Wednesday, March 3, 2021
Home News Twitter Ungkap 5 Karakter Gamer Indonesia

Twitter Ungkap 5 Karakter Gamer Indonesia

Must Read

Harga dan Spesifikasi Realme Narzo 30A di Indonesia

Techbiz.id - Menepati janjinya, Realme secara resmi menghadirkan Narzo 30A. Perangkat yang menyasar ponsel gaming entry-level ini tiba dengan...

Resmi, ROG Phone 5 Muncul dengan RAM 18GB

Techbiz.id - Asus ROG Phone 5 baru saja muncul di Geekbench. Daftar ini pun berhasil mengungkap kapasitas RAM yang...

Begini Bocoran Wujud Edisi Khusus Oppo Reno5

Techbiz.id - Jelang hari peluncuran resminya, bocoran mengenai wujud perangkat edisi khusus Reno5 semakin jelas. Kali ini, bocoran potongan...

Hadispedia Permudah Pencarian Hadis

Techbiz.id - Pernah kesulitan mencari hadis yang kamu dengar saat pengajian atau shalat Jumat? Kini ada solusinya dalam genggaman lewat...

Selain Kamera 108MP, Ini Fitur Fotografi yang Akan Hadir di Realme 8 Pro

Techbiz.id - Bersamaan dengan peluncuran inovasi kamera, Realme juga menggoda kehadiran Realme 8 Series. Penerus Realme 7 itu akan...

Techbiz.id – Industri gaming di Indonesia terus berkembang secara positif. Platform media sosial Twitter pun melakukan survey yang mengungkap tingkah laku unik  dan karakter gamer Indonesia.

Manurut Martyn U’ren, Head of Research at Twitter, APAC & MENA, dengan meningkatnya tren gaming di Twitter, percakapan mengenai gaming pada bulan April mencapai 247 juta Tweet di kawasan Asia Pasifik.

- Advertisement -

“Kami dapat melihat apa arti game bagi audiens Twitter di berbagai negara dan ada karakteristik unik pada audiens setiap negara,” ungkpnya.

Baca juga: Gamers Rogoh Kocek Hingga Rp846 Triliun Sepanjang 2019

Berdasarkan Survei Twitter mengenai motivasi gaming yang melibatkan lebih dari 11,300 sampel pada bulan April di Singapura, Indonesia, Filipina, Thailand, dan India; pengguna Twitter memainkan beberapa macam game untuk mengisi waktu luang.

karakter gamer indonesia

Berikut ini adalah 5 insight yang dapat menggambarkan perkembangan industri gaming di Indonesia berdasarkan percakapan yang ada di Twitter:

5 Karakter Gamer Indonesia

1. Game kasual masih populer

Hasil survei menunjukkan, bahwa  game kasual masih dinobatkan menjadi jenis game yang paling populer di antara para gamer Indonesia.

Game kasual mendapatkan perhatian 30% gamer Indonesia yang ada di Twitter, dibandingkan dengan jenis game lain seperti: Game Sosial (25%), Petualangan/Action (24%), eSport (19%), Role Playing (14%), dan Game Fitness (6%). 

2. Sebagai hobi mengisi waktu

Kebanyakan negara di Asia Tenggara bermain game untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga saat lockdown, hal ini berbeda dengan gamer Indonesia.

Sebanyak 55% dari Gen-Z dan 59% generasi Milenial menyebutkan, bahwa mereka bermain game untuk mengisi waktu. Sedangkan 26% Milenial di Indonesia mengatakan bahwa gaming adalah hobi sejak dulu, di mana lebih dari setengah partisipan ingin mengisi waktu luang mereka dengan bermain game.

3. Melarikan diri dari kenyataan

Survey menunjukkan bahwa gaming merupakan hiburan yang tidak hanya dilakukan untuk menghabiskan waktu, namun juga untuk melarikan diri dari kenyataan.

Hal penting lainnya mengenai karakteristik gamer Indonesia di Twitter adalah mereka bermain game untuk mencari bentuk keadaan normal atau normalcy dan pergi dari kenyataan yang berbeda-beda bagi orang lain.

4. Menghindari sosialisasi di dalam game

Bermain game daring dapat berarti terhubung dengan gamer seluruh dunia, atau bahkan dengan teman-teman, tapi tidak bagi gamer Indonesia.

Audiens gaming Indonesia di Twitter tidak terlalu antusias untuk mengobrol bersama pemain lain dengan waktu yang lama di dalam game. Namun gamer Indonesia fokus untuk menciptakan dunia yang bahagia di dalam game bagi karakter-karakter mereka.

5. Konektivitas tidak jadi soal

Walau tingkat penetrasi ponsel pintar tinggi di Indonesia, konektivitas tetap menjadi isu. Hal ini juga menjadi alasan utama game offline masih populer di kalangan gamer Indonesia. Namun hal tersebut tidak mencegah gamer Indonesia untuk bermain game. 

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Mulai Rp13 Juta, Laptop Acer Nitro 5 Sasar Gamer Kelas Berat

Techbiz.id - Acer baru saja meluncurkan laptop gaming terbaru dari keluarga Nitro 5, sekaligus menjadi laptop gaming pertama di...

Artikel Terkait