Minggu, November 27, 2022

Review realme 10: Ngacir Berkat Chipset Helio G99 dan Dynamic RAM

Techbiz.id – realme kembali membuat kejutan dengan menyodorkan smartphone Number Series terbarunya di pasar Indonesia.

Smartphone number Series terbaru yang diluncurkan kali ini adalah realme 10 yang menjadi senjata realme menjelang tutup tahun 2022 untuk “bertempur” pada segmen kelas menengah di Indonesia.

Lalu, seperti apa kinerja realme 10 ini? TechBiz.ID kembali dipercaya realme untuk melakukan review dan mencoba langsung smartphone tersebut. Tak hanya dipakai untuk berselancar di internet, smartphone tersebut juga “dipaksa” bermain game berat. Dan hasilnya bisa kamu baca di bawah ini hingga selesai!

Review realme 10

Desain

Mungkin tak sedikit dari kamu yang bertanya-tanya, mengapa harus membeli realme 10? Bisa kita lihat, realme begitu sukses memasarkan seluruh seri smartphone yang diluncurkan di pasar Indonesia, tidak terkecuali realme Number Series yang terus dikembangkan.

Melihat keberhasilan pada seri realme 9 di Indonesia dan angka Number Series yang diklaim oleh realme telah mencapai lebih dari 40 juta pengguna di dunia, realme melalui realme 10 akan kembali membawa leap-forward technology kepada konsumen.

Salah satu leap-forward technology yang ditawarkan berkaitan erat dengan desain. Ya! realme 10 yang menyasar konsumen kelas menengah datang dengan desain yang stylish. Tak hanya itu, ini juga jadi smartphone tertipis yang pernah diluncurkan realme secara global.

Terkait dengan desain stylish, realme terinspirasi oleh film 3D fiksi ilmiah, “The Three-Body Problem”. Dalam film tersebut diceritakan ada partikel cahaya dapat menabrak bintang dengan kecepatan cahaya. Ini menunjukkan kecepatan dan kekuatan, seperti itulah desain dari realme 10. 

Jika kamu memegang langsung realme 10 ini, bisa dikatakan bahwa R&D realme berhasil menggabungkan proses Atom-coating dan proses pencetakan UV-nano. Hasilnya, realme 10 mewujudkan tekstur 3D dengan efek cahaya bergelombang dinamis dengan 6 lapisan.

Masih terkait dengan desain yang ditawarkan, realme pun berhasil mengemas smartphone ini dengan ketebalan hanya 7,95 mm. Karena itu, realme pun sesumbar bahwa realme 10 adalah smartphone tertipis yang pernah diluncurkan realme secara global.

Ya! Secara dimensi, realme 10 memiliki lebar 73,3 mm dan panjang 159,9 mm. Sementara itu, bobotnya hanya 178 gram. Ini menjadikan realme 10 sebagai perangkat yang nyaman digenggam saat bermain game dengan waktu yang lama.

Pada bagian belakang perangkat, realme juga menyematkan dua buah kamera yang disusun secara vertikal. Tidak ketinggalan, ada dukungan sebuah LED flash. realme juga menyelipkan teks bertuliskan “50MP AI CAMERA”. Ada dua warna yang ditawarkan, yakni Clash White dan Rush Black.

Nah! Bagi kamu yang penasaran dengan bagian muka dari realme 10, smartphone ini sudah mengadopsi panel layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci FHD+ dengan model kamera punch hole. Ini bertujuan untuk memberikan warna yang hidup dan rasio kontras yang lebih baik. 

Layar realme 10 memiliki rasio kontras 4.000.000:1 dan tingkat kecerahan mencapai 1000nits. Tentu saja, membawa smartphone ini keluar ruangan di bawah terik matahari, kamu masih bisa menikmati semua informasi yang ditampilkan oleh layar realme 10.

realme 10 masih datang dengan layar yang memiliki refresh rate 90Hz. Tetapi, bagi kamu yang getol bermain game di smartphone tak perlu risau. Pasalnya, realme 10 memiliki tingkat respon sentuh yang tinggi, yakni 360Hz.

Satu lagi yang menjadikan smartphone ini menarik di sektor tampilan, realme telah membekali layar realme 10 dengan Corning Gorilla Glass 5. Jadi, kamu tak perlu khawatir ketika menyimpan smartphone ini di saku celana kerja bersama dengan kunci atau uang logam. 

