Kamis, April 18, 2024

Mengapa Ponsel Lipat Kelas Menengah Belum Ada? Ini Alasannya

Techbiz.id – Ponsel lipat telah menjadi pembahasan hangat di industri seluler selama beberapa tahun terakhir. Berbagai pabrikan, seperti Samsung, Oppo, Huawei, Tecno telah menjajakan perangkatnya ke pasar.

Yang menjadi catatan, banyak peminat yang ingin mendapatkan smartphone yang dapat dilipat ini, namun sayangnya semua masih terbentur harga yang masih terlampau tinggi, jika dibanding dengan ponsel flagship sekalipun.

Merespons hal itu,  Wakil Presiden Penjualan dan Layanan Oppo, Billy Zhang, menyampaikan jika ponsel lipat kelas menengah (mid range) tidak bakal datang dalam waktu yang dekat.

Ini lantaran secara teknik dan perangkat keras yang diperlukan untuk perangkat lipat, jauh lebih mahal daripada ponsel pada umumnya.

Kemudian Zhang percaya bahwa sekalipun ada ponsel lipat kelas menengah, pastinya setiap brand tidak dapat berkompromi pada chipset atau kualitas dari perangkatnya.

Dan hal itu pada akhirnya tidak akan terjadi, karena layar yang dapat dilipat mengharuskan motherboard untuk dibagi menjadi dua bagian, yang mengakibatkan perlunya desain chipset khusus, yang berbeda sama sekali.

Zhang juga menunjukkan bahwa Oppo memprioritaskan pengalaman pengguna dalam hal pengembangan produk. Akibatnya, perusahaan tidak akan berkompromi pada kualitas demi label harga yang lebih rendah.

Meskipun demikian, perlu dicatat bahwa pabrikan China saat ini sedang mengerjakan model lipat kelas menengah, dan tidak menutup kemungkinan di tahun yang akan datang, ponsel kepit bisa jauh lebih murah.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...