Kamis, Januari 20, 2022
BerandaNewsHal yang Harus Dijauhi oleh Streamer Facebook Gaming, Bisa Bikin Turun Jangkauan!

Hal yang Harus Dijauhi oleh Streamer Facebook Gaming, Bisa Bikin Turun Jangkauan!

Must Read

Techbiz.id – Facebook Gaming merupakan platform yang memungkinkan gamer dapat berinteraksi secara langsung melalui live streaming. Menurut data internal Facebook Q3 2020, dari 230 juta pengguna, 600 ribu diantaranya adalah anggota aktif Grup Game setiap bulannya.

Di Indonesia sendiri komunitas streamer mau pun penonton sudah mulai meningkat. Dari yang ranah profesional hingga amatir. Namun, untuk beberapa streamer baru di Facebook Gaming, ada yang masih belum mengetahui pedoman Standar Komunitas Facebook dan Kebijakan Konten.

Dalam pedoman tersebut banyak hal yang harus diperhatikan agar jangkauan tidak drop. Jangkauan yang turun dapat menyebabkan rekomendasi kurang, yang mengakibatkan jumlah viewers menurun.

Pada artikel ini, penulis akan merangkum hal yang harus ‘dipatuhi’ ketika kamu melakukan siaran langsung di Facebook Gaming. Semua yang ditulis berdasarkan pengalaman dan tentunya sesuai dengan Standar Komunitas Facebook.

Hindari Clickbait pada Deskripsi dan Judul

clickbait facebook gaming

Pertama dan yang paling utama adalah hindari judul dan deskripsi yang mengandung clickbait. Poin ini tertuang dalam panduan Standar Komunitas Facebook.

Hampir diseluruh platform melarang judul atau deskripsi yang mengundang orang untuk melihat konten tersebut, namun isi konten yang disajikan berbeda. Contohnya seperti “Tiga Hal Ini Membuat Anda Tertawa, Nomor Duanya Sangat ….”. Dari kalimat tersebut ada hal yang disembunyikan “Apa nomor duanya?” “Apakah nomor dua malah bikin menakutkan?”.

Gunakan judul dan deskripsi yang tidak sensasional agar terhindar dari praktik clickbait. Jika kamu terus melakukan teknik clickbait, maka postingan halaman akan dikurangi distribusinya. Ini akan berakhir pada berkurangnya jumlah rekomendasi dari Facebook untuk konten dan halaman kamu. Baca selengkapnya tentang praktik clickbait pada artikel ini.

Selain itu, hindari penggunaan huruf kapital berlebih karena Facebook akan mengenalinya dengan konten Clickbait.

Jangan Menggunakan Praktik Engagement Bait

engagement bait facebook

Engagement bait merupakan teknik untuk memancing pengguna Facebook agar berinteraksi seperti memencet tombol like, love, bagikan, dan komentar.

Dilansir dari Blog resmi Facebook, berikut adalah jenis-jenis Engagement Bait:

  • React baiting: Meminta orang untuk menanggapi postingan (termasuk suka, super, peduli, haha, wow, sedih, dan marah)
  • Comment baiting: Meminta orang memberi komentar dengan jawaban tertentu (kata, angka, frasa, atau emoji)
  • Share baiting: Meminta orang membagikan postingan kepada temannya
  • Tag baiting: Meminta teman untuk menandai temannya
  • Vote baiting: Meminta orang memberi suara menggunakan tanggapan, komentar, bagikan, atau cara lain yang mewakili pemberian suara

Jika diterapkan ke dalam Facebook Gaming, kamu dilarang untuk menggunakan kata FOLLOW, LIKE, dan Share pada judul dan deskripsi siaran langsung.

Kata-kata diatas termasuk kedalam Engagement Bait Facebook. Jika kamu masih menggunakan kata tersebut, segera perbarui deskripsi atau judul pada video siaran langsung yang sudah berakhir. Dan ingat, jangan menggunakannya lagi pada siaran langsung yang akan datang.

