Sabtu, Oktober 26, 2024

Peta Persaingan E-commerce Indonesia, Siapa Juaranya?

Tecbiz.id – Dari tahun ke tahun, terjadi perkembangan yang cukup signifikan pada industri e-commerce di Indonesia. Hal ini sejalan dengan perubahan perilaku pengguna e-commerce terutama semenjak pandemi COVID-19.

Dalam sebuah survey yang melibatkan 500 responden, Markplus melakukan pemetaan persaingan e-commerce di Indonesia terutama untuk kuartal III-2020.

Berdasarkan hasil survey tersebut, ternyata e-commerce yang sangat melekat dalam ingatan adalah Shopee yang dipilih oleh 71% responden.

Baca juga: Transaksi E-Commerce Meningkat 22% di Akhir 2019

Diikuti oleh Tokopedia dan Lazada di urutan kedua dan ketiga dengan masing-masing mendapatkan prosentase 15% dan 8% responden. Posisi selanjutnya diikuti oleh Bukalapak, Blibli dan JD ID.

Ternyata, TV (83%), Iklan yang muncul di Website/Social Media (73%), dan Youtube (70%) menjadi sumber utama pengguna dalam mendapatkan informasi terkait e-commerce. Intensitas munculnya iklan Shopee di web dan sosmed lebih tinggi dibandingkan e-commerce lainnya.

Shopee juga menjadi e-commerce yang paling sering digunakan selama 3 bulan terakhir (74%) karena program/kampanye serta promo yang ditawarkan dianggap paling menarik dibandingkan e-commerce lain.

Kemudian, secara keseluruhan Shopee dan Tokopedia merupakan E-commerce yang dipilih oleh mayoritas responden untuk digunakan berbelanja pada masa yang akan datang.

Aktivitas E-commerce Indonesia

Survey yang dilakukan oleh Markplus juga memaparkan berbagai aktivitas di e-commerce dan apa saja yang dibeli oleh masyarakat.

Dalam tiga bulan terakhir, sebanyak 61% responden melakukan pembelian produk fashio atau pakaian. Selain tu, sebanyak 59% melakukan pembelian produk digital seperti pulsa, paket data serta mobile game.

Baca juga: Pandemi Covid-19: E-Commerce Menuai Berkah

Perawatan kecantikan dan aksesoris fashion dibeli oleh sebanyak 56% dan 55% responden selama kurun waktu tersebut.

Shopee 9.9 Super Shopping day merupakan program E-commerce yang paling diketahui sekaligus pernah digunakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan, baik wanita dan pria, tua maupun muda.

Shopee Gratis Ongkir XTRA menjadi promo dengan tingkat awareness tertinggi dibandingkan promo e-commerce nya

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...