Tombol volume dan daya yang terintegrasi pemindai sidik jari ditempatkan di sisi frame sebelah kanan. Sementara, di sisi frame sebelah kiri, realme menempatkan slot untuk 2 SIM Card dan microSD Card. Di sisi frame bagian bawah ada headphone jack 3.5mm, port USB Type-C dan grill speaker.

Review Performa realme 10

Seperti telah disebutkan di atas, realme Number Series datang sebagai smartphone yang menyasar kelas menengah, tidak terkecuali realme 10 yang meluncur secara resmi di Indonesia pada awal bulan November ini.

Tentu saja, datang sebagai smartphone yang menyasar kelas menengah, tak sedikit yang bertanya-tanya mengenai dapur pacunya. Ya! Berbeda dengan pendahulunya, realme 9, realme kini percaya diri untuk menyematkan chipset yang dikembangkan oleh MediaTek.

Tercatat, realme 10 dipasok chipset Helio G99 dengan fabrikasi 6 nm. Disebutkan bahwa chipset ini diklaim oleh realme punya peningkatan total kinerja mencapai 40% dibandingkan dengan chipset yang ada pada realme 9. 

Sementara, kinerja CPU-nya juga meningkat hingga 25% jika dibanding dengan realme 9. Selain itu, berkat fabrikasi 6 nm, chipset ini juga dikatakan irit dalam hal pemakaian daya, yakni mencapai penghematan hingga 20%. 

Bagi kamu yang penasaran dengan konfigurasi CPU-nya, Helio G99 adalah chipset dengan CPU Octa-core yang memiliki konfigurasi 2 x Cortex-A76 dengan clock speed 2,2GHz & 6 x Cortex-A55 yang memiliki clock speed 2,0GHz. Sementara, GPU-nya adalah Mali-G57 MC2.

Jika kamu sudah tahu chipset yang disematkan ke dalam bodi realme 10, kini mari kita cari tahu sektor memorinya. Ya! realme 10 datang dengan dukungan RAM LPDDR4X hingga 8 GB yang dipadukan dengan internal storage 128 GB dengan teknologi UFS 2.2.

Ya! realme 10 menawarkan teknologi UFS 2.2 untuk kecepatan baca dan tulis data yang lebih baik, bukan lagi eMMC yang memang sudah mulai ditinggalkan oleh banyak pabrikan smartphone yang merilis perangkat kelas menengah ke atas. 

Apakah hanya itu? Rupanya realme juga membekali realme 10 dengan fitur Dynamic RAM. Fitur ini akan menambah besaran RAM hingga 8 GB. Jadi, ketika fitur ini diaktifkan, RAM dari realme 10 akan bisa kamu dongkrak mencapai 16 GB.

Ya! Punya dukungan RAM 8 GB + Dynamic RAM 8 GB, realme 10 bisa menjalankan 18 aplikasi secara bersamaan. Artinya, kamu bisa lebih leluasa untuk multitasking dengan smartphone ini. Sementara, dukungan internal storage 128 GB jika kamu rasa tidak mencukupi dapat diexpand hingga 1 TB melalui kartu microSD (dedicated).

Lalu, bagaimana dengan catu dayanya? realme 10 masih memiliki kapasitas baterai yang sama dengan pendahulunya, yakni 5000 mAh. realme juga membekali smartphone ini dengan pengisian cepat 33W SUPERVOOC.

Di atas kertas, realme sesumbar bahwa punya dukungan catu daya seperti itu, baterai realme 10 bisa diisi mulai dari 0% hingga 50% hanya butuh waktu 28 menit. Jika diisi hingga penuh alias 100%, hanya butuh waktu 70 menit.

Terkait dengan daya tahan baterainya, realme menyebutkan bahwa realme 10 memiliki daya tahan baterai saat siaga hingga 688,14 jam, 38,28 jam daya tahan baterai untuk panggilan telepon, dan 58,62 jam untuk streaming musik tanpa henti.

