Selasa, April 23, 2024

5 Lima Penggunaan Tagar yang Populer di Indonesia

Techbiz.id – Ketika menggunakan Twitter, pengguna akan melihat penggunaan tanda pagar (tagar) yang menghiasi linimasa.

Simbol “#” digunakan untuk menandai kata kunci atau topik dalam sebuah Tweet, dan mengkategorikan Tweet dengan topik pembahasan yang sama.

Dengan adanya tagar; Twitter menjadi corong suara bagi banyak orang, membentuk budaya, dan dapat mengubah dunia.

Baca juga: 5 Keunikan Penggunaan Twitter di Indonesia

Lima penggunaan tagar yang populer di Indonesia

Tagar yang banyak digunakan di Indonesia menunjukkan keberagaman cara orang menggunakan Twitter. 

Berikut ini adalah beberapa contoh dari jenis penggunaan tagar di Twitter.

1.    Untuk saling menginspirasi

Orang mencari inspirasi tentang berbagai hal di Twitter, dan hal ini dipermudah dengan adanya tagar. Tagar #dirumahaja misalnya.

Tagar ini tidak hanya digunakan untuk menginformasikan upaya preventif menghadapi pandemi, namun juga untuk menginspirasi orang lain agar tetap semangat dan produktif setiap harinya.

2.    Tagar untuk mengedukasi

Tanda tagar juga berguna untuk melakukan edukasi terkait topik tertentu. Tagar #padanan digunakan untuk berbagi pengetahuan tentang persamaan sebuah istilah bahasa asing dan konteks penggunaan yang tepat dalam Bahasa Indonesia. Tagar ini sering digunakan oleh salah satu pakar Bahasa Indonesia, yaitu @ivanlanin.

3.    Tagar untuk keadaan darurat

Karena karakternya yang real-time, Twitter digunakan untuk mencari informasi terkini tentang bencana atau situasi genting lainnya.

Twitter juga membantu banyak orang untuk mendapat pertolongan dari pihak lain dalam waktu singkat.

Pada keadaan seperti ini; fitur Like dan Retweet berperan penting karena dapat membantu kita menjangkau lebih banyak orang.

Tagar #Gempa misalnya, digunakan secara aktif oleh BMKG untuk memberi informasi dan perkembangan terbaru – tidak hanya kepada media, tapi juga masyarakat dan pihak lain yang membutuhkan bantuan.

Keberadaan tagar ini juga dapat membantu warga di pemukiman sekitar bencana agar dapat mengantisipasi langkah mereka selanjutnya.

4.    Diskusi tentang hiburan

Percakapan tentang topik hiburan di Twitter di Indonesia meningkat pada kuartal pertama tahun 2020. Percakapan tentang selebriti, misalnya, meningkat  62% di Indonesia, percakapan tentang musik meningkat 66%, dan topik tentang film meningkat 26%.

Konten-konten seputar fan art (seni dari penggemar) mendominasi percakapan tersebut. Seperti yang terlihat dari #RaisaThrowback yang sempat ramai di linimasa.

5.    Tagar sebagai penghubung dengan komunitas

Masyarakat Indonesia menggunakan Twitter untuk terhubung dengan orang lain yang memiliki minat atau kesukaan yang sama.

Seperti yang dilakukan oleh penggemar Animal Crossing dalam rangka merayakan HUT ke-75 RI. Mereka ramai-ramai berbagi hasil karyanya melalui Twitter dengan menggunakan tagar #AnimalCrossing.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...