Kamis, Desember 9, 2021
BerandaTipsDemi Privasi, Ini Cara Buramkan Foto di Google Street View

Demi Privasi, Ini Cara Buramkan Foto di Google Street View

Must Read

Techbiz.id – Baru-baru ini seorang warga asal Tangerang mengajukan protes kepada Google Street View yang kedapatan memotret kompleks rumahnya. Aksi protes ini bahkan sempat viral di media sosial.

Ia menganggap Google telah melanggar privasi. Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya foto di Street View bisa saja diburamkan demi menjaga privasi?

Baca juga: Dianggap Langgar Privasi, Warga Protes Rumahnya Difoto Google Street View

Ya, sang pemilik objek, baik berupa rumah, kendaraan ataupun wajah, bisa saja mengajukan permintaan itu. Google membuka akses bagi mereka yang ingin objek miliknya diburamkan dalam Street View demi menjaga privasi.

Perlu diketahui, Street View memang memiliki teknologi yang bisa memburamkan wajah dan plat nomor kendaraan secara otomatis. Namun, khusus untuk memburamkan rumah atau hunian lainnya masih membutuhkan proses secara manual.

Penasaran dengan caranya? Simak selengkapnya disini!

Cara Buramkan Objek Foto di Google Street View

  1. Buka Google Maps dan masukkan alamat rumah kalian
  2. Masuk ke mode Google Street View dengan cara klik ikon manusia berwarna kuning yang ada di sudut kanan bawah layar
  3. Ketuk opsi ‘Report a Problem’ yang ada di sudut kanan bawah layar
  4. Setelah itu, akan muncul laman pelaporan yang harus kamu lengkapi
  5. Jika sudah, lalu arahkan kotak merah yang ada pada foto 360 derajat agar sesuai dengan objek yang ingin kamu buramkan.
  6. Lanjutkan dengan mengisi formulir pelaporan
  7. Pilih salah satu opsi objek yang ingin kamu buramkan. Seperti rumah misalnya.
  8. Isi kolom yang ada untuk menjelaskan lebih lanjut mengapa kalian ingin memburamkan foto itu.
  9. Masukkan alamat email kalian, dan klik ‘Submit’ untuk mendaftarkan permintaannya ke Google

Jika sudah, nantinya kamu akan mendapatkan email yang menjelaskan kalau Google sedang meninjau foto yang dilaporkan. Langkah selanjutnya adalah menunggu keputusan Google terkait permintaan tersebut.

Proses itu setidaknya akan memakan waktu beberapa hari. Tak menutup kemungkinan jika Google juga akan meminta penjelasan lebih lanjut melalui email atau sekedar meminta kamu untuk lebih spesifik tentang area yang ingin diburamkan.

Baca juga: Google Meet Gulirkan Fitur untuk Hentikan Seluruh Aktivitas Peserta

Mengutip dari laman Bantuan Google, jika pemburaman sudah disetujui dan diterapkan, maka itu akan berlaku secara permanen. Dengan demikian, sampai kapan pun objek yang kamu buramkan akan tetap tidak terlihat, kecuali ketika Google memperbarui dan melakukan pemotretan ulang di lokasi objek tersebut.

Sehingga, pastikan kamu benar-benar yakin sebelum memburamkan foto di Google Street View atau malah menyembunyikan objek milik orang lain.

Terkait

Artikel Terkait

Daftar Paket Internet Indosat Terbaru, Masih Murah!

Techbiz.id - Seperti biasanya, Redaksi Techbiz kembali membagikan daftar paket internet Indosat terbaru. Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, harga paket...