Minggu, Juni 23, 2024

ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition: Perpaduan Ryzen dan Radeon Paling Worthy

Techbiz.id – Memiliki laptop gaming yang mampu menjalankan game berat dengan lancar dan tanpa lag adalah impian yang harus diwujudkan bagi para gamer sejati. Namun, tidak semua laptop gaming memiliki performa yang memuaskan.

Banyak faktor yang perlu diperhatikan saat memilih laptop gaming terbaik, mulai dari prosesor, grafis, RAM, hingga daya tahan baterai. Ya, baterai juga menjadi hal penting karena tidak semua tempat menyediakan sumber listrik untuk mengisi ulang laptop Anda saat bermain game.

Jika Anda mencari laptop gaming yang tangguh, kencang, dan hemat daya, Anda mungkin tertarik dengan ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617). Laptop AMD Advantage pertama di tahun 2023 yang penggunankan CPU dan GPU AMD generasi terbaru, yaitu kombinasi antara CPU AMD Ryzen 7 7735HS generasi terbaru, GPU AMD Radeon RX 7600S, dan fitur-fitur AMD Smart Technologies.

Dimana sebelumnya sudah ada laptop berteknologi AMD Advantage dengan Kombinasi CPU Plus GPU Generasi sebelumnya (Ryzen 6000 + Radeon Rx 6000 Series). Dengan spesifikasi dan fitur yang mumpuni, laptop ini siap memberikan pengalaman gaming yang luar biasa di layar 16 inci dengan resolusi hingga QHD 240Hz dan screen-to-body ratio 90%.

Tidak hanya itu, laptop ini juga memiliki desain yang kokoh dengan sertifikat ketahanan militer AS (MIL-STD-810H) dan baterai berkapasitas besar yang mendukung pengisian daya melalui USB-C. Mari kita lihat lebih dekat apa saja keunggulan dari laptop gaming terbaru dari ASUS ini.

Redaksi Techbiz ID berkesempatan melakukan Review ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition, berikut ulasannya.

Review ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition

Lebih Keren, Lengkap, dan Tangguh

TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) hadir dengan desain bodi baru yang tampil dalam dua opsi warna, yaitu Off Black dan Sandstorm. Selain memiliki tampilan yang lebih minimalis dan modern, TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) juga dibekali dengan bodi yang cukup ringkas meski mengusung layar 16-inci.

Hal tersebut dikarenakan laptop gaming ini juga memiliki screen-to-body ratio sebesar 90% sehingga ukuran bezel menjadi sangat tipis dan membuat ukuran bodi secara keseluruhan menjadi lebih ringkas. Perlu dicatat juga bahwa laptop gaming ini merupakan seri TUF Gaming pertama yang menggunakan spesifikasi layar tersebut.

ASUS juga membekali TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) dengan keyboard full-size lengkap dengan tombol numerik. Di bagian atas keyboard-nya terdapat empat hot key yang memudahkan pengguna saat mengoperasikan mesin gaming ini.

Touchpad yang lebih luas juga membuat pengguna TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) tidak perlu harus selalu membawa mouse untuk mengoperasikan laptop ini dengan nyaman. ASUS juga memberikan detail desain khusus di bagian touchpad berupa logo TUF sehingga membuat laptop ini terlihat lebih eksklusif.

Sama seperti laptop seri TUF Gaming lainnya, TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) dibekali dengan desain bodi yang sangat tangguh. Tidak tanggung-tanggung, laptop ini telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD-810H).

Artinya, TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) telah berhasil melewati berbagai pengujian ekstrem mulai dari uji ketahanan fisik dari benturan dan getaran, hingga uji operasional di kondisi ekstrem seperti pada suhu dan kelembapan tinggi. Ketangguhan inilah yang menjadi nilai tambah bagi TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617), karena penggunanya tidak perlu khawatir saat mengajak laptop ini bepergian.

Tidak hanya sekadar tangguh, TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) juga memiliki fitur-fitur pendukung mobilitas lainnya, berkat baterai berkapasitas besar yaitu 90WHr. TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) juga dilengkapi dengan fitur USB Type-C charging sehingga lebih nyaman untuk dibawa bepergian. Terlihat dari hasil benchmark di bawah yang menggunakan PCMark 10 Battery Test pada mode Video Loop, laptop gaming ini dapat bertahan hingga 8 jam 31 menit. Luar biasa!

TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) juga unggul dalam hal konektivitas. Port modern seperti USB 4.0 Type-C yang mendukung DisplayPort 1.4 dan USB Power Delivery hingga 100W. Selain itu, TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) juga dibekali dengan port HDMI, USB 3.2 Gen1 Type-A, serta 3.5mm combo audio jack untuk menghubungkan berbagai perangkat eksternal.

Untuk konektivitas nirkabel, TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) telah dilengkapi dengan WiFi 6 yang merupakan teknologi WiFi terkini. Hadir dengan kecepatan transfer yang lebih tinggi, WiFi 6 memastikan pengguna TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) tetap dapat terkoneksi ke internet dan membuat sesi gaming hingga streaming dapat berjalan lancar tanpa gangguan.