Tentu saja, angka-angka di atas adalah klaim realme. Bagaimana dengan pengujian kinerja berdasarkan aplikasi benchmark yang dipakai oleh Techbiz.ID dalam artikel review realme 10 ini. Ya! Ada tiga aplikasi benchmark yang dijalan, yakni AnTuTu, Geekbench dan 3DMark. Dan hasilnya bisa kalian lihat seperti tangkapan layar di bawah ini.

review realme 10
Hasil benchmark realme 10

Tak hanya itu, dalam review kali ini Techbiz ID juga menggunakan realme 10 untuk menikmati waktu santai disela-sela aktivitas rutin, yakni bermain game. Ada tiga game yang dimainkan oleh TechBiz.ID, yakni PUBG Mobile, Asphalt 9: Legends dan Genshin Impact. Bisa dikatakan, kamu akan menemukan rasa yang cukup nyaman ketika memainkan ketiga game tersebut di realme 10.

Ketika kamu harus mengadu kecepatan dan kelincahan dalam mengemudikan mobil sport saat memainkan Asphalt 9: Legends. Game yang dikembangkan oleh Gameloft SE ini bisa berjalan sangat lancar!

Sekarang, mari kita uji daya tahan catu dayanya. Dipakai untuk bermain game PUBG Mobile selama 30 menit, baterai smartphone ini hanya terkuras 8%. Lalu, ketika dipakai untuk bermain Genshin Impact dalam durasi waktu yang sama, baterainya bisa terkuras hingga 11%.

Review Kamera realme 10

review kamera realme 10

Seperti telah disinggung di atas, realme 10 datang dengan dua kamera di bagian belakang yang disusun secara vertikal. Ya! Kamera utamanya 50 MP ada di bagian atas, dengan sensor Samsung JN1 yang sudah ditopang teknologi AI. Di bawahnya adalah kamera B&W 2 MP. Sementara, untuk menjawab kebutuhan foto selfie dan video call, realme telah mempersenjatai realme 10 dengan kamera depan 16 MP.

Berkat dukungan teknologi AI yang disematkan oleh realme ke dalam kamera utama 50 MP yang ada pada realme 10, foto yang dihasilkan bisa muncul dengan warna yang begitu cerah dan terlihat lebih detail.

Saat mengambil gambar di malam hari dalam mode normal, realme tampaknya memang berhasil meningkatkan kecepatan shutter-nya secara signifikan. Ya! realme sendiri sesumbar bahwa ada peningkatan hingga 121%.

Nah! Bagaimana jika kamu memanfaatkan kamera yang ada pada realme 10 ini untuk memotret subjek di malam hari? Ya! realme masih memperkaya realme Number Series terbarunya ini dengan fitur Night Mode.

Menariknya, fitur Night Mode yang ada pada smartphone ini telah ditingkatkan kemampuannya dengan teknologi ProLight. Berkat teknologi tersebut, foto malam yang dihasilkan oleh realme 10 terlihat lebih tajam dan lebih terang.

Tak hanya itu, untuk menghasilkan foto malam yang terlihat sedikit berbeda, TechBiz.ID juga mencoba langsung lima filter menarik yang disematkan oleh realme. Kelima filter tersebut adalah Modern Gold, Cyberpunk, Flamingo, Astral dan Dazzel. 

realme juga memperkaya sektor fotografi realme 10 dengan fitur Street Photography 2.0. Melalui fitur ini, kamu bisa lebih jauh berekspresi menciptakan foto-foto unik yang kaya warna. Ada juga dukungan beragam filter yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah 90’s Pop. 

Tak perlu khawatir jika kamu getol memotret subjek dengan latar belakang blur. realme juga mengemas kamera realme 10 dengan dukungan fitur Portrait Mode. Bahkan, kamu bisa mengatur penggunaan aperture untuk menghasilkan efek bokeh yang lebih baik.

Mode pemotretan lainnya yang bisa kamu temukan adalah 50M. Sudah barang tentu, dengan mode pemotretan ini, foto yang dihasilkan akan memiliki resolusi lebih tinggi. Kamu juga bisa menemukan Tilt-Shift Mode untuk menghasilkan foto dengan efek miniatur.

Nah! Bagi kamu yang tidak suka dengan pemotretan mode otomatis, realme juga menyediakan pilihan Pro Mode. Di sini, kamu dapat mengatur beberapa hal, mulai dari penggunaan ISO, aperture atau bukaan lensa, white balance dan sebagainya.