Apa yang terjadi jika terus menggunakan kata FOLLOW, LIKE, SHARE pada postingan? Fans Page kamu bakalan terkena pelanggaran yang ‘tak kasat mata’ alias distribusi konten turun drastis yang menyebabkan viewers drop secara signifikan.

Link keluar Facebook Berbahaya!

Menempel link aktif keluar domain facebook.com secara tidak langsung akan menurunkan jangkauan. Hal ini memang secara tidak langsung tertuang dalam pedoman Standar Komunitas Facebook.

Berbekal dari pengalaman dan sharing antar streamer di Facebook, menempel link aktif akan berdampak buruk pada jangkauan. Di mana distribusi konten melalui Rekomendasi, turun secara drastis.

Contohnya, jika kamu memiliki channel YouTube, ada baiknya menggunakan image atau overlay ditampilan streaming. Dibanding menggunakan link aktif youtube.com/user/namachannel pada deskripsi.

Jangan Menyematkan Komentar dengan Kata Ini

Fitur sematkan komentar pada ruang obrolan Facebook Gaming memudahkan streamer untuk memberikan informasi tambahan. Terkadang, fitur ini digunakan untuk hal yang justru dilarang.

Seperti yang sudah penulis sampaikan diatas FOLLOW, LIKE, dan SHARE merupakan kata yang mengandung praktik Engagement Bait.

Banyak streamer pemula yang memanfaatkan fitur sematkan komentar untuk meminta penonton agar menyukai, mengikuti, dan membagikan kontennya. Bukan malah bagus, walhasil jangkauan pasti terkena dampak negatif.

Selain itu, penempatan link aktif juga harus dihindarkan agar tidak terkena ‘jangkauan’.

Hal yang Tidak Harus Dilakukan Moderator

facebook gaming jangkauan

Moderator bertugas untuk mengawasi siaran langsung agar komentar tetap bersih. Selain itu, tugas moderator juga dapat membantu host untuk melakukan hal lain, seperti pengingat lama streaming berlangsung, handle event atau turnamen, dan lain-lain.

Jika kamu memiliki moderator, pastikan untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan Halaman FP kamu. Jika akun Facebook moderator terkena pelanggaran, maka akan berimbas juga ke halaman FP terkait.

Apa yang harus dihindari moderator?

  • Tidak boleh berkomentar yang mengandung Engagement Bait (FOLLOW, LIKE, SHARE)
  • Tidak boleh tag akun Facebook lain untuk mengundang ke siaran langsung
  • Hindari berkomentar. Berkomentarlah jika perlu
  • Akun moderator dilarang membagikan atau menyukai siaran langsung kamu, mau pun siarang lansung orang lain.

Pastikan kamu juga tidak membagikan siaran langsung sendiri menggunakan akun Facebook yang terkait di Halaman FP. Sebisa mungkin hindari spam share!

Gunakan Musik Bebas Copyright

Musik dapat mendukung siaran langsung kamu agar tidak sepi ketika kamu sedang fokus bermain game. Namun, penggunaan musik yang memiliki copyright dapat menyebabkan pelanggaran serius.

Sebisa mungkin gunakan musik yang bebas copyright, atau bisa menggunakan musik yang disediakan oleh Facebook Gaming.

Nah begitu lah praktik terbaik yang musti kamu lakukan agar terhindar dari pelanggaran Facebook. Beberapa dari tips diatas berdasarkan pengalaman penulis, Standar Komunitas Facebook, dan sharing dari streamer Facebook Gaming.

Baca Juga:

Terkait

Artikel Terkait

Mediatek Pamerkan Kemampuan Koneksi Wi-Fi 7 Filogic

Techbiz.id - Demo langsung pertama teknologi Wi-Fi 7 di dunia berhasil dilakukan Mediatek. Demo ini menyoroti kemampuan portofolio konektivitas...