Sabtu, Mei 4, 2024

Tingkatkan Aplikasi, Telegram Rilis 3 Fitur Baru

Techbiz.id – Dengan kontroversi mengenai kebijakan privasi WhatsApp, banyak pengguna smartphone memutuskan untuk mencoba layanan lain seperti Telegram. Layanan pesan teks tersebut dikenal dengan fitur aman dan berfokus pada privasi.

Berkat peningkatan pengguna baru baru-baru ini, Telegram sekarang telah mulai meluncurkan pembaruan baru ke layanan perpesanannya. Pembaruan tersebut menghadirkan banyak fitur yang sangat membantu pengguna, diantaranya hapus otomatis pesan dan tautan undangan yang kedaluwarsa.

Dimulai dari hapus pesan secara otomatis yang saat ini telah telah menjadi bagian dari fitur Telegram dengan cara yang berbeda.Telegram kini telah menambahkan fitur Hapus Otomatis ke obrolan biasa juga. Padahal, sebelumnya, hanya obrolan Rahasia Telegram terenkripsi dan tidak dapat diteruskan yang hanya memiliki pengatur waktu penghancuran otomatis.

Pengguna nantinya dapat mengaktifkan Hapus otomatis di dalam obrolan dan dapat mengatur untuk menghapus baik dalam 24 jam atau tujuh hari. Tentu saja, hanya pesan-pesan yang akan dihapus secara otomatis yang dikirim setelah mengaktifkan fitur tersebut.

Lebih lanjut, Telegram juga telah menambahkan “Grup Siaran” baru yang memungkinkan admin menambahkan jumlah anggota yang tidak terbatas. Tentu saja, hanya admin grup yang dapat mengirim pesan untuk menjadikannya grup penyiaran.

Tidak seperti pesan, saluran suara akan terbuka untuk semua orang di dalam Grup Siaran. Telegram menyebut fitur ini sebagai “ideal untuk komunitas besar”.

Terakhir, layanan perpesanan itu menghadirkan fitur tautan undangan yang kedaluwarsa. Kapan pun pengguna akan membagikan tautan ke grup-nya, Mereka akan dapat mengatur tanggal kedaluwarsa serta jumlah penggunaan.

Baca juga: Dinilai Lengkap, Tagar Pindah ke Telegram Rajai Trending di Twitter

Menurut Telegram, tautan undangan baru yang kedaluwarsa akan membantu admin untuk memoderasi grup mereka dengan lebih baik. Dengan ini, pengguna akan dapat memoderasi siapa yang bergabung dan merahasiakan hal-hal pribadi.

Bagi Kalian yang ingin menikmati sederet fitur baru tersebut, pastikan untuk melakukan pembaruan pada aplikasi Telegram.

Sebagai informasi, banyak pengguna meninggalkan WhatsApp untuk Telegram karena khawatir Facebook akan membaca pesan mereka. Memperluas fitur privasi seperti hapus otomatis merupakan langkah yang baik bagi Telegram untuk mengatasi masalah tersebut.

Walaupun hingga kini Telegram masih belum menawarkan fitur enkripsi end-to-end. Namun, aplikasi berbasis perpesanan itu memiliki Obrolan Rahasia, dimana satu-satunya yang dapat dilihat secara eksklusif hanya pada perangkat orang yang berpartisipasi, seperti mekanisme enkripsi end-to-end.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...