Minggu, Juli 21, 2024

Canggih! Xiaomi Uji Coba Kirim Peringatan Gempa di Ponsel

Techbiz.id – Xiaomi mengumumkan telah melakukan uji coba fitur peringatan dini gempa bumi (Earthquake Early Warning/EEW) khusus penggunanya di Indonesia.

“Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna smartphone Xiaomi di Indonesia akan mendapatkan pemberitahuan saat terjadi gempa bumi di sekitarnya, menjadikan sistem peringatan dini gempa bumi berperan penting dalam memberi waktu bagi pengguna untuk menyelamatkan diri.” tulis Xiaomi melalui keterangan resminya, Sabtu (2/4/2022).

Adapun fitur canggih ini dikembangkan perusahaan bersama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Indonesia serta Institute of Care Lie di China.

Peringatan Gempa xiaomi

Saat fiturnya diaktifkan di ponsel Xiaomi dan setelah badan terkait mendeteksi gempa bumi, mereka akan mensinkronisasi informasi peringatan dini ke server Xiaomi melalui kanal khusus.

Lalu Xiaomi akan menggunakan kanal prioritas untuk mendorong informasi peringatan dini kepada pengguna di daerah terdampak Gempa.

Setiap pemberitahuan dalam EEW akan menampilkan magnitudo dari gempa bumi terkait, estimasi datang, dan intensitasnya yang nantinya diperingatkan ke layar ponsel berupa hitung mundur.

Bersamaan dengan itu, ponsel akan membunyikan nada peringatan saat gempa bumi terjadi, Xiaomi menyarankan para pengguna untuk membiasakan diri dengan bunyinya.

Peringatan dini gempa itu sendiri tidak muncul secara bersamaan kepada pengguna Xiaomi.

Menurut Xiaomi, peringatan gempa akan diterima tergantung pada intensitasnya dan lokasi, dan waktu serta penunjuk intensitas yang terlihat oleh pengguna di berbagai wilayah akan berbeda.

Adapun peringatan dini gempa yang nantinya diterima pengguna di Indonesia yaitu bila intensitas gempa mencapai IV atau lebih berdasarkan skala MMI (Modified Mercalli Intensity) yang digunakan BMKG. Fitur ini akan aktif dengan koneksi data.

Cara aktifkan fitur peringatan gempa

Berdasarkan keterangan resminya, fitur EEW ini hanya kompatibel dengan ponsel Xiaomi yang menggunakan MIUI 12, MIUI 12.5, dan MIUI 13.

Sehingga ponsel dengan MIUI di luar dari itu maka tidak bisa mencoba fitur ini. Fitur peringatan dini gempa bumi bisa ditemukan pada aplikasi keamanan di smartphone Xiaomi.

Pengguna juga bisa melakukan pencarian langsung dengan menggunakan kata kunci “gempa” pada bar pencarian. Lalu, pengguna akan diarahkan untuk mengikuti beberapa langkah guna mengaktifkan fitur EEW.

Baca juga: Bocoran Ungkap Ponsel Xiaomi Bakal Pakai Kamera Leica

Saat ini, Xiaomi Indonesia sendiri telah merampungkan fase beta testing untuk perangkat yang mendukung sebelum memutuskan untuk memboyong fitur ini ke Indonesia.

Oleh sebab itu, pihaknya menyambut masukan dari pengguna selama fase uji coba ini dengan memberikan masukan melalui link ini.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...