Bagaimana jika realme 10 kamu gunakan untuk kebutuhan perekaman video? Hasil rekaman video maksimal yang bisa diciptakan oleh smartphone ini adalah resolusi Full HD (1080p) dengan frame rate 30fps dan 60fps. 

Selain itu, realme juga memperkaya realme 10 dengan kemampuan untuk menciptakan video Slo-Mo dan Time-Lapse. Nah! Bagi kamu yang suka nge-vlog, tidak ada salahnya untuk mencoba fitur Dual-View Video.

Melengkapi Ekosistem AioT

Smartphone realme 10 hadir bersama dengan TechLife Robot Vacuum dan TechLife Hair Dryer. Dengan menggunakan teknologi terbaru yaitu LiDAR Smart Mapping, produk ini memiliki kemampuan pemetaan spasial yang jauh lebih baik dibandingkan kompetitor saat ini.

TechLife Robot Vacuum dari realme ini juga memanfaatkan sensor giroskop untuk pembersihan yang akurat saat beroperasi. Perangkat AIoT ini juga menawarkan banyak fitur canggih seperti rencana pembersihan rumah yang dapat disesuaikan, 38 sensor presisi tinggi, kebisingan operasi rendah 55dB, dukungan Google Assistant & Alexa, serta didukung oleh baterai besar 5200 mAh dan daya hisap utama 3000Pa.

Sementara itu, TechLife Hair Dryer mampu memberikan hembusan angin powerful untuk proses pengeringan rambut yang lebih cepat yang juga nyaman digunakan. Perangkat ini bisa menjadi solusi perawatan rambut yang maksimal.

Kesimpulan Review realme 10

realme 10 adalah smartphone kelas menengah yang datang dengan chipset Helio G99. Berbekal chipset buatan MediaTek tersebut, tentunya kamu tak perlu risau untuk menjadikan realme 10 sebagai perangkat harian alias daily driver, untuk menggantikan smartphone lama.

Diajak untuk berselancar di dunia maya, memotret indahnya malam kota Jakarta hingga bermain game PUBG Mobile, smartphone ini bisa melewatinya dengan lancar. Apalagi, ada dukungan RAM 8 GB ditambah fitur Dynamic RAM.

Daya tarik lainnya, tentu saja adopsi teknologi UFS 2.2 untuk penyimpanan internalnya. Ya! realme 10 yang ada ditangan TechBiz.ID memiliki kapasitas penyimpanan internal 128 GB. Ini pun bisa kamu perluas dengan microSD hingga 1 TB.

Untuk dapur pacunya, realme 10 telah dibekali baterai 5000 mAh dengan kemampuan pengisian daya cepat 33W SUPERVOOC. Untuk mengisi baterai smartphone ini mulai dari 0% hingga 50% hanya butuh waktu 28 menit.

Berdasarkan hasil review, TechBiz.ID juga menilai bahwa realme berhasil menyodorkan realme 10 dengan desain kekinian. Ketebalan smartphone ini hanya 7,95 mm dan dikemas dengan frame mengotak yang memberikan rasa nyaman ketika digenggam. Sedangkan beratnya hanya 178 gram.

realme 10 dikemas dengan layar AMOLED 6,4 inci FullHD+ dan memiliki refresh rate 90Hz. Tak hanya itu, realme juga sudah melindungi layar smartphone ini dengan lembaran antigores Corning Gorilla Glass 5.

Nah! Bagi kamu yang tertarik dengan smartphone ini, realme 10 yang memiliki dukungan kamera 50 MP serta 200% UltraBoom Speaker dengan audio Hi-Res ini tersedia dalam dua pilihan warna, Clash White dan Rush Black.

realme 10 varian 10 4GB+4GB | 128GB bisa didapatkan secara Flash Sale pada 11 November eksklusif di Shopee dengan harga Rp2.499.000 . Sedangkan untuk varian realme 10 8GB+8GB | 128GB bisa didapatkan seharga Rp 3.199.000 pada Offline Pre-order 9 – 17 November di erafone store dan realme.com

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Cara Nonton Netflix Tanpa Akses Internet

Techbiz.id - Demi mengedepankan pengalaman menonton yang lebih menyenangkan saat bepergian, Netflix menyediakan fitur yang membuat penggunanya dapat nonton...