Tuesday, April 20, 2021
Home E-Commerce Peta Persaingan E-commerce Indonesia, Siapa Juaranya?

Peta Persaingan E-commerce Indonesia, Siapa Juaranya?

Must Read

Tips Berolahraga Saat Puasa dengan OPPO Band

Techbiz.id - Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan bukan alasan bagi kamu untuk malas bergerak, apalagi sampai “puasa berolahraga”....

ShopeePay Berikan Cashback 30% untuk Pelanggan Viu

Techbiz.id - ShopeePay dan Viu bekerja sama memberikan kemudahan bagi jutaan pelanggan Viu di Indonesia dalam menikmati hiburan premium...

Sambil Ngabuburit, TikTok Ajak Kreator ‘Sama-sama Berbagi’

Techbiz.id - TikTok, platform distribusi video singkat terdepan di Indonesia, menghadirkan program Ramadan bertajuk #SamaSamaBerbagi. Program ini mengajak para...

Asus Hadirkan Proyektor LED H1, Lebih Tajam dan Terang

Techbiz.id - ASUS hmenghadirkan proyektor LED H1, dengan sumber cahaya terang - 3000 lumen LED,  yang memungkinkannya memproyeksikan visual...

LinkAja Syariah Gelar Program Festival Ramadan 2021

Techbiz.id - Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, Layanan Syariah LinkAja memiliki program Festival Ramadan 2021 yang diharapkan dapat...

Tecbiz.id – Dari tahun ke tahun, terjadi perkembangan yang cukup signifikan pada industri e-commerce di Indonesia. Hal ini sejalan dengan perubahan perilaku pengguna e-commerce terutama semenjak pandemi COVID-19.

Dalam sebuah survey yang melibatkan 500 responden, Markplus melakukan pemetaan persaingan e-commerce di Indonesia terutama untuk kuartal III-2020.

- Advertisement -

Berdasarkan hasil survey tersebut, ternyata e-commerce yang sangat melekat dalam ingatan adalah Shopee yang dipilih oleh 71% responden.

Baca juga: Transaksi E-Commerce Meningkat 22% di Akhir 2019

Diikuti oleh Tokopedia dan Lazada di urutan kedua dan ketiga dengan masing-masing mendapatkan prosentase 15% dan 8% responden. Posisi selanjutnya diikuti oleh Bukalapak, Blibli dan JD ID.

Ternyata, TV (83%), Iklan yang muncul di Website/Social Media (73%), dan Youtube (70%) menjadi sumber utama pengguna dalam mendapatkan informasi terkait e-commerce. Intensitas munculnya iklan Shopee di web dan sosmed lebih tinggi dibandingkan e-commerce lainnya.

Shopee juga menjadi e-commerce yang paling sering digunakan selama 3 bulan terakhir (74%) karena program/kampanye serta promo yang ditawarkan dianggap paling menarik dibandingkan e-commerce lain.

Kemudian, secara keseluruhan Shopee dan Tokopedia merupakan E-commerce yang dipilih oleh mayoritas responden untuk digunakan berbelanja pada masa yang akan datang.

Aktivitas E-commerce Indonesia

Survey yang dilakukan oleh Markplus juga memaparkan berbagai aktivitas di e-commerce dan apa saja yang dibeli oleh masyarakat.

Dalam tiga bulan terakhir, sebanyak 61% responden melakukan pembelian produk fashio atau pakaian. Selain tu, sebanyak 59% melakukan pembelian produk digital seperti pulsa, paket data serta mobile game.

Baca juga: Pandemi Covid-19: E-Commerce Menuai Berkah

Perawatan kecantikan dan aksesoris fashion dibeli oleh sebanyak 56% dan 55% responden selama kurun waktu tersebut.

Shopee 9.9 Super Shopping day merupakan program E-commerce yang paling diketahui sekaligus pernah digunakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan, baik wanita dan pria, tua maupun muda.

Shopee Gratis Ongkir XTRA menjadi promo dengan tingkat awareness tertinggi dibandingkan promo e-commerce nya

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Chip Langka, Stok Ponsel Black Shark Kosong

Techbiz.id - Kabar mengejutkan datang dari produsen ponsel gaming Black Shark yang mengakui bahwa ponsel flagship keluaran terbarunya mengalami...

Artikel Terkait