Senin, Mei 23, 2022
BerandaFintechAwas, Ini 50 Aplikasi dan Website Pinjol Ilegal yang Diblokir SWI

Awas, Ini 50 Aplikasi dan Website Pinjol Ilegal yang Diblokir SWI

Must Read

Techbiz.id – Satgas Waspada Investasi (SWI) terus melakukan upaya untuk memberantas keberadaan pinjaman online (pinjol) ilegal di Indonesia. Tidak hanya di website, tetapi SWI juga turut memblokir aplikasi pinjol ilehal

Ketua SWI Tongam L. Tobing mengatakan, pada awal tahun ini, pihaknya kembali menemukan dan menutup 50 entitas pinjol ilegal yang beredar melalui aplikasi dan website yang dapat merugikan masyarakat.

“Sejalan dengan penegakan hukum yang dilakukan Kepolisian dengan menangkap pelaku pinjol ilegal, kami terus melakukan pencegahan melalui patrol siber dan menutup entitas pinjol ilegal yang kembali kami temukan,” kata Tongam, melalui keterangan resminya, dikutip Senin (21/2/2022).

Baca juga: Awas, Ada Penipuan Pinjol yang ‘Mengaku’ OJK

Menurut Tongam, pemberantasan pinjol ilegal memerlukan kerjasama dari seluruh pihak, terutama masyarakat agar jangan mengakses pinjol ilegal yang bisa merugikan. Masyarakat yang membutuhkan dana untuk melakukan pinjaman ke financial technology lending terdaftar dan berizin OJK, dan tidak mengakses pinjol ilegal.

“SWI yang terdiri dari 12 kementerian dan lembaga terus berupaya memberantas kegiatan pinjol ilegal dengan meningkatkan literasi masyarakat dengan menyebarkan konten-konten edukasi terhadap bahaya pinjol ilegal.” tutur Tongam.

Ia menambahkan, saat ini beberapa media ruang di wilayah DKI Jakarta telah menayangkan iklan layanan masyarakat mengenai waspada pinjol ilegal. Adapun daftar 50 website serta aplikasi pinjol ilegal yang telah diblokir SWI dapat diakses dengan tautan disini.

Sebagai informasi, sejak tahun 2018 hingga kini SWI sudah menutup sebanyak 3.784 pinjol Ilegal. SWI pun mendorong penegakan hukum kepada para pelaku pinjaman online ilegal ini dengan terus menerus juga melakukan pemblokiran situs dan aplikasi agar tidak diakses oleh masyarakat.

Terkait

Artikel Terkait

OPPO Ajak Perbaiki Ponsel di Service Center Resmi, Ada Diskon 30%

Techbiz.id - OPPO mengajak para pengguna yang mengalami kerusakan pada ponsel OPPO untuk memperbaiki secara langsung di Service Center...