dari sejumlah situs dan perusahaan,” bunyi pernyataan LinkedIn, dikutip dari The Verge (11/4).

Selain itu, pihak Linkedln menjelaskan bahwa tidak ada data akun pribadi pengguna mereka yang disertakan. Dengan demikian, data yang diretas berasal dari halaman publik seseorang saja.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...