Sabtu, November 27, 2021
BerandaReview Gadget TerbaruReview realme 8 5G: Smartphone 5G Ringan, Cepat, dan Terjangkau

Review realme 8 5G: Smartphone 5G Ringan, Cepat, dan Terjangkau

Must Read

Techbiz.id – realme Indonesia kembali menghadirkan smartphone terbaru mereka, realme 8 5G, pada Rabu (16/06). Smartphone yang hadir dengan slogan 5G. Fast Speed to Infinity. ini membawa serangkain fitur terbaru, salah satu yang paling di-highlight adalah kehadiran chipset Dimensity 700 5G.

realme 8 5G merupakan smartphone 5G pertama di Indonesia yang menggunakan chipset Dimensity  700. Ya betul sekali, realme 8 5G ini tentunya sudah mendukung jaringan generasi ke-5 yang saat ini sudah tersedia untuk beberapa kota di Indonesia.

Redaksi techbiz.id berkesempatan untuk mencicipi perangkat terbaru dari realme, simak ulasan realme 8 5G selengkapnya:

Review realme 8 5G: Desain Dinamis

Saat pertama kali menggenggam, perasaan saya adalah “ini benar-benar nyaman”. Layaknya smartphone premium, realme 8 5G mengusung desain tertipis disegmennya. Bodinya yang super ramping memiliki ketebalan hanya 8,5mm dengan berat 185g. Saking ramping dan ringan, saya harus hati-hati dalam menggenggamnya.

Bicara tentang desain, bagian belakang smartphone 5G dari realme ini terinspirasi oleh film Fast & Furious. Menurut realme, mereka memproyeksikan konsep Dynamic Speed Light untuk menciptakan perubahan cahaya yang dinamis saat smartphone memantulkan cahaya dari sudut pandang tertentu.

Baca juga: Tak Hanya Smartphone, Realme Rencanakan Ekosistem 5G di Indonesia

realme 8 5G hadir dengan dua varian warna, dan setiap warna menggunakan pelapisan yang berbeda. Untuk warna Supersonic Blue – yang saat ini saya gunakan, menggunakan lapisan indium high-gloss yang bakal mengembalikkan kesan cahaya yang mengilap. Sementara varian warna Supersonic Black, realme menggunakan proses pila lenticular untuk menghadirkan efek cermin premium.

Display Ultra Smooth 90Hz

Berkat dukungan refresh rate 90Hz dan layar seluas 6,5 inci, saya dapat dengan leluasa menikmati konten yang disajikan beberapa aplikasi seperti menonton film, melihat feed sosial media, browsing dan lain-lain. Kecepatan refresh rate tersebut tentunya menghasilkan pengalaman visual yang mulus disetiap gerakan layar. Selain itu, kecepatan pengambilan sample maksimum pada perangkat ini adalah 180Hz, yang sangat berguna ketika digunakan untuk bermain game.

Kamera Utama 48 Megapiksel dengan Nightscape

kamera realme 8 5G

realme 8 5G membawa tiga lensa kamera, 48 Ultra HD Main camera, B&W Portrait Lens, dan Macro Lens.

Kamera utama beresolusi 48MP yang dibawa smartphone ini dapat menghasilkan jepretan yang memuaskan. Dilengkapi berbagai fitur canggih seperti seperti AI, Nightscape, ultra macro, dan panorama, membuat aktivitas fotografi menggunakan smartphone menjadi lebih kaya. Ada juga fitur portrait yang memungkinkan pengguna menghasilkan jepretan bokeh ala kamera professional.

Sementara itu, lensa B&W Portrait dapat berguna untuk membantu lensa utama dalam menangkap cahaya yang lebih baik, terutama dalam meningkatkan kontras gambar.

Bicara fitur andalannya, Nightscape, smartphone ini memiliki banyak filter malam yang populer dan cocok untuk digunakan mempercantik hasil jeptretan. Dengan teknologi mesin sintesis multi-frame, dibutuhkan sekumpulan foto dengan eksposur cahaya yang berbeda secara bersamaan dan kemudian menggabungkannya menjadi satu. Selain mempertahankan eksposur yang baik dengan titik-titik sorotan, fitur ini juga dapat membuat foto di kegelapan lebih terang dan jelas dengan lebih banyak detail.

Secara khusus, algoritma efek kecantikan baru dikembangkan untuk jenis kelamin yang berbeda, jenis kulit yang berbeda, serta bentuk dan fitur wajah memungkinkan Anda mengambil foto selfie yang menampilkan kulit alami dan halus dengan cepat.

Menurut saya, baik kamera depan mau pun belakang serta dengan fitur-fitur yang tersedia, realme 8 5G sudah sangat lengkap untuk memenuhi kebutuhan fotografi pengguna.

