Jumat, April 26, 2024

Cegah Ujaran Kebencian, Instagram Uji Fitur ‘Limits’

Techbiz.id – Instagram saat ini dilaporkan tengah menguji fitur bernama Limits. Fitur baru ini akan membantu pengguna untuk mencegah adanya ujaran kebencian yang diterima akun mereka.

Dilansir dari Engadget (26/7), Limits memungkinkan pengguna untuk mengunci sementara akun mereka ketika sedang menjadi sasaran ujaran kebencian. Informasi ini disampaikan langsung oleh Bos Instagram, Adam Mosseri.

Dalam unggahan video, Mosseri mengutuk keras komentar rasial dari pengguna Instagram yang menyerang tiga pemain sepak bola Inggris usai final EURO 2021 beberapa waktu lalu. Terutama yang dialami oleh tiga pemain kulit hitam Timnas Sepak Bola Inggris, yakni Bukayo Saka, Marcus Rashford dan Jadon Sancho.

Ketiga akun pemain tersebut dibanjiri ujaran kebencian dari pengguna Instagram yang kecewa atas hasil mereka yang gagal di babak final Piala Eropa 2021. Kemudian, pengembang aplikasi Instagram mengambil langkah untuk memperbaiki fitur internalnya, agar pengguna bisa mengatasi masalah ujaran kebencian secara mandiri.

Sebenarnya, Instagram sendiri sudah mengadopsi teknologi untuk memfilter komentar buruk dari warganet. Namun, terkadang masih saja terjadi kesalahan filter sehingga komentar yang tidak buruk sekalipun ikut terblokir.

Alhasil, Instagram menghadirkan Limits. Cara kerja Limits akan memungkinkan pengguna Instagram menyetujui komentar pengguna lain sebelum orang lain melihat komentar tersebut, atau membaca pesan seseorang tanpa mengirim tanda terima telah dibaca.

Baca juga: Instagram Stories Kini Mampu Terjemahkan Lebih dari 90 Bahasa

Pengguna nantinya bisa menemukan fitur Limits dalam ‘kontrol privasi Instagram’. Namun, sejauh ini Instagram masih menguji coba fitur Limits di beberapa negara tertentu.

Satu hal yang pasti, pengguna dapat mengatur batas waktu berlakunya aturan Limits, yakni selama beberapa hari atau pekan. Sayangnya, lagi-lagi tak dapat dipastikan apakah Instagram akan menghadirkannya dalam waktu dekat bagi semua pengguna.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...