Review Performa ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition

TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) merupakan laptop gaming istimewa karena ditenagai oleh CPU AMD Ryzen 7 7735HS dan GPU AMD Radeon RX7600S. Selain merupakan CPU dan GPU generasi terkini, kombinasi keduanya memungkinkan laptop gaming ini dapat bekerja secara sangat efisien sekaligus menghasilkan performa yang powerful.

AMD Ryzen 7 7735HS merupakan CPU generasi terbaru yang telah menggunakan arsitektur Zen 3+. CPU yang menggunakan konfigurasi 8 core dan 16 thread ini juga mampu dipacu hingga 4,75GHz. Namun berkat base TDP sebesar 35W, AMD Ryzen 7 7735HS mampu tampil sebagai salah satu prosesor laptop gaming yang paling efisien.

AMD Ryzen 7 7735HS juga dibekali dengan chip grafis terintegrasi (iGPU) AMD Radeon 680M yang sudah sangat mumpuni untuk memenuhi kebutuhan komputasi sehari-hari. Chip grafis ini yang memungkinkan TUF Gaming Advantage A16 Edition (FA617) dapat beroperasi dengan sangat baik bahkan saat tidak terhubung ke sumber listrik.

Sementara itu, performa gaming TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) bertumpu pada GPU AMD Radeon RX7600S. GPU yang telah menggunakan arsitektur RDNA 3.0 terbaru tersebut sudah mendukung berbagai teknologi grafis terkini. Tidak hanya itu, dukungan VRAM sebesar 8GB serta MUX Switch juga membuat AMD Radeon RX7600S di TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) semakin dapat diandalkan oleh gamers maupun konten kreator.

Kombinasi CPU dan GPU dari AMD juga membuat TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) hadir dengan berbagai fitur eksklusif yang tidak dimiliki oleh laptop gaming pada umumnya. Salah satu fitur tersebut adalah SmartShift yang memungkinkan CPU dan GPU untuk saling berbagi tenaga tergantung pada beban kerja yang digunakan. SmartShift juga memungkinkan TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) untuk hadir dengan TGP hingga 120W.

Selain itu terdapat juga Smart Access Memory yang memungkinkan CPU untuk dapat mengakses seluruh VRAM pada GPU sehingga pemrosesan grafis dapat berjalan lebih efisien dan performa dapat ditingkatkan.

Fitur eksklusif lainnya adalah SmartShift RSR yang memungkinkan dedicated GPU pada TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) untuk melakukan rendering pada resolusi yang lebih rendah, lalu kemudian di-upscale oleh integrated GPU sehingga dapat menghasilkan framerate yang lebih tinggi saat bermain game. Fitur yang segera datang di pertengahan tahun 2023 tersebut juga telah didukung di laptop gaming ini.

Berikut adalah hasil benchmark sintetis dari TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617):

Kombinasi CPU dan GPU dari AMD juga membuat TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) juga terbukti sangat efektif untuk gaming. Ditambah dengan fitur eksklusif sepert Radeon Super Resolution, game pun dapat berjalan lebih kencang. Tidak percaya? Berikut hasil benchmark dari dua game AAA yang dijalankan langsung oleh TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617).

Sistem Pendingin Khusus

Untuk memastikan performa yang konsisten, TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) telah dibekali dengan sistem pendingin khusus. Sistem pendingin tersebut terdiri dari dua kipas Arc Flow, lima heatpipe berbahan tembaga, serta heatsink yang memiliki fin dengan ketebalan hanya 0,1mm.

Terlebih lagi, heatpie yang digunakan di sistem pendingin TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) telah dirancang untuk mendinginkan tidak hanya CPU dan GPU, tetapi juga VRM dan VRAM. Alhasil TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) memiliki thermal coverage sebesar 45%.

Kipas Arc Flow yang digunakan di sistem pendingin TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) juga dirancang secara spesifik untuk mengalirkan udara secara maksimal, namun dengan tingkat kebisingan yang minimal. Bilah kipasnya hadir dengan struktur khusus yang dapat meminimalisir turbulensi udara sehingga udara dapat mengalir secara lebih optimal dan operasional kipas menjadi lebih senyap.

Dari grafik di atas terlihat bahwa TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617) bekerja dengan sangat baik pada pengujian 3DMark Speed Way Stress Test (50x loop) dengan rata-rata suhu CPU sebesar 77⁰C dengan suhu maksimalnya berada di 84⁰C.

Paling Worthy

Bagi para gamer yang mencari laptop gaming di rentang harga 20 juta rupiah, TUF Gaming A16 Advantage Edition adalah pilihan yang sangat worth it. Dengan performa yang luar biasa dan fitur-fitur canggih yang ditawarkan, laptop ini menawarkan pengalaman gaming yang tak tertandingi di kelasnya. Apalagi Anda sudah mendapatkan GPU dengan VRAM sebesar 8GB.

Dari segi desain hingga kemampuan hardware-nya, TUF Gaming A16 Advantage Edition menunjukkan bahwa laptop gaming tidak harus mahal untuk memberikan pengalaman terbaik. Dengan harga yang sangat kompetitif di kelasnya, laptop ini adalah pilihan cerdas bagi para gamer yang menginginkan kualitas tanpa harus menguras kantong.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...