Sabtu, Oktober 1, 2022

Canggih! Apple Kenalkan Fitur Watch 8 yang Dapat Selamatkan Nyawa

Techbiz.id – Selain memperkenalkan MacBook bertenaga M2 yang baru, Apple juga mengumumkan fitur baru milik Apple Watch 8 Series dalam acara WWDC 2022.

Bahkan fitur baru Apple Watch ini diklaim dapat menyelamatkan nyawa penggunanya. Selama acara WWDC, raksasa yang berbasis di Cupertino telah meluncurkan watchOS 9 baru, yang akan menghadirkan sejumlah fitur baru.

Salah satunya termasuk sensor biomonitoring baru untuk deteksi beban AFib. Sesuai catatan resmi, Apple Watch terbaru akan dapat mendeteksi ritme yang tidak teratur dengan memantau detak jantung. Irama yang tidak teratur ini bisa menjadi indikasi fibrilasi atrium (AFib).

Melansir dari Gizmochina (8/6/2022), AFib terjadi ketika bilik jantung bawah dan atas tidak berdetak sinkron. Jadi, Apple Watch Series 8 baru bakal dapat memantau seberapa sering seseorang mengalami fibrilasi atrium selama periode waktu tertentu.

Khususnya, MyHealthyApple melaporkan bahwa FDA bahkan telah memberikan izin kepada pembuat iPhone untuk fitur pelacakan fibrilasi atrium. Jika Apple benar-benar akan mengadopsi fitur ini ada Watch Series 8, maka semakin besar kemungkinannya dalam menyelamatkan nyawa pengguna.

Baca juga:

AFib sendiri mempengaruhi sebanyak 9 persen dari populasi yang berusia di atas 65 tahun atau lebih dan 2 persen dari populasi di bawah 65 tahun. Namun, beberapa orang yang terkena AFib tidak pernah mengalami gejala apa pun, dan jika tidak diobati, hal itu dapat menyebabkan risiko gagal jantung atau stroke.

Terlepas dari itu, Apple Watch 8 Series diperkirakan akan dirilis Apple pada akhir tahun ini. Itu berarti, fitur pemantauan kesehatan ini kemungkinan baru akan muncul pada acara peluncuran mendatang.

Terkait

Artikel Terkait

5 Kelebihan Wuling Almaz EX, yang Terakhir Indonesia Banget

Techbiz.id - Wuling Almaz Exclusive atau dikenal Almaz EX menjadi salah satu tipe yang cukup banyak menjadi pilihan konsumen...