Review realme 8 5G: Performa

Urusan performa, saya rasa realme 8 5G sangat dapat diandalkan, baik untuk kerja multitasking mau pun aktivitas gaming. Dilengkapi dengan chipset MediaTek Dimensity 700 5G, yang menggabungkan dua inti ARM Cortex-A76 dalam CPU octa-core yang beroperasi hingga kecepatan 2.2GHz.

Dimensity 700 5G menggunakan fabrikasi 7nm, yang tentunya bakal lebih hemat daya hingga 28% dibandingkan dengan proses fabrikasi 8nm. Ini membuat smartphone dapat berjalan dengan kecepatan tingginya dengan daya yang dimaksimalkan guna menghemat penggunaan baterai.

Prosesor Dimensity 700 5G juga mendukung 5G Dual SIM Dual Standby, memungkinkan smartphone mendukung kartu SIM 5G online melalui jaringan 5G. Selain itu, prosesornya mendukung SA / NSA dan mencakup pita frekuensi 5G mainstream. Teknologi Akselerasi Jaringan Ganda yang canggih dapat menangkap jaringan Wi-Fi dan 5G lebih baik.

test antutu realme 8 5G

realme 8 5G memiliki varian memori 8GB+128GB dengan 3 slot kartu yang terdiri dari 2 kartu SIM dan sebuah kartu Micro SD (hingga 1TB). Hal terbaru yang realme hadirkan di realme 8 5G ini adalah teknologi Dynamic RAM Expansion Technology (DRE) yang akan mengkonversi ROM menjadi virtual RAM.

Untuk urusan daya, smartphone 5G dengan harga terjangkau realme ini membawa baterai 5000mAh. Dengan didukung dengan pengisian daya cepat 18W tipe-C dapat membuat baterai dapat terisi penuh dengan cepat.

Pengalaman gaming realme 8 5G

illustrasi bermain mobile legends di realme 8 5G

Dalam melakukan gaming test realme 8 5G, saya memainkan dua game popular seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile. Tidak lupa, saya menghidupkan mode gaming dan memilih pengaturan Pro Gamer Mode yang otomatis aktif ketika game diluncurkan.

Baca juga: Ponsel Sejutaan, Realme C20 Tiba di Indonesia

Saya memiliki pengaturan khusus untuk bermain Mobile Legends di realme 8 5G salah satunya dengan menonaktifkan mode HD dan Outline. Meski tingat grafis sudah terbuka hingga High, namun saya memilih Medium agar memperingan kinerja smartphone dalam me-render gambar. Selain itu, aktifkan mode HFR dan Optimalkan FPS guna meningkatkan pengalaman bermain dengan FPS dan kestabilan yang tinggi.

grafis mobile legends realme 8 5G

Selanjutnya PUBG Mobile, realme 8 5G sudah mendukung tampilan tertinggi HD dengan FPS High. Namun saya selalu memprioritaskan FPS dalam bermain game, maka dari itu, pengaturan grafis dirubah ke Smooth-Ultra.

Secara keseluruhan, kedua game tersebut dapat dilahap dengan mulus oleh realme 8 5G tanpa adanya kendala lagging atau ghost touch. Suhu yang didapat smartphone ini juga tidak mengeluarkan panas berlebih, jika kondisi ruangan terjaga.

Kesimpulan

Mengusung desain yang ramping dan dinamis, serta dilengkapi dengan jeroan yang lumayan mumpuni, realme 8 5G dapat diandalkan untuk menjadi smartphone daily-driver. Terlebih, tawaran harga di bawah Rp3 jutaan dengan sokongan chipset Dimensity 700 untuk berjalan di jaringan 5G di Indonesia, semakin membuat realme 8 5G menjadi smartphone 5G paling terjangkau yang bisa dimiliki semua orang. Tak lupa, kehadiran NFC juga menjadi keuntungan yang dihadirkan realme pada smartphone ini.

Digadang menjadi smartphone 5G pertama yang ditawarkan dengan harga dibawah Rp 3 jutaan, realme 8 5G yang hadir dalam dua pilihan warna: Supersonic Black dan Suprersonic Blue, konsumen bisa mendapatkan di Lazada.

Sekian artikel review realme 8 5G Indonesia, semoga dapat membantu Anda untuk memilih perangkat yang tepat untuk kebutuhan komunikasi atau menikmati konten digital sehari-hari.

Terkait

Artikel Terkait

Smartfren Hadirkan Kartu Perdana dan Paket Gokil Combo untuk Pengguna Dana

Techbiz.id - Smartfren meluncurkan kartu perdana GOKIL COMBO 55 GB dan paket GOKIL COMBO hasil kerjasama strategis dengan dompet...