Thursday, July 29, 2021
Home E-Commerce Peta Persaingan E-commerce Indonesia, Siapa Juaranya?

Peta Persaingan E-commerce Indonesia, Siapa Juaranya?

Must Read

Update Harga Redmi Note 9 Juli 2021, Turun Rp 500 Ribu!

Techbiz.id - Hadir di Indonesia dengan dua kapasitas, salah satu Redmi Note 9 kini dibanderol dengan harga yang lebih...

Zoom Punya Fitur Game, Begini Cara Bermainnya

Techbiz.id - Dari awal hingga pandemi berlangsung saat ini, popularitas Zoom kian meningkat. Selain didorong kebutuhan akan perlunya konferensi...

Cegah Ujaran Kebencian, Instagram Uji Fitur ‘Limits’

Techbiz.id - Instagram saat ini dilaporkan tengah menguji fitur bernama Limits. Fitur baru ini akan membantu pengguna untuk mencegah...

Gabungkan Seni dan Teknologi, OPPO Renovator 2021 Digelar

Techbiz.id - OPPO secara resmi meluncurkan OPPO Renovator 2021 untuk menjadi wadah bagi para kreator muda untuk mengekspresikan masa...

Jaringan XL Axiata Jangkau 5.102 Desa di Provinsi Aceh

Techbiz.id - XL Axiata memperkuat jaringan telekomunikasi di wilayah Provinsi Aceh trafik data di seluruh area Provinsi yang berada...

Tecbiz.id – Dari tahun ke tahun, terjadi perkembangan yang cukup signifikan pada industri e-commerce di Indonesia. Hal ini sejalan dengan perubahan perilaku pengguna e-commerce terutama semenjak pandemi COVID-19.

Dalam sebuah survey yang melibatkan 500 responden, Markplus melakukan pemetaan persaingan e-commerce di Indonesia terutama untuk kuartal III-2020.

Berdasarkan hasil survey tersebut, ternyata e-commerce yang sangat melekat dalam ingatan adalah Shopee yang dipilih oleh 71% responden.

Baca juga: Transaksi E-Commerce Meningkat 22% di Akhir 2019

Diikuti oleh Tokopedia dan Lazada di urutan kedua dan ketiga dengan masing-masing mendapatkan prosentase 15% dan 8% responden. Posisi selanjutnya diikuti oleh Bukalapak, Blibli dan JD ID.

Ternyata, TV (83%), Iklan yang muncul di Website/Social Media (73%), dan Youtube (70%) menjadi sumber utama pengguna dalam mendapatkan informasi terkait e-commerce. Intensitas munculnya iklan Shopee di web dan sosmed lebih tinggi dibandingkan e-commerce lainnya.

Shopee juga menjadi e-commerce yang paling sering digunakan selama 3 bulan terakhir (74%) karena program/kampanye serta promo yang ditawarkan dianggap paling menarik dibandingkan e-commerce lain.

Kemudian, secara keseluruhan Shopee dan Tokopedia merupakan E-commerce yang dipilih oleh mayoritas responden untuk digunakan berbelanja pada masa yang akan datang.

Aktivitas E-commerce Indonesia

Survey yang dilakukan oleh Markplus juga memaparkan berbagai aktivitas di e-commerce dan apa saja yang dibeli oleh masyarakat.

Dalam tiga bulan terakhir, sebanyak 61% responden melakukan pembelian produk fashio atau pakaian. Selain tu, sebanyak 59% melakukan pembelian produk digital seperti pulsa, paket data serta mobile game.

Baca juga: Pandemi Covid-19: E-Commerce Menuai Berkah

Perawatan kecantikan dan aksesoris fashion dibeli oleh sebanyak 56% dan 55% responden selama kurun waktu tersebut.

Shopee 9.9 Super Shopping day merupakan program E-commerce yang paling diketahui sekaligus pernah digunakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan, baik wanita dan pria, tua maupun muda.

Shopee Gratis Ongkir XTRA menjadi promo dengan tingkat awareness tertinggi dibandingkan promo e-commerce nya

- Advertisement -

Artikel Terkait

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Keyboard dan Mouse Gaming ROG Meluncur di Indonesia

Techbiz.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) mengumumkan ketersediaan keyboard gaming ROG Claymore II dan mouse gaming series ROG Gladius III. Diperkenalkan di...