Saturday, January 16, 2021
Home Apps 5 Lima Penggunaan Tagar yang Populer di Indonesia

5 Lima Penggunaan Tagar yang Populer di Indonesia

Must Read

Resmi, Galaxy S21 Series Sudah Bisa Dipesan

Techbiz.id - Resmi dikenalkan, smartphone terbaru Samsung yakni Galaxy S21 dan Galaxy S21 + sudah bisa dipesan melalui pre...

Zipmex Raup Rp85 Miliar di Putaran Pendanaan Terbarunya

Techbiz.id - Zipmex menutup putaran pendanaan terbarunya dipimpin oleh Jump Capital, sebuah perusahaan modal ventura asal Amerika Serikat yang...

Mudahkan Penggunanya, Fitur Dana Bisnis Diperbarui

Techbiz.id - Mengawali tahun 2021, DANA kembali melakukan pembaruan pada fitur DANA Bisnis. Pengembangan fitur ini bukan saja untuk...

5.500 GrabCar Premium Bakal Dilengkapi Teknologi Nanoe

Techbiz.id - Panasonic dan Grab melakukan kerjasama berupa penerapan teknologi nanoe X di layanan GrabCar Premium untuk memberikan sensasi...

Grab Financial Kantongi Rp4,2 Triliun di Pendanaan Seri A

Techbiz.id - Platform fintech Grab Financial Group (GFG) memperoleh lebih dari USD300 juta (Rp4,2 triliun) dalam pendanaan Seri A yang...

Techbiz.id – Ketika menggunakan Twitter, pengguna akan melihat penggunaan tanda pagar (tagar) yang menghiasi linimasa.

Simbol “#” digunakan untuk menandai kata kunci atau topik dalam sebuah Tweet, dan mengkategorikan Tweet dengan topik pembahasan yang sama.

- Advertisement -

Dengan adanya tagar; Twitter menjadi corong suara bagi banyak orang, membentuk budaya, dan dapat mengubah dunia.

Baca juga: 5 Keunikan Penggunaan Twitter di Indonesia

Lima penggunaan tagar yang populer di Indonesia

Tagar yang banyak digunakan di Indonesia menunjukkan keberagaman cara orang menggunakan Twitter. 

Berikut ini adalah beberapa contoh dari jenis penggunaan tagar di Twitter.

1.    Untuk saling menginspirasi

Orang mencari inspirasi tentang berbagai hal di Twitter, dan hal ini dipermudah dengan adanya tagar. Tagar #dirumahaja misalnya.

Tagar ini tidak hanya digunakan untuk menginformasikan upaya preventif menghadapi pandemi, namun juga untuk menginspirasi orang lain agar tetap semangat dan produktif setiap harinya.

2.    Tagar untuk mengedukasi

Tanda tagar juga berguna untuk melakukan edukasi terkait topik tertentu. Tagar #padanan digunakan untuk berbagi pengetahuan tentang persamaan sebuah istilah bahasa asing dan konteks penggunaan yang tepat dalam Bahasa Indonesia. Tagar ini sering digunakan oleh salah satu pakar Bahasa Indonesia, yaitu @ivanlanin.

3.    Tagar untuk keadaan darurat

Karena karakternya yang real-time, Twitter digunakan untuk mencari informasi terkini tentang bencana atau situasi genting lainnya.

Twitter juga membantu banyak orang untuk mendapat pertolongan dari pihak lain dalam waktu singkat.

Pada keadaan seperti ini; fitur Like dan Retweet berperan penting karena dapat membantu kita menjangkau lebih banyak orang.

Tagar #Gempa misalnya, digunakan secara aktif oleh BMKG untuk memberi informasi dan perkembangan terbaru – tidak hanya kepada media, tapi juga masyarakat dan pihak lain yang membutuhkan bantuan.

Keberadaan tagar ini juga dapat membantu warga di pemukiman sekitar bencana agar dapat mengantisipasi langkah mereka selanjutnya.

4.    Diskusi tentang hiburan

Percakapan tentang topik hiburan di Twitter di Indonesia meningkat pada kuartal pertama tahun 2020. Percakapan tentang selebriti, misalnya, meningkat  62% di Indonesia, percakapan tentang musik meningkat 66%, dan topik tentang film meningkat 26%.

Konten-konten seputar fan art (seni dari penggemar) mendominasi percakapan tersebut. Seperti yang terlihat dari #RaisaThrowback yang sempat ramai di linimasa.

5.    Tagar sebagai penghubung dengan komunitas

Masyarakat Indonesia menggunakan Twitter untuk terhubung dengan orang lain yang memiliki minat atau kesukaan yang sama.

Seperti yang dilakukan oleh penggemar Animal Crossing dalam rangka merayakan HUT ke-75 RI. Mereka ramai-ramai berbagi hasil karyanya melalui Twitter dengan menggunakan tagar #AnimalCrossing.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Investree Filipina Operasikan Platform Crowdfunding UKM

Techbiz.id - Perusahaan joint venture berbasis fintech antara Filinvest Development Corp. (FDC) yang dimiliki oleh Keluarga Gotianun dengan Investree Singapore Pte. Ltd. resmi...

Artikel